Tips Mengolah Kolang Kaling Supaya Empuk dan Nikmat

Widiynews.comCara mengolah kolang kaling agar empuk adalah syarat utama ketika akan mulai memasak kolang kaling baik untuk kolak, manisan, campuran isi es buah dan resep menu lainnya selama ramadhan. Cara mengolahnya pun tidak boleh sembarangan, agar tekstur empuk dan kenyal dibagian tengahnya makin terasa serta kenikmatannya pun tidak hilang.

Sebelum membeli kolang-kaling, Anda pun harus jeli karena tidak semua kolang kaling memiliki tekstur yang empuk dan kenyal. Tekstur ini biasanya lebih banyak dimiliki oleh kolang-kaling yang masih muda. Sehingga cari atau belilah kolang-kaling dengan ciri-ciri fisik pipih, lebar, tipis dan transparan atau bening. Karena tanda-tanda ini pasti hanya dimiliki oleh kolang-kaling yang masih muda.

Jika sulit untuk mendapatkan kolang-kaling yang masih muda, namun tenang saja. Semua kolang-kaling dapat dimasak dan bisa empuk seperti harapan Anda semua. Berikut ini cara mengolahnya:

Bersihkan Kolang Kaling

Bersihkan kolang kaling dari lendir bekas rendaman air yang digunakan oleh para penjual. Biasanya, saat Anda membeli kolang-kaling dipasar, pasti sudah dalam rendaman air. Air yang digunakan untuk merendam ini adalah air mentah sehingga membuat kolang-kaling menjadi berlendir.

Cara membersihkannya pun sangatlah mudah, cukup dibersihkan dibawah air mengalir atau dibawah kran air hingga seluruh lendir hilang.

Menghilangkan Bau Asam

Ada sebagian kolang kaling yang memiliki bau asam atau bau tidak sedap. Namun tenang saja, Anda bisa menghilangkan bau asam ini dengan mudah kok. Caranya rendamlah kolang kaling didalam air bekas cucian beras selama kurang lebih 1-2 jam. Kemudian bilas dengan air bersih, agar maksimal bersihnya silahkan bilas 1-2 kali.

Cara Memasak Kolang Kaling Agar Empuk

Setelah kolang kaling dibersihkan, cara memasak kolang kaling pun tidak boleh sembarangan. Setidaknya ada dua cara yang bisa Anda lakukan agar kolang kaling menjadi lebih empuk dan nikmat. Berikut ini cara memasaknya :

  1. Rebus kolang kaling dengan air, daun pandan dan jeruk purut yang sudah dibuang tulangnya. Cara ini akan membuat kolang kaling menjadi lebih empuk dan juga wangi yang segar
  2. Agar lebih nikmat lagi, Anda bisa menambahkan gula pasir ke dalam rebusan. Jika Anda ingin membuat kolang kaling warn-warni, Anda tinggal menambahkan perwarna makanan sesuai warna yang Anda inginkan.
  3. Setelah matang dan empuk, diamkan hingga benar-benar dingin.
  4. Setelah itu, kolang kaling dapat disimpan didalam wadah tertutup rapat dan disimpan didalam lemari es. Hasilnya, kolang kaling dapat lebih bertahan lama jika disimpan didalam lemari es.

Nah, itulah informasi tentang cara mengolah kolang kaling agar empuk yang dapat kami bagikan. Selanjutnya, Anda bisa menjadikan kolang kaling menjadi campuran resep membuat es buah, kolak, manisan atau minuman segar lainnya untuk takjil buka puasa. Selamat mencoba.

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!