Widiynews

10 Makanan “Super” yang Sebaiknya Kamu Konsumsi Setelah Olahraga

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
10 Makanan
sumber gambar: doktersehat.com

Terkadang sebelum berolahraga kamu merasakan perut lapar. Biasanya kamu menunda untuk makan sesuatu sebelum olahraga sebab takut merasa kenyang.

Sehingga sulit untuk berolahraga, justru anggapan tersebut salah besar, sebab berolahraga dengan kondisi perut yang masih kosong hanya akan membuat kamu cepat merasa lelah dan gerakan olahraga juga lambat sehingga kamu tidak maksimal berolahraga.

[better-ads type=”banner” banner=”14468″ campaign=”none” count=”2″ columns=”1″ orderby=”rand” order=”ASC” align=”center” show-caption=”1″][/better-ads]

Oleh karena itu sebaiknya kamu mengisi perut dulu sebelum olahraga dengan makanan yang ringan seperti berikut :

Pisang

Pisang
Pisang

Selain baik mengonsumsi pisang setelah berolahraga, sebelum berolahragapun juga baik kamu konsumsi. Kandungan potassium pada buah pisang berperan dalam membantu fungsi saraf dan mengoptimalkan otot. Nutrisi berupa protein yang terkandung pada buah pisang sangat penting untuk membangun dan memperbaiki otot. Karbohidrat yang terkandung pada buah pisang berperan dalam meningkatkan energi tubuh.

Baca: 9 Masalah Kesehatan Ini Ternya Bisa dengan Mudah Diatasi dengan Olahraga

Biji-bijian

Biji-bijian
Biji-bijian

Mengonsumsi buji-bijian seperti buncis dan kacang baik dikonsumsi sebelum berolahraga sebab sumber nutrisi berupa protein dan karbohidrat kompleks. Dengan mengonsumsi ini akan membuat kamu merasakan kenyang dan meningkatkan energi tubuh dalam waktu lumayan lama. Tetapi jangan berlebihan dalam mengonsumsi biji-bijian sebelum berolahraga sebab akan memicu perut kembung dan produksi gas pada tubuh pun juga meningkat

[better-ads type=”banner” banner=”14175″ campaign=”none” count=”2″ columns=”1″ orderby=”rand” order=”ASC” align=”center” show-caption=”1″][/better-ads]

Roti gandum

Roti gandum
Roti gandum

Kamu juga boleh menyantap roti gandum sebelum berolahraga, tetapi sebaiknya mengonsumsi roti gandum satu jam sebelum memulai olahraga sebab kandungan protein dan karbohidrat yang terkandung pada roti gandum membutuhkan waktu untuk mencernanya. Tambahkan juga selai , madu atau buah-buahan manis agar terasa enak saat menyantapnya.

Ayam bagian dada

Ayam bagian dada
Ayam bagian dada

Ayam bagian dada memiliki kaori yang lebih rendah dibandingkan bagian ayam yang lainnya. Pada ayam bagin dada mengandung nutrisi berupa selenium yang mampu mengurangi radang sendi. Jadi ayam bagian dada cocok untuk dikonsumsi sebelum melakukan olahraga. Lebih baik dada ayam di rebus atau dipanggang daripada di goreng.

[better-ads type=”banner” banner=”14468″ campaign=”none” count=”2″ columns=”1″ orderby=”rand” order=”ASC” align=”center” show-caption=”1″][/better-ads]

Ubi rebus

Ubi rebus
Ubi rebus

Mengonsumsi ubi selain bermanfaat untuk menjaga kesehatn gigi dan gusi, ubi rebus juga membantu tubuh menjaga tekanan darah tetap stabil dan baik untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi ubi rebus sebelum olahraga membuat perut cepat merasa kenyang tetapi tentunya tidak berpengarh terhadap berat badan.

Madu

Madu
Madu

Madu juga disarankan untuk kamu konsumsi sebelum melakukan olahraga, sebab dengan mengonsumsi madu tubuh akan melepaskan kadar glukosa secara perlahan masuk ke dalam aliran darah, selain itu madu juga membuat tubuh tidak mudah merasa lelah saat tubuh kamu mengalami ketidakcukupan karbohidrat.

Oatmeal

Oatmeal
Oatmeal

Oatmeal juga diperbolehkan kamu konsumsi sebelum berolahraga. Makanan yang satu ini termasuk makanan sehat dan kaya akan serat. Karena kandungan serat inilah yang membuat perut terasa kenyang lebih lama sampai kamu selesai berolahraga. Kamu juga bisa menambah buah agar terjadinya peningkatan energi.

[better-ads type=”banner” banner=”14175″ campaign=”none” count=”2″ columns=”1″ orderby=”rand” order=”ASC” align=”center” show-caption=”1″][/better-ads]

Apel

Apel
Apel

Apel disarankan untuk mengisi perut sebelum berolahraga, apael kaya akan serat, vitamin dan air yang berperan sebagai pengganti cairan yang akan keluar saat melakukan olahraga dan membuat perut bisa menahan lapar lumayan lama sampai memakan makanan berat setelah berohraga.

Baca juga: Tak Perlu Gengsi Jalan Kaki, 5 Manfaat Ini Pasti Belum Kalian Ketahui

Granola

Granola
Granola

Mengonsumsi granola juga good dikonsumsi sebelum melakukan olahraga, makanan ini biasanya terbuat dengan bahan darar berupa biji-bijian, kacang-kacangan, buah kering dan madu. Granola ini tidak mengandung gula atau lemak yang terhidrogenasi.

[better-ads type=”banner” banner=”14293″ campaign=”none” count=”2″ columns=”1″ orderby=”rand” order=”ASC” align=”center” show-caption=”1″][/better-ads]

Kopi

Ini 8 Minuman Yang Baik Di Konsumsi Saat Sarapan, Mana Favoritmu?
Kopi Hitam

Menyantap secangkir kopi sebelum berolahraga juga diperbolehkan, sebab kandungan kafeinpun kamu mesti mengonsumsi biscuit agar bisa menetralkan asam yang terdapat pada kopi sehingga perut tidak akan sakit nantinya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

From our editorial team

Widiynews.com adalah tempat menulis untuk semua orang. Yuk kirim juga tulisanmu sekarang

Artikel Terkait

Baca Juga

Kebijakan Berkomentar:

Mohon untuk berkomentar relevan sesuai topik bahasan! Komentar tidak relevan, SPAM atau memiliki link aktif akan kami hapus.