Sedang Flu dan Hidung Tersumbat? Obati dengan 5 Makanan Ini!

Obat Hidung Tersumbat dan Flu

Setiap orang pasti pernah merasakan bagaimana menderitanya saat hidung tersumbat, berair (meler) yang disebabkan karena gejala flu. Apalagi, sekarang sedang musim pancaroba, berbagai jenis penyakit berbahaya mulai dari DBD hingga penyakit menular lainnya bisa saja menyerang Anda karena kurangnya perhatian dan menurunnya daya tahan tubuh.

Selain membekali diri dengan olahraga dan minum vitamin, tidak ada salahnya kalian mengetahui apa saja obat herbal dan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi gejala flu seperti hidung tersumbat, berair hingga demam. Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Makanan  dan Minuman untuk Mengobati Hidung Tersumbat dan Flu

Gejala flu memang berbeda-beda dari setiap orang. Namun biasanya akan terus berkembang dalam kurun satu hingga tiga hari pasca terinfeksi virus. Beberapa gejala yang biasa dialami adalah sebagai berikut:

  • Demam.
  • Pegal-pegal.
  • Batuk kering.
  • Sakit kepala.
  • Kelelahan.
  • Menggigil.
  • Sakit tenggorokan.
  • Bersin-bersin, hidung tersumbat, atau hidung beringus.
  • Nafsu makan menurun.
  • Sulit tidur.

Flu disebabkan oleh virus influenza yang dapat ditularkan baik secara langsung atau tidak langsung. Salah satu contoh penularan yang langsung adalah saat kita tanpa sengaja menghirup butiran air liur dari udara yang dikeluarkan penderita flu (melalui bersin atau batuk).

Makanan  dan Minuman untuk Mengobati Hidung Tersumbat dan Flu
Makanan  dan Minuman untuk Mengobati Hidung Tersumbat dan Flu

Sementara untuk secara tidak langsung pada umumnya karena adanya perantara benda-benda yang telah terkontaminasi virus. Kita dapat terserang flu jika memegang permukaan benda yang sebelumnya terkena percikan butiran liur penderita.

Sebagian besar penderita flu dapat pulih dalam jangka waktu kurang dari satu minggu. Meski demikian, ada sejumlah orang yang masih mengalami batuk dan lelah hingga beberapa minggu. Mengonsumsi obat herbal dan alami kerap kali dilakukan oleh penderita hidung tersumbat, berair (meler) atau gejala flu lainnya. Beberapa makanan dan minuman obat yang dapat kalian coba saat mengalami hidung tersumbat diantaranya:

1. Teh Hangat

Kurangi dulu minum kopi selama sedang flu atau hidung tersumbat. Cobalah untuk menggantinya dengan minum teh hangat agar meringankan hidung kalian yang sedang tersumbat atau berair. Selain itu, teh hangat juga dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Sedang Flu dan Hidung Tersumbat, Obati dengan 5 Makanan Ini!
Teh Hangat

Teh hijau dikenal sangat tinggi kandungannya akan flavonoid, yakni anti bahan inflamasi dan berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Itulah sebabnya, jika kalian sedang flu atau kurang bersemangat, cobalah untuk minum segelas teh hagat.

2. Vitamin C

Saat terserang virus flu, daya tahan tubuh kita sedang menurun, itulah sebabnya tubuh membutuhkan asupan vitamin untuk meningkatkan kembali sistem kekebalannya.

Sedang Flu dan Hidung Tersumbat, Obati dengan 5 Makanan Ini!
Makanan yang mengandung vitamin C

Vitamin C dapat menguatkan perlawanan tubuh terhadap berbagai jenis penyakit, salah satunya gejala flu seperti demam, hidung tersumbat, bersin-bersin, batuk kering, kelelahan, dan lain sebagainya.

Namun, karena buah-buahan asam mungkin dapat membuat tenggorokan iritas, untuk memenuhi asupan vitamin C, kalian bisa menggantinya dengan suplemen atau pil vitami C.

3. Madu Murni

Salah satu kekayaan alam Indonesia yang wajib kita syukuri adalah madu. Madu murni sering kali didapatkan para petani atau pekerja kebun di hutan-hutan. Bahkan, beberapa jenis madu sangat mudah ditemukan di hutan dan dapat dikonsumsi oleh masyarakat.

Sedang Flu dan Hidung Tersumbat, Obati dengan 5 Makanan Ini!
Madu Murni

Selain rasa manis, madu adalah obat paling enak untuk mengobati hidung tersumbat atau pilek karena madu mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi.

Cairkan beberapa sendok madu alami ke dalam air hangat dan minum saat pagi dan sore hari secara rutin agar flu cepat terobati.

4. Blueberry

Meski tergolong mahal, tapi blueberry adalah buah yang memiliki kandungan antioksidan berupa vitamin C yang sangat tinggi. Seperti diketahui, tubuh kita membutuhkan lebih banyak suplemen terutama saat sedang sakit.

Sedang Flu dan Hidung Tersumbat, Obati dengan 5 Makanan Ini!
Blueberry

Sesekali tidak ada salahnya jika kalian pergi ke supermarket untuk membeli buah blueberry sebagai antisipasi ketika sedang flu, atau hidung tersumbat.

5. Bawang

Bawang, baik bawang merah maupun putih adalah bahan dapur yang sering kali ditemukan di dalam keluarga. Kedua bahan ini tidak ada sebagai pelengkap untuk memasak para ibu dirumah saja.

Sedang Flu dan Hidung Tersumbat, Obati dengan 5 Makanan Ini!
Bawang Merah dan Bawang Putih

Lebih dari itu, bawang putih juga dikenal sebagai makanan yang hebat karena dapat mencegah serangan kanker.

Hal ini dikarenakan bawang memiliki sifat antibakteri yang sangat baik melawan virus flu dan meredakan hidung meler atau tersumbat. Bawang putih atau merah dapat dimakan mentah atau dijadikan bumbu masakan seperti sup.

Penutup

Demikian informasi makanan yang dapat dijadikan obat herbal untuk mengobati demam, sakit kepala, pusing, hidung tersumbat, meler atau berair, bersin-bersin, atau kelelahan karena gejala flu yang dapat Widi bagikan.

Cobalah untuk memilih salah satu makanan yang telah disebutkan diatas. Semoga lekas sembuh dan semoga bermanfaat.

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!