Cara Memilih Pisang Yang Enak untuk Kolak Pisang

Cara memilih pisang yang enak untuk bahan kolak juga harus diperhatikan oleh kalian sebelum membuat kolak pisang yang lezat dan nikmat, baik untuk sajian buka puasa ataupun untuk santapan sehari-sehari. Orang tua zaman dulu selalu menyarankan untuk memilih pisang yang sudah tua atau yang matang dari pohon, karena tekstur dan rasanya akan jauh lebih manis dan segar. Baik ketika dimakan secara langsung atau diolah menjadi bahan makanan dan kue.

Cara memilih pisang yang enak untuk bahan kolak adalah yang sudah tua atau yang sudah masak. Sebab, rasanya akan jauh lebih enak dan segar ketika dijadikan kolak. Berbeda dengan pisang yang masih muda, teksturnya agak sedikit keras dan rasanya pun agak asam serta sedikit sepat. Sehingga pisang yang masih muda tidak tepat jika digunakan untuk dijadikan bahan kolak.

Beda halnya dengan pisang yang masak langsung di pohon atau yang dipetik ketika sudah tua di pohon, ciri-cirinya adalah berwarna kuning kehijauan yang tidak merata pada sebagian besar kulit pisang.

Jenis-jenis pisang yang paling enak untuk bahan kolak adalah pisang kepok kuning, pisang nangka, pisang uli atau pisang tanduk. Tapi, kao soal rasa dari jenis-jenis pisang tersebut yang paling enak adalah pisang kepok kuning.

Tips Sehat : Daftar Minuman Hangat Yang Gak Bakal Bikin Gemuk

Loading...

Pisang kepok kuning memiliki ciri-ciri besar, padat dan lebih berat jika dibandingkan pisang kepok putih. Ciri khusus lainnya adalah terdapat bintik hitam pada kulitnya.

Cara lain memilih pisang untuk bahan kolak adalah dengan memperhatikan bentuknya. Jika kalian pergi ke pasar untuk membeli pisang, kalaupun tidak ada pisang kepok kuning. Usahakan membeli pisang yang masih utuh dan tidak pipih.

Jangan pula memilih pisang raja sebagai bahan kolak. Karena pisang raja mengandung banyak getah yang ketika dimasak akan luntur dan merubah warna kuah menjadi kurang segar. Namun tidak ada larangan untuk membuat kolak dari bahan pisang raja. Dan jika kalian ingin membuatnya, silahkan kukus terlebih dahulu agar getahnya berkurang dan merubah warna kuah ketika sudah dijadikan kolak menggunakan santan kelapa.

Itulah cara memilih pisang yang tepat untuk membuat kolak yang enak dan nikmat. Setelah menemukan pisang yang telah kami informasikan diatas, cara lain untuk membuat kolak pisang yang legit dan segar adalah menggunakan santan alami dari kelapa yang sudah tua. Sebab, kuah santan yang dihasilkan akan sangat kental sekali dan berbeda dengan santan kemasan.

Kumpulan Resep Kolak Pisang

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!