Fakta Kebakaran Hutan yang Diklaim Jokowi Tidak Ada Selama 3 Tahun

Jakarta – Calon presiden inkumben, Joko Widodo atau Jokowi, mengklaim selama tiga tahun terakhir kepemimpinannya tidak terjadi kebakaran hutan di Indonesia. Hal ini ia sampaikan dalam debat kedua calon presiden di Hotel Sultan, Jakarta.

“Dalam tiga tahun ini tidak terjadi kebakaran lahan, hutan, kebakaran lahan gambut, dan itu adalah kerja keras kita semuanya,” kata Jokowi di lokasi, Ahad, 17 Februari 2019.

Meski Jokowi mengatakan tidak ada kejadian, faktanya kebakaran hutan tetap terjadi. Hal ini sesuai dengan laporan salah satu kementriannya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Merujuk laporan capaian KLHK pada 4 tahun pemerintahan Jokowi, seperti dikutip dari situs resmi KLHK, untuk Januari sampai Agustus 2018 saja 194.757 hektare hutan di Indonesia terbakar. Angka tersebut justru naik jika dibandingkan dengan luas hutan yang terbakar di tahun sebelumnya, yaitu 165.528 hektare.

Loading...

Meski begitu, luas karhutla selama enam bulan di 2018 itu lebih kecil ketimbang luas karhutla pada 2016 (seluas 438.363 hektare) dan 2015 (seluas 2.611.411 hektare).

Baca: Debat Capres Tahap ke-2, Prabowo Gak Tahu Apa Itu Unicorn

Belakangan, Jokowi merevisi ucapannya. Ia tak lagi mengatakan tidak terjadi kebakaran melainkan mampu mengatasinya. “Kenapa dalam tiga tahun ini kami bisa mengatasi kebakaran hutan, kebakaran gambut, salah satunya adalah penegakkan hukum yang tegas,” ujarnya. []

Sumber: TEMPO

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More