55 Rumah dan 2 Mushola di Kabupaten Bogor Diterjang Banjir Bandang

BOGOR – Hujan deras mengakibatkan 55 Rumah dan dua musala di Kampung Buntung, Desa Leuwinutug, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, diterjang banjir bandang. Beberapa rumah dan dua musala rusak berat akibat tersapu air.

“Warga tidak sempat menyelamatkan barang-barang. Ini kejadian sangat besar terakhir 10 tahun lalu terulang kembali. Kerugian material banyak rumah yang roboh kurang lebih 55 rumah yang terendam dan dua musala,” kata Kepala Desa Leuwinutug, Deden Saepul Hamdi, Sabtu 16 Februari 2019.

Baca juga: Banjir Setinggi 150 Centimeter Rendam Pemukiman Warga di Ciracas

Deden mengatakan, banjir terjadi sejak kemarin Jumat malam pukul 22.00 hingga dini hari tadi. Sementara air mulai berangsur surut menjelang subuh. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, warga berinisiatif menyelamatkan barang seadanya.

“Kerugian material ditaksir ratusan juta,” katanya menambahkan.

Loading...

Proses evakuasi dilakukan oleh BPBD Damkar Kabupaten, Tagana, Karang Taruna, Kepolisian Polsek, dan Koramil TNI. Pantauan pagi ini, bantuan bencana makanan dan pakaian mulai berdatangan. Puluhan warga mulai kembali ke rumah untuk mengais barang yang bisa diselamatkan di sisa puing rumahnya yang rusak.

Baca juga: Perang Tagar Lagi Viral, #UninstallBukalapak Kalahkan #UninstallJokowi di Twitter

Warga juga membersihkan rumah yang masih dalam kondisi terendam lumpur. Salah satu korban banjir bandang Ujang menuturkan, banjir sendiri sangat cepat masuk ke permukiman warga. Ia mengaku bersyukur tidak ada warga yang menjadi korban.

Kabid Penanggulangan Damkar Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor M Zaharry mengatakan, evakuasi langsung dilakukan setelah mendapat informasi. “Kami mengevakuasi dan melakukan penyemprotan lumpur untuk akses jalan warga,” katanya.[]

Sumber: VIVA

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!