9 Masalah Kesehatan Ini Ternyata Bisa Diatasi dengan Olahraga

Biasanya saat kamu mengalami masalah kesehatan hal yang pertama kali dilakukan yaitu meminum obat, tetapi tidak semua orang selalu dan bahkan tidak suka minum obat.

Sebab jika terlalu sering mengonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu panjang akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh dan kita selalu ketergantungan.

Sebenarnya ada solusi lain bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan yaitu dengan berolahraga. Berikut masalah kesehatan yang bisa sembuhkan dengan berolahraga.

1. Kebiasaan Sering Ngemil

9 Masalah Kesehatan Ini Ternyata Bisa Diatasi dengan Olahraga
Foto: Molto

Kebiasaan ngemil memang susah untuk dihentikan. Ngemil tentu saja di perbolehkan, asalkan kamu ngemil makanan yang bernutrisi dan pastinya rendah kalori.

Jika kamu ngemil sembarangan dan menyebabkan berat badan kamu mengalami kenaikan dan tidak sedikit mengalami obesitas.

Selain melakukan diet yang tepat untuk mengembalikan bentuk tubuh kamu yang ideal kamu juga mesti mengimbanginya dengan melakukan aktifitas fisik seperti olahraga.

Namun, jika kamu malas untuk melakukan yang terlalu berat dan menguras tenaga, cobalah melakukan olahraga ringan seperti jalan santai dan jogging minimal 15 menit setiap harinya.

2. Masalah PMS Pada Wanita

Masalah PMS Pada Wanita
Foto: google.com

Saat wanita mengalami ini, emosi mereka sering tidak stabil. Biasanya wanita cenderung mengonsumsi obat anti nyeri.

Sebenarnya kamu bisa mengatasinya dengan berolahraga, sebab dengan berolahraga akan memberikan rangsangan hormon endorphin yang membuat suasana hati bisa diperbaiki dan rasa sakit pun berkurang.

Olahraga yang disarankan saat kamu mengalami PMS yaitu kombinasi aerobic dan latihan kekuatan seperti yoga, pilates dan thai chi.

3. Kepikunan

Kepikunan
Foto: google.com

Dengan melakukan aktifitas fisik seperti olahraga, tubuh kamu akan mampu menstimulasi aliran darah menuju otak agar tidak terjadi gangguan pada jantung, merangsang pertumbuhan dan mengontrol memori.

Biasanya seiringnya pertambahan usia semakin besar faktor resiko untuk mengalami kepikunan, setiap manusia lambat laun memang akan mengalami kepikunan. Tetapi kamu juga bisa melakukan olahraga untuk mengatasi masalah ingatan. Lakukan saja olahraga ringan yang tidak memberatkan kamu.

Loading...

4. Gangguan Kecemasan

9 Masalah Kesehatan Ini Ternyata Bisa Diatasi dengan Olahraga
Olahraga dapat membantu mengatasi stress dan depresi. Foto: Molto

Rasa cemas yang berlebihan disebabkan oleh jiwa mereka merasa tertekan seperti stress dan depresi. Saat seseorang mengalami kecemasan yang berlebihan cenderung mengalami gangguan tidur, konsentrasi menurun dan energi seperti terkuras habis.

Cobalah melakukan melakukan olahraga sebab akan membantu tubuh melepaskan hormon baik endorphin dan mengubah suasana hati yang awal nya buruk menjadi lebih baik. Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga.

5. Gangguan Tidur

Gangguan TidurMemiliki tidur yang cukup dan tidur berkualitas sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sebab jika kita kurang tidur akan menyebabkan kurang bersemangat keesokan hari, tubuh mudah dan terasa lelah, lesu, memicu terjadinya peningkatan berat badan, gangguan kesehatan jantung dan memicu terjadinya stress.

Dengan melakukan olahraga kamu bisa mengatasi masalah ini, cukup lakukan olahraga selama 30 menit seperti olahraga tai chi dan yoga.

6. Artritis Tulang

Artritis TulangMengalami penyakit artritis tulang atau rematik membuat kamu tidak ingin melakukan olahraga. Justru saat kamu olahragalah kamu bisa menurunkan berat badan sehingga terjadinya penurunan tekanan pada sendi yang mengalami nyeri, memperkuat otot yang berada disekitar sendi yang nyeri.

Cobalah kamu melakukan olahraga seperti berenang, aerobic didalam air, latihan kekuatan dan berjalan santai.

7. Gangguan Pernapasan

Gangguan Pernapasan
Foto: google.com

Gangguan pernapasan bermacam-macam jenisnya, salah satunya yaitu asma. Bagi penderita asma pasti menghindari yang namanya melakukan olahraga.

Sebenarnya dengan melakukan olahragalah tingkat keparahan asma juga menurun. Saat berolahraga pastikan lingkungannya bebas dari yang akan memicu terjadinya asma seperti serbuk sari, debu, udara dingin dan polusi

8. Nyeri Pada Bagian Lutut, Leher dan Punggung

Nyeri Pada Bagian Lutut, Leher dan Punggung
Sumber Foto: hellosehat.com

Jika kamu terlalu sering duduk dan menatap layar computer akan membuat anggota tubuh menjadi tegang. Biasanya karena kamu kebanyakan duduk. Cobalah melakukan olahraga yang berfokus pada area sumber nyeri seperti yoga dan tai chi.

9. Lemahnya Sistem Imun

Lemahnya Sistem Imun
Sumber Foto: www.soyjoy.id

Melakukan olahraga juga baik untuk meningkatkan system imun tubuh agar tubuh kuat dalam melawan penyakit dan virus yang menyerang tubuh. Kamu bisa melakukan olahraga ini yaitu bersepeda dan jogging.

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More