Langkah Mudah Mengatasi Rambut Rontok, Begini Caranya

Rambut itu ibarat mahkota, baik pria maupun wanita pasti selalu ingin menjaga kesehatan rambut, salah satunya supaya tidak mudah rontok. Sebenarnya, rambut rontok adalah hal wajar, tapi jika jumlah rambut yang rontok lebih dari 100 helai perhari hal tersebut dianggap tidak normal.

Ditulis oleh dr. Dina Kusumawardhani melalui situs alodokter, Sabtu (2/3/2019), rambut rontok berlebihan dan pertumbuhan rambut yang lambat bisa disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya sebagai berikut:

1. Stres secara emosional, misalnya kehilangan pekerjaan, menjalani proses perceraian, dan lain sebagainya.

2. Stres fisik, seperti melahirkan atau beban pekerjaan yang tinggi.

3. Perubahan hormonal, seperti terjadi pada awal kehamilan

4. Kekurangan gizi, seperti protein, dan zat besi

5. Menderita penyakit tertentu, seperti infeksi berat, alopecia areata, kelenjar tiroid, infeksi jamur di kepala, autoimun, dan sifilis.

6. Efek samping obat, seperti pemakaian pil KB, vitamin A dosis tinggi, obat antidepresan, dan obat hormonal.

7. Demam tinggi

8. Anemia

9. Berat badan turun

10. Baru sembuh dari penyakit

loading...

11. Menjalani pengobatan tertentu

12. Penggunaan produk perawatan rambut berbahan keras

Kerontokan pada rambut memang hal biasa, tapi jika hal ini sering terjadi tidak hanya mengganggu penampilan tapi juga bisa menjadi pertanda bahwa tubuh kita sedang tidak sehat.

Karena banyak sekali penyebab rambut rontok, biasanya jika kalian periksa ke dokter, seorang dokter akan menanyakan secara mendetail mengenai keluhan yang kalian alami, riwayat penyakit, serta melakukan sejumlah pemeriksaan terutama dibagian kerontokan.

Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok

Sebelum kalian berniat mengatasi rambut rontok, penting sekali mengetahui penyebabnya. Sehingga kalian dapat dengan mudah menemukan penanganan yang tepat.

Kerontokan pada ibu hamil akan kembali normal antara 3-4 bulan. Jika kerontokan rambut disebabkan oleh produk kosmetik atau obat-obatan, langkah yang paling dianjurkan adalah menghentikan penggunaannya minimal 3 bulan.

Jika rambut kalian rontok karena disebabkan oleh penyakit, maka pengobatan terhadap penyakit tersebut adalah yang paling penting. Pada pasien kemoterapi, rambut rontok akan tumbuh kembali dalam waktu 6-12 bulan pascakemoterapi.

Namun, jika kalian mengalami rontok yang mengakibatkan kebotakan karena disebabkan oleh keturunan, dokter dapat memberikan cairan minoxidil yang digunakan langsung di kulit kepala atau tablet finasteride.

Terapi laser diduga dapat membantu membuat rambut menjadi lebih lebat, tapi juga dibutuhkan penelitian lebih mengenai manfaatnya dalam jangka yang panjang.

Jika sudah terjadi kebotakan secara permanen, memilih menggunakan wig atau rambut palsu dapat membantu menutupi kebotakan. Selain itu, dapat juga dilakukan transplantasi rambut atau tanam rambut.

Cara Mencegah Rambut Rontok Berlebihan

Supaya rambut rontok tidak berlebihan, dan semakin memperburuk penampilan, kalian bisa melakukan beberapa langkah pencegahan, mulai dari membatasi penataan rambut menggunakan alat pemanas dan bahan kimia, seperti mencatok, mengeriting rambut, atau mewarnai rambut.

Selain itu, hindari juga mengepang atau mengikat rambut, serta menyisir rambut dalam kedaan masih basah. Anda bisa menggunakan sampo bayi yang cenderung lebih lembut untuk mencuci rambut.

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!