Agar Waktu Lebih Bermanfaat, Muslimah Wajib Baca

“DEMI MASA. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mnegerjakan kebajikan serta sailng menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran.” (QS Al Ashr : 1-3)

Baca juga: Mari Belajar Ikhlas dari Kupu-Kupu

Sungguh zaman ini, akan mudah melihat orang yang menyia-nyiakan waktu dan umurnya dengan sia-sia. Kebanyakan orang saat ini hanya mengisi waktu dengan maksiat, lalai dari ketaatan dan ibadah, dan gemar melakukan hal yang sia-sia yang membuat orang tersebut lalai dari mengingat Allah Swt. Kehidupan dunia ini adalah kehidupan yang singkat. Jika diibaratkan seperti air yang menetes maka dunia ini hanyalah sesaat.

Waktu akan begitu cepat berlalu, dan apabila setiap orang sadar akan waktu yang berlalu begitu cepat, maka orang tersebut adalah orang yang mendapatkan taufik dari Allah Swt. sehingga waktu mereka benar-benar manfaat. Beberapa hal yang harus muslimah lakukan agar waktu menjadi bermanfaat dan tidak menjadi sia-sia.

1. Bacalah Al Quran

Jangan membaca Al Quran karena ada waktu luang, tapi luangkanlah waktu untuk membacanya. Maka perbanyaklah membaca Al-Qur’an, luangkan waktu untuk membaca dan menghafal Al Quran. Ketika dalam 24 jam kita bisa menonton tv, jalan-jalan, maka mengapa tidak bisa menluangkan waktu untuk membaca Al Quran. Rasulullah Saw. bersabda,

“Orang yang membaca Al Quran sedang dia terbata-bata dalam membacanya serta kesulitan dalam membacanya maka dia mendapatkan dua pahala, sedangkan orang yang membaca dengan mahir maka dia bersama para penulis kitab (malaikat) yang mulia lagi berbakti.” (HR Bukhari dan Muslim)

2. Berdzikir

Berdzikir dan mengingat Allah Swt. adalah amalan yang mudah dilaksanakan, namun juga amalan yang banyak tidak dilaksanakan. Setiap orang mampu melakukannya, baik dia kaya atau miskin, memiliki pekerjaan atau menganggur, laki-laki atau perempuan. Setiap manusia memang harus banyak berdzikir kepada Allah Swt. dalam setiap keadaan, dan menjadikan dzikir sebagai amalan yang mengisi setiap harinya, apalagi berdzikir mudah dilakukan tanpa menganggu apapun. Rasulullah Saw. bersabda,

Loading...

“Barangsiapa yang bangun di malam hari kemudian mengucapkan : Laa ilaha illallahu wah dahu laa syarikalahu lahul mulku walahul hamdu biyadihil khair yuhyii wayumiitu wahuwa ‘ala kulli syaiin qadiir. SubhaanAllahi Walhamdulillaahi walaa ilaha illallahu waAllaahu akbar walaa haula wala quwwata illaa billaahi. kemudian dia berdo’a : Allaahummagfirli (Ya Allah ampunilah aku), niscaya akan diterima do’ anya. Dan jika dia berwudhu (untuk shalat) niscaya diterima shalatnya”. (HR Al-Bukhari)

Baca juga: Wanita Ini Menyesal Seumur Hidup Karena Melakukan Ini Pada Ibu Kandungnya

3. Memerintahkan kepada yang ma’ruf dan melarang dari munkar

Kewajiban untuk melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar bukan hanya menjadi tanggung jawab laki-laki saja, namun menjadi bagian dari tugas seorang muslimah. Dari Abu Said Al-Khudri ra. dia berkata,

“Aku telah mendengar Rasulullah Saw. bersabda, ‘Barang-siapa di antara kalian melihat kemungkaran hendaklah dia mengubah dengan tangannya, jika tidak mampu maka ubahlah dengan lisan (nasihat). Dan jika tidak mampu maka hendaklah meng-ubahnya dengan hati (tidak senang dengan kemungkaran itu) dan itulah selemah-lemah ima,’” (HR Muslim)

4. Mendidik Anak

Agar waktu menjadi berharga dan bermanfaat maka didiklah anak-anak. Karena mendidik dan merawat anak adalah sebuah kewajiban. Apalagi seorang Ibu merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya, amanah dan tanggung jawab dalam mendidik harus dilaksanakan dengan baik. Anak-anakpun cenderung dekat dengan ibu, karena laki-laki lebih banyak keseibukannya dluar rumah. Maka gunakanlah waktu untuk mendidik anak-anak, bagaimanapun orang yang paling pertama oleh nya adalah ibu dan dan ayah.

Seorang muslimah dalam menjaga waktunya harus diperhatikan bahwa hendaklah muslimah senantiasa merasa diawasi Allah Swt. dan takut kepada-Nya. Selain itu muslimah mengetahui waktu dan tempat yang mempunyai keutamaan. Muslimah memilih majlis yang baik, karena tidak mungkin hidup sendiri bahkan dia harus mempunyai teman duduk, dan muslimah mengetahui kewajiban-kewajiban yang harus dikerjakan olehnya.

Baca juga: Inspirasi : Kisah Perjuangan Seorang Tukang Cuci

Semoga Allah Swt. selalu memberikan kekuatan agar setiap muslimah selalu menggunakan waktunya untuk kegiatan yang sebaik-baiknya. Sehingga waktu yang ada dapat digunakan dengan baik.

Sumber: santribicara.wordpress.com

Baca Juga

Artikel Terkait

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!