Fakta atau Mitos, Makan Kacang Bisa Bikin Muka Jerawatan?

Benarkah mengonsumsi kacang bisa menyebabkan timbul jerawat? Banyak sekali masyarakat yang meyakini jika jerawat bisa muncul karena disebabkan mengonsumsi sebuah makanan, salah satunya adalah kacang.

Dan seperti tidak menutup kemungkinan jika satu diantara kalian para pembaca meyakini hal tersebut, lantas apakah ini fakta atau sekedar mitos belaka? Penasaran kan? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Makan Kacang Bisa Bikin Jerawatan?

Salah satu ahli kecantikan, dr. Meiresty Evasari dari Clinic Zap melalui laman Viva.co.id mengatakan, jerawat merupakan masalah kulit yang terjadi akibat peradangan dari folikel, pilosebasea yang ditandai dengan adanya pembentukan komedo, papul, pustul, nodul, dan kista.

Simak juga ini: Langkah Mudah Mengatasi Rambut Rontok, Begini Caranya

Lebih lanjut, menurutnya ada empat kondisi yang harus diketahui terkait munculnya jerawat pada wajah. Perta, adanya peningkatan produksi sebum yang biasanya dipicu oleh hormon androgen.

Kedua, adanya sumbatan pada folikel rambut kulit mati, sebum, makeup, debu, dan kotoran.

Loading...

Ketiga, munculnya kolonisasi bakteri propionibacterium acne yang merupakan bakteri penyebab jerawat, sertanya terjadinya radang.

Faktor lain penyebab munculnya jerawat adalah adanya riwayat jerawat pada keluarga, penggunaan produk kosmetik, stres dan menstruasi pada wanita. Selain itu, pola hidup dan makan yang tidak sehat juga bisa memicu munculnya jerawat pada wajah.

Bahkan, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara konsumsi kacang dengan jerawat. Menurutnya, sebenarnya kacang tidak menyebabkan kulit wajah berjerawat. Hal ini disebabkan karena kacang mengandung asam lemak tak jenuh, yaitu omega 3 yang punya efek antiperadangan.

Tapi, jika mengonsumsi kacang yang digoreng, maka kadar lemak jenuhnya menjadi lebih tinggi. Hal ini justru dapat memicu terjadinya masalah jerawat di kulit. Nah, kalau yang ini baru bener…

Bukan cuma kacang, ada juga anggapan masyarakat yang mengatakan jika mengonsumsi makanan pedas bisa menyebabkan wajah berjerawat.

Menanggapi hal tersebut, Resty mengatakan bahwa berdasarkan beberapa penelitian, makanan pedas tidak berpengaruh pada jerawat. Tetapi, jerawat bisa muncul pada sebagian orang yang cenderung rentan mengalami jerawat setelah makan pedas.

“Hal ini dipengaruhi oleh faktor genetik. Selain itu, makanan pedas biasanya juga berlemak atau berminyak, jadi sebenarnya yang memicu jerawat adalah kandungan lemaknya,” kata dia dikutip dari viva.co.id, Senin (4/3/2019).

Baca: Tak Perlu Gengsi Jalan Kaki, 5 Manfaat Ini Pasti Belum Kalian Ketahui

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!