Iniloh Tol Terpanjang di Indonesia yang Bakal Diresmikan Jokowi Hari Ini

Foto: Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung dengan panjang 140,9 kilometer (gridoto.com)

Jakarta, Terkini – Presiden Joko Widodo hari ini, Jumat (8/3/2019) akan meresmikan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung dengan panjang 140,9 kilometer.

Setelah diresmikan, Tol Bakeuheni-Terbanggi Besar akan beroperasi penuh. Namun, hingga satu bulan ke depan tarif untuk ruas tol ini belum diberlakukan.

Adapun peresmian ruas jalan tol ini dilakukan di Gerbang Tol Natar, Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Pengerjaan ruas tol ini ditaksir menghabiskan biaya hingga Rp 16,79 triliun.

Setelah diresmikan, tol ini akan menjadi yang terpanjang di Indonesia, melampaui Tol Cikopo-Palimanan dengan panjang 116,76 kilometer.

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengatakan, ruas tol yang ditargetkan rampung adalah Terbanggi Besar hingga Palembang di Sumatera Selatan.

“Selanjutnya Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Pematang Panggang-Kayu Agung, Kayu Agung-Palembang,” ucap Bintang.

Untuk pekerjaan konstruksi Tol Bakeuheni-Terbanggi Besar terbagi menjadi empat paket, yaitu Paket 1 Bakauheni-Sidomulyo sepanjang 39,4 kilometer yang sudah rampun dan telah beroperasi pada Januari 2018 lalu. Kemudian Paket 2 Sidomulyo-Kotabaru (40,6 kilometer), Paket 3 Kotabaru-Metro (29 kilometer), dan Paket 4 Metro-Terbanggi Besar (31,93 kilometer) sudah rampung pekerjaan konstruksinya pada Desember 2018.

Sementara, untuk pekerjaan jalan tol hingga Palembang dengan panjang 365 kilometer dijadwalkan akan rampung pada Juni 2019 ini. Bintang mengatakan, jika sudah resmi beroperasi penuh, perjalanan dari Bakeuheni ke Palembang bisa ditempuh dengan perjalanan maksimal 6 jam.

Untuk diketahui, Tol Trans-Sumatera merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditugaskan pemerintah kepada Hutama Karya berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 117 Tahun 2015 yang merupakan revisi atas Perpres Nomor 100 Tahun 2014. Untuk pengerjaan proyek ini, taksiran nilai investasinya sebesar Rp 476 triliun.

Dari total 24 ruas tersebut, tujuh di antaranya merupakan ruas prioritas dengan nilai investasi Rp 81,09 triliun.

Jalan yang membentang dari Bakauheni hingga Banda Aceh ini dirancang sepanjang 2.765 kilometer yang terbagi dalam 24 ruas.[]

Sumber: KOMPAS

Artikel Terbaru

Bagikan jika suka:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Anda juga bisa menjadi bagian kami untuk menginspirasi banyak orang melalui karya tulisan. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang!

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.

Follow Fanspage Widiynews