Resep Cake Kukus Daging Asap Sederhana Tanpa Oven

Cake Kukus Daging Asap adalah resep cake sederhana yang bisa Anda buat tanpa harus menggunakan oven. Ini adalah jalan alternatif bagi bunda dirumah yang ingin membuat cake tapi memiliki tidak memiliki oven. Tapi tenang saja, karena rasanya juga tidak kalah enak dan lembutnya dibandingkan dengan cake yang di panggang menggunakan oven. Sehingga bunda bisa jadikan ide kue kering yang satu ini untuk bekal membuat kue lebaran nanti.

Cara membuat cake memang sedikit gampang-gampang susah, dibutuhkan kejelian dan kesabaran agar hasilnya maksimal. Begitu pula dengan membuat cake kukus, bunda harus memperhatikan takaran bahan-bahan yang diperlukan agar hasilnya empuk dan manis. Selain rasa, bentuk dan aromanya pun harus diperhatikan jika bunda ingin menyajikan kue lezat ini untuk seseorang. Sebab, biasanya orang akan mencium aroma dan melihat desain bentuknya terlebih dulu saat akan mencicipinya. Itu sebabnya penting sekali saat belajar atau sedang membuat kue dibutuhkan kesabaran dan ketelitian, agar semuanya maksimal.

Resep dan Cara Membuat Cake Kukus Daging Asap

Resep Cake Kukus Daging Asap Sederhana Tanpa Oven

Cara membuat cake kukus daging asap ternyata tidak seribet yang bunda bayangkan selama ini. Setelah bunda siapkan bahan-bahan yang diperlukan, bunda hanya perlu memanggang diatas api (bisa menggunakan kompor) kurang lebih selama 15 menit. Hasilnya, cake kukus / panggang pun siap untuk disantap. Tidak usah berlama-lama, berikut ini resep dan cara membuat cake kukus daging asap sederhana tanpa oven sebagai referensi kue lebaran dan camilan di akhir pekan.

Bahan Cake :

  • 100 ml air abu merang dingin, dari 3 sendok makan abu merah diaduk dalam 75 ml air
  • 75 gram margarin
  • 1/2 sendok makan susu kental manis putih
  • 4 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh emulsifier (sp/tbm)
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 4 cm kunyit, diparut diperas
  • 4 lembar smoked beef, dipotong kotak
  • 1 batang seledri, dicincang halus, diperas

Cara Membuat Cake Kukus Daging Asap:

  1. Cake, kocok margarin sampai lembut dan putih. Tambahkan susu kental manis putih dan kunyit. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata. masukkan smoked beef dan seledri. aduk menyebar.
  3. Tuang sedikit-sedikit ke dalam kocokan margarin sambil diaduk perlahan.
  4. Tuang ke dalam cetakan muffin pendek lebar yang di alas cup kertas.
  5. Kukus di atas api sedang 15 menit sampai matang.

Sajian Resep ini cuku untuk 12 buah

Istimewa >> Resep Ayam Goreng Madu Gurih dan Manis, Coain deh!

Sajikan cake kukus daging asap ini bersama minuman hangat seperti teh, kopi atau minuman ala cafe yang bisa bunda buat sendiri dirumah. Jangan lupa, simpan resep cake ini sebagai tambahan ide membuat kuat lebaran sehingga bunda sudah memiliki daftar kue yang akan dibuat untuk menyambut hari nan fitri.

Jika bunda merasa terbantukan dengan adanya resep cake ini, jangan lupa share ya bun….

0 Shares:
You May Also Like