Cara Mengobati Sakit Tenggorokan Pada Anak yang Aman dan Alami

Bunda pasti khawatir saat melihat si kecil hanya bisa berdiam diri disaat buah hati mengalami sakit tenggorokan (faringitis) sehingga sulit untuk menelan makanan dan minuman. Anak yang sakit, biasanya tidak mau makan dan lebih sering rewel.

Sama halnya seperti batu, flue, demam, anak yang sakit tenggorokan juga biasanya sulit sekali untuk mau makan. Hal ini terjadinya karena tenggorokan terasa sakit menelan makanan atau minuman. Sebagai orang tua, wajar saja jika khawatir.

Sakit tenggorokan pada anak bisa saja awal atau tanda-tanda radang tenggorokan. Ada beberapa cara untuk mengobati radang tenggorokan yang aman dan alami sehingga dapat dilakukan sendiri dirumah oleh bunda.

Tanda-tanda Radang Tenggorokan pada Anak:

  • Tenggorokan terasa kering, dan gatal
  • Sakit kepala
  • Badan terasa lelah
  • Nyeri otot

Radang tenggorokan memang paling sering menyerang anak-anak serta usia remaja. Radang biasanya disebabkan virus dan juga bakteri. Berikut cara mengobati radang tenggorokan pada anak yang aman dan mudah.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Bagaimana caranya mengobati radang tenggorokan pada anak yang aman dan alami? Sebenarnya, radang tenggorokan pada anak yang disebabkan oleh virus itu dapat sembuh dengan sendirinya, sehingga bunda tidak perlu terlalu cemas.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Pada umumnya, sistem kekebalan tubuh pada anak dapat mengatasi virus dalam waktu satu minggu, demikian seperti dilansir dari situs alodokter.

Meski demikian, bunda dapat melalukan beberapa cara mudah untuk meringankan sekaligus mengobati sakit tenggorokan atau radang pada anak secara alami dibawah ini;

Loading...

Berikan Anak Minum Air Hangat

Berikan anak air hangat yang dicampur dengan madu teh hangat campur madu. Jangan berikan anak buah-buahan seperti jeruk, air jeruk, dan jus jeruk, karena dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan si kecil.

Simak juga: Tenggorokan Sakit Saat Menelan? Yuk Ikuti Cara Mudah Mengatasinya Berikut Ini

Meski sulit dan tidak mau makan, tapi bunda harus tetap memperhatikan kebutuhan gizi anak selama masa sakit. Berikan anak makanan-makanan yang bertekstur halus, seperti bubur, atau sup. Sehingga anak lebih mudah untuk menelan makanan.

Ajak Anak Berkumur dengan Air Garam

Langkah mudah yang bisa lakukan jika si kecil mengalami sakit tenggorokan atau radang, mintalah si kecil untuk berkumur dengan air garam. Namun, perhatikan pula usia anak Anda.

Caranya, campur kurang lebih 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam dengan segelas air putih hangat. Lalu aduk hingga larut, kemudian gunakan untuk berkumur-kumur.

Gunakan Vaporizer atau Humidifier di Kamar Tidur si Kecil

Selanjut, untuk mengobati radang tenggorokan pada anak yang terasa sakit saat menelan, bunda bisa mengatasinya dengan melembapkan udara sekitar ruang kamar si kecil.

Pastikan juga agar filternya tetap bersih, karena filter yang kotor dapat menambah banyak kuman di udara dalam ruangan.

Catatan:

Meski anak sering kali mengeluh sakit saat menelan, pastikan anak tetap minum air, terutama jika anak demam, supaya ia tidak mengalami dehidrasi. Jika anak merasa tidak nyaman, Anda bisa memberikan anak obat penurun panas, seperti paracetamol, dengan dosis sesuai usia dan berat badan.

Selain itu, bunda dapat mencoba berbagai cara mudah untuk mengobati sakit tenggorokan atau radang. Namun, jika kondisi si kecil tak kunjung membaik, sebaiknya bawa si kecil ke dokter untuk dilakukan penanganan lebih lanjut dan untuk dilakukan pengobatan yang lebih tepat dan aman.

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!