Tenggorokan Sakit Saat Menelan? Yuk Ikuti Cara Mudah Mengatasinya Berikut Ini

Tenggorokan sakit saat menelan makanan dan minuman ternyata tidak hanya terjadi para orang dewasa saja, tapi pada anak-anak sakit tenggorokan saat menelan juga sering terjadi.

Melansir dari berbagai sumber, ternyata ada banyak sekali sakit menelan, diantaranya radang, infeksi tenggorokan, demam, batuk, serta sistem kekebalan tubuh sedang menurun karena kondisi cuaca yang tidak stabil seperti saat ini, flu, batuk kronis, radang amandel (tonsilitis), tukak atau luka pada kerongkonan, asam lambung yang naik ke kerongkongan (refluks asam lambung) dan infeksi atau radang tenggorokan.

Sakit menalan memang sering kali dianggap sepele, meski demikian sakit ini bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang mengalami sakit. Keluhan ini juga sering kali dianggap sama dengan disfagia (sulit menelan). Meskipun keduanya tidaklah sama.

Obat Untuk Mengatasi Sakit Saat Menelan

Jika kalian mengalami sakit saat menelan, ada baiknya kalian mengetahui penyebabnya sehingga lebih cepat menemukan penanganan yang tepat untuk mengatasi rasa sakit tenggorokan saat menelan.

Tenggorokan Sakit Saat Menelan? Yuk Ikuti Cara Mudah Mengatasinya Berikut Ini

Melansir situs alodokter, obat yang digunakan untuk mengatasi rasa sakit saat menelan dapat berbeda-beda, hal ini tergantung dari penyebab rasa sakit itu sendiri. Sehingga, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Obat-obatan yang diberikan saat sakit menelan biasanya disesuaikan oleh beberapa penyebabnya, diantaranya:

Antiinflamasi

Peradangan atau inflamasi adalah penyebab utama sakit saat menelan. Maka biasanya Anda akan diberikan obat anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan pada amandel, kerongkongan, dan tenggorokan.

Simak juga: Bahaya Kanker Kolorektal, Kanker yang Tumbuh di Usus Besar

Obat Kumur

Obat kumur juga dapat berguna untuk meredakan rasa nyeri saat menelan dan sekaligus membasmi kumas yang dapat menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

Antibiotik

Dokter juga bisa memberikan obat antibiotik jika ternyata sakit menelan disebabkan oleh infeksi bakteri pada amandel, kerongkongan dan tenggorokan. Sayangnya, antibiotik tidak efektif jika sakit menelan disebabkan oleh adanya virus.

Jenis-jenis antibiotik yang diberikan biasanya amoxicillin, dan penisilin. Dokter akan memberikan antibiotik lain jika pasien memiliki alergi terhadap antibiotik tersebut.

Cara Meredakan Sakit Saat Menelan

Bagaimana cara meredakan sakit saat menelan? Hampir setiap pasien bertanya hal tersebut saat mengalami sakit yang sama. Seperti diketahui, sakit menelan tidak hanya disebabkan oleh penyakit, tapi sering kali berbicara dan berteriak juga bisa menjadi penyebab sakit menelan atau tenggorokan terasa sakit.

Tenggorokan Sakit Saat Menelan? Yuk Ikuti Cara Mudah Mengatasinya Berikut Ini

Ada baiknya, Anda lebih teliti mengenai penyakit yang diderita. Sebab, mengetahui penyebabnya dapat membantu mengobati dan menangani penyakit lebih efektif.

Memperbanyak Minum Air Putih

Minum air putih bermanfaat melembapkan tenggorokan. Tujuannya, untuk menghidrasi tubuh, serta mencegah iritasi pada tenggorokan yang meradang. Untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, dianjurkan untuk minum air putih 8 gelas tiap hari.

Minum Air Hangat

Air hangat seperti teh hangat yang dicampur dengan madu dan lemon, teh bunga chamomile, teh herbal yang mengandung bahan alami, jahe, dan akar manis juga dapat membantu meredakan sakit saat menelan.

Meski tenggorokan terasa sakit untuk menelan, namun penting sekali untuk tetap mencukupi kebutuhan gizi. Dalam hal ini, Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi sup ayam, atau makanan yang memiliki tekstur lebih lembut.

Kumur-Kumur dengan Air Garam

Air garam tidak hanya bermanfaat meredakan sakit gigi atau gusi bengkak. Berkumur dengan air garam dapat membantu membersihkan tenggorokan, mengencerkan dahak, mengurangi pembengkakan, serta mencegah infeksi saluran pernafasan bagian atas.

Menggunakan Obat Gosok

Gunakanlah obat gosok atau minyak gosok yang terbuat dari bahan alami atau herbal seperti peppermint atau menthol dan dioleskan dibagian hidung, dan dada. Hirup uapnya untuk membantu menenangkan tenggorokan yang meradang.

Mengompres Leher dengan Air Hangat

Kompres tenggorokan atau bagian leher dengan kain yang dicelupkan ke air hangat. Selain menggunakan kain, menempelkan botol berisi air hangat ke leher dan bagian tenggorokan juga dapat membantu meringankan sakit menelan.

Simak juga: Tak Perlu Gengsi Jalan Kaki, 5 Manfaat Ini Pasti Belum Kalian Ketahui

Hindari Merokok dan Minum Alkohol

Jika kalian perokok, bisa jadi sakit saat menelan disebabkan karena terlalu banyak menghisap rokok. Tar pada rokok dapat membuat laposan tenggorokan teritasi. Selain itu, hindari polusi udara, seperti paparan asap rokok, debu, dan asap kendaraan.

Nah, demikian cara mudah mengatasi rasa sakit saat menelan dengan mengetahui penyebabnya. Jika dalam beberapa hari tenggorokan atau masih terasa sakit saat menelan, sebaiknya Anda periksakan ke dokter. Sampaikan juga keluhan yang selama ini dirasakan agar dokter dapat memberikan penanganan yang lebih efektif dan tepat untuk mengobati sakit tenggorokan atau sakit menelan.

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!