2 Cara Kompres Ukuran File PDF Paling Mudah, 100% Work!

Ini Cara Paling Mudah Kompress Ukuran File PDF

Beberapa perusahaan biasa meminta supaya file dokumen yang dikirim dengan format PDF. Sayangnya, ukuran yang besar sering kali menyulitkan untuk mengedit ulang, mengunduh atau di kirim kembali. Itu sebabnya, sebelum file dikirim ada baiknya untuk di kompres ukuran file PDF tersebut.

Sayangnya, semakin banyak didalam file tersebut bisa membuat ukurannya menjadi lebih besar. Dan saat file tersebut disimpan kita juga tidak bisa merubah atau memperkecil ukuran file PDF.

Untuk saja, ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk memperkecil file PDF yang akan kalian kirimkan, seperti 2 cara kompres yang akan Widiynews bagikan pada kesempatan kali ini.

Cara Kompres Ukuran File PDF Lengkap dan Paling Mudah

Ada dua cara yang bisa kalian gunakan untuk memperkecil ukuran file PDF yang akan kalian gunakan atau ingin kalian kirim baik untuk kepentingan pribadi, tugas sekolah atau pekerjaan di kantor yakni dengan cara online atau offline dan tanpa menggunakan aplikasi.

Cara kompres file PDF ini sudah Widiynews coba, dan 100% work tanpa menggunakan aplikasi. Untuk selengkapnya simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online

Cara pertama agar ukuran file PDF kalian bisa lebih kecil saat dikirim melalui email atau aplikasi pesan lainnya, kalian bisa menggunakan layanan situs kompres secara gratis yang sudah banyak bertebaran di internet, salah satunya dalah smallpdf.com. 

[adace-ad id=”15016″]

Loading...

Layanan ini diberikan secara cuma-cuma alias gratis dan terbukti berhasil, selain layanan kompres ukuran, kalian juga bisa kompres pdf ke format lainnya, seperti Excel, PPT (Power Point), Word, JPG dan sebaliknya. Berikut cara merubah ukuran pdf dengan layanan smallpdf.com:

  • Buka link smallpdf.com DISINI
  • Setelah masuk ke situs, upload file PDF dengan meng-klik Pilih File yang ada didalam kotak berwarna merah.
  • Setelah file di upload, situs ini akan secara otomatis mengompres ukuran file yang kalian upload. Ukuran hasilnya memang tidak bisa ditebak atau seberapa banyak ukurannya. Namun, jika dilakukan secara berulang-ulang, ukuran file kalian bisa menjadi lebih kecil.
  • Jika sudah puas dengan hasilnya, kalian bisa langsung download file tersebut dengan klik Unduh File Sekarang.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Offline

Tutorial memperkecil PDF berikutnya dalah dengan metode offline atau tanpa jaringan internet. Cara ini lebih tepatnya menggunakan fitur yang disediakan oleh Office Microsoft Word 2013 ke atas. Cara ini masih banyak juga yang belum diketahui oleh para pengguna Microsoft Office.

[adace-ad id=”15016″]

Nah buat kalian yang belum mengetahui cara ini, silahkan ikuti panduan dan langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Buka terlebih dahulu Microsoft Office Word 2013 ke atas.
  • Setelah terbuka, buka file PDF yang ingin kalian kecilkan ukurannya. File PDF akan secara otomatis di convert ke dalam bentuk Word.
  • Setelah muncul, simpan file tersebut dengan memilih Save As. Sebelum disimpan, rubah format file tersebut menjadi bentuk PDF terlebih dahulu, pilih More Options…coba perhatikan gambar dibawah ini.
Cara Memperkecil Ukuran File PDF Offline
Cara kompres ukuran PDF via: jalantikus.com

[adace-ad id=”15011″]

  • Pilih Minimum Size (Publishing Online) untuk mengecilkan ukuran file PDF. Perhatikan gambar dibawah ini.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Offline
Cara kompres ukuran PDF via: jalantikus.com

Penutup

Demikian tutorial paling mudah mengompres ukuran file PDF yang dapat Widiynews bagikan pada kesempatan kali ini. Cara paling favorit dari tutorial diatas adalah dengan cara pertama, yakni secara online.

Sayangnya, cara ini tetap punya kekurangan, yakni membutuhkan koneksi internet. Itu sebabnya, kedua cara ini tetap sama pentingnya. Jika cara pertama tidak dapat digunakan, kalian bisa menggunakan cara kedua, yakni menggunakan fitur yang tersedia di Microsoft Office Word 2013 atau ke atas.

Selamat mencoba dan semoga berhasil. Temukan artikel lainnya seputar Tips lainnya atau artikel menarik lainnya dari Widiyanti.

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More