Bau Mulut Tak Sedap? Atasi dengan 7 Cara Manjur Berikut Ini

Cara mengatasi bau mulut – Gak cuma masalah bau badan, aroma mulut yang tak sedap juga bisa mengganggu suasana ngobrol kalian dengan orang lain. Tapi tenang saja karena bau mulut dapat diatasi dan dapat di cegah.

Faktor penyebab bau mulut adalah karena masalah kebersihan mulut yang kurang diperhatikan sehingga muncul plak gigi atau yang biasa disebut dengan istilah jigong dan bakteri yang menimbulkan bau.

Penyebab Bau Mulut

Sebelum kita lanjut menuju bagaimana cara menangani masalah bau mulut alangkah baiknya mengetahui penyebab bau mulut sehingga cara mengatasinya lebih efektif. Bau mulut disebabkan oleh bakteri yang ada didalam mulut yang menghasilkan senyawa kimia berbau.

Pertumbuhan bakteri di dalam mulut dapat disebabkan oleh masalah pada gigi dan mulut itu sendiri, diantaranya plak gigi, gigi palsu yang tidak dijaga kebersihannya, sisa akar gigi, sisa makanan di sela-sela gigi, radang atau infeksi pada rongga mulut. Berikut rangkuman beberapa penyebab bau mulut:

  • Lidah kotor
  • Gigi dan mulut tidak bersih
  • Jigong atau plak gigi
  • Mulut kering
  • Mengonsumsi makanan berbau (bawang putih dan bawang merah)
  • Mengonsumsi makan pedas
  • Mengonsumsi minuman beralkohol
  • Mengonsumsi minuman berkafein
  • menderita diabetes
  • Menderita penyakit lambung
  • Sinusitis
  • Radang amandel
  • Gagal ginjal
  • Gigi palsu yang tidak dijaga kebersihannya
  • Sisa akar gigi
  • Sisa makanan di sela-sela gigi
  • Radang atau infeksi pada rongga mulut

Cara Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut

Hal yang penting perlu diketahui sebelum mengobati bau mulut adalah kalian harus selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Berikut ini beberapa langkah mudah dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut supaya mulut tidak bau.

1. Menyikat Gigi

Jangan lupa menggosok gigi setiap hari minimal dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Gunakanlah sikat gigi yang harus dan pasta gigi yang mengandung flueride.

2. Bersihkan Lidah

Sama halnya seperti gigi, jagalah kebersihan lidah supaya mulut tidak bau. Lidah juga harus dibersihkan secara rutin. Bersihkan lidah dengan sikat khusus lidah atau tongue scraper.

Jika menggunakan sikat gigi, pilihlah sikat berbulu yang lembut. Lakukan pembersihan lidah dengan lembut. Jangan menekan atau menggosok lidah terlalu keras karena dapat mengakitkan lidah terluka.

3. Membersihkan Sela Gigi dengan Benang Gigi (Dental Floss)

Jika mulut masih bau tak sedap, mungkin gigi kalian tidak bersih. Cobalah bersihkan sela-sela makanan yang mungkin menyempil di antara gigi mengunakan benang gigi atau dental floss.

Usahakan tidak hanya membersihkan sela-sela gigi saat terlihat ada sisa makanan saja. Tapi lakukan cara ini agar terhindar dari bau mulut dan untuk menjaga gigi tidak berlubang atau sakit gigi.

4. Kumur-Kumur dengan Obat

Obat kumur atau mouthwash dapat membantu mencegah terbentuknya plak gigi atau jigong yang dapat menimbulkan bau. Hal yang perlu kalian perhatikan saat menggunakan obat kumur adalah kandungannya. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan obat kumur karena dapat memicu timbulnya infeksi jamur.

Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah waktu penggunaan obat kumur. Jangan menggunakan obat kumur langsung setelah menggosok gigi, karena dapat menghilangkan kandungan baik dari pasta gigi yang menempel di permukaan gigi, seperti flueride.

5. Mengunyah Permen Karet

Tips mengatasi bau mulut adalah dengan mengunyah permen karet. Pilihlah permen karet yang tidak mengandung gula. Hal yang harus kalian ketahui adalah mengunyah permen karet akan membantu merangsang produksi air liur.

6. Perbanyaklah Minum Air Putih

Minum air putih jangan selalu menunggu saat haus saja. Hal yang harus diperhatikan adalah minum air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain itu, mulut yang kering juga dapat menjadi penyebab bau mulut.

Anda dapat melihat warna urine untuk menilai kecukupan air yang Anda konsumsi. Warna urine yang kuning pucat dan bening menandakan Anda cukup minum.

7. Konsultasi ke Dokter Gigi

Periksa gigi dan mulut ke dokter gigi, minimal 6 bulan sekali, masalah pada rongga mulut yang bisa menyebabkan bau mulut dapat terdeteksi sejak dini dan segera teratasi.

Nah demikian tips cara mengatasi dan mencegah bau mulut dengan mengetahui penyebab dan faktor yang menjadi masalah sehingga mulut menjadi bau. Masalah bau mulut tidak hanya sepele, karena bau mulut dapat membuat rasa percaya diri menjadi menurun dan tidak disukai oleh lawan bicara.

Untuk mencegah dan mengatasinya, lakukanlah cara-cara di atas. Namun bila bau mulut tidak juga hilang, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi.[sumber: alodokter.com]

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!