Alergi Makanan, Gejala dan Cara Mengobatinya

Penyebab dan Gejala Alergi Makanan

Adalah dimana sistem kekebalan tubuh bereaksi secara abnormal terhadap sesuatu yang dimakan atau diminum, atau disebut juga dengan alergi makanan. Lantas apa saja gejala dan penyebab alergi makanan? Simak selengkapnya melalui artikel dibawah ini.

Gejala alergi makanan dapat ditunjukkan oleh tubuh dari yang ringan, sampai yang paling berat. Gejalanya bisa saja datang secara tiba-tiba dan semakin berkembang hanya dalam hitungan beberapa jam saja. Sebaiknya, kenali gejala, penyebab dan cara pengobatan alergi makanan yang tepat.

Gejala-Gejala dan Jenis Alergi Makanan

Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh seseorang yang bereaksi terhadap jumlah yang sangat kecil dari alergen, alargi makanan sangat berbahaya dan berpotensi mengancam kehidupan, terutama jika mempengaruhi sistem pernapasan.

Gejala-Gejala dan Jenis Alergi Makanan
Gejala-Gejala dan Jenis Alergi Makanan via google.com

Hal ini disebabkan karena penderita asma punya peningkatkan risiko reaksi alergi yang amat fatal terhadap makanan. Berikut gejala-gejala alergi makanan dari yang ringan sampai yang berakibat fatal.

Loading...

Gejala Ringan Alergi Makanan 

Gejala yang parah dari reaksi alergi terhadap makanan adalah:

  • Kesulitan bernapas, termasuk mengi
  • Pembengkakan bibir, lidah atau tenggorokan
  • Gatal-gatal (ruam gatal, jerawat yang membesar)
  • Pusing atau pingsan
  • Mual atau muntah

Alergi Telur

Salah satu jenis alergi ini sering kali menyerang anak-anak. Alergi telur biasanya sembuh pada anak usia muda. Meski demikian, dalam beberapa kasus, ada beberapa orang yang mungkin tetap alergi terhadap telur hingga seumur hidup.

Seseorang alergi terhadap protein tertentu baik dalam kuning atau putih telur. Meski ada salah satu dari keduanya, namun ada beberapa orang yang alergi terhadap keduanya.

Alergi Kacang

Alergi kacang biasanya menjadi gangguan seumur hidup. Itu sebabnya, alergi kacang sangat serius. Meski jarang terjadi, namun alergi ini dapat memicu syok anafilaktik. Yakni kondisi dimana reaksi alergi parah yang dapat membatasi pernapasan atau menyebabkan serangan jantung..

Anafilaksis perlu mendapat perhatian media segera dalam bentuk suntukan epinefrin. Seorang pasus harus mendapat pengawasan selama beberapa jam setelah mendapat suntikan untuk memastikan apakah gejala alergi kacang muncul kembali.

Alergi Susu

Alergi susu adalah reaksi terhadap wey atau kasein, protein yang ditemukan dalam kandungan susu sapi. Kondisi seperti ini tidak sama dengan intoleransi laktosa. Alergi susu lebih banyak dipelajari ketimbang alergi makanan jenis lainnya.

Kabar buruk dari alergi ini adalah, anak-anak dengan alergi susu lebih rentan untuk mengalami alergi makanan lainnya, termasuk telur, kedelai, kacang dan lainnya.

Dalam beberapa kasus, anak-anak yang menderita alergi susu juga mengalami satu atau lebih penyakit atopik seperti asma, rhinits, atau eksim.

Diagnosis Alergi Makanan

Diagnosis alergi makanan dibedakan pada parahnya gejala seseorang yang mengidapnya. Jika gejalanya masih dalam kadar ringan, maka biasanya dokter akan menyarankan untuk membuat buku harian makanan untuk dicatat semua makanan yang dimakan atau diminum untuk menemukan penyebabnya.

Diagnosis Alergi Makanan
Alergi Makanan via aryanto.id

Cara lain untuk mendiagosis alergi makanan adalah dengan menghilangkan makanan tertentu dari diet kemudian secara perlahan mengonsumsi kembali makanan tersebut untuk mengetahui bagaimana gejala alergi makanan itu kembali.

Metode Pengobatan Alergi Makanan

Tidak berbeda jauh dengan alergi lainnya, penghindaran alergen adalah metode terbaik pengobatan alergi makanan. Siapapun dengan alergi makanan harus selalu berhati-hati saat membeli makanan baik dipasar swalayan, pasar tradisional atau saat di restoran untuk memastikan tidak ada alergen dalam makanan yang akan dikonsumsi.

Pada umumnya, gejala ringan mungkin tidak memerlukan perawatan intensif. Dokter spesialis kulit biasanya memberikan resep obat steroid. Steroid memiliki efek samping yang serius dan tidak boleh digunakan lebih daripada hari pada suatu waktu.

Sumber & Referensi: 1

Baca juga: Sedang Flu dan Hidung Tersumbat? Obati dengan 5 Makanan Enak Ini

Baca Juga

Artikel Terkait

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!