Ini 7 Daerah Penghasil Daun Kelor Terbanyak yang Diekspor ke Korea Selatan

Surabaya, Widiynews.com –¬†Dalam tiga bulan terakhir, ekspor daun kelor dari Jatim ke Korea Selatan mencapai 13 kali. Totalnya, sebanyak 55.894 kilogram atau 55,8 ton. Sementara total ekspornya mencapai USD 155.247,90.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Drajat Irawan mengatakan kelor yang diekspor ke Korsel berasal dari salah satu desa di Pasuruan. Tepatnya di Dusun Puntir, Desa Martopuro, Kecamatan Purwosari, Pasuruan.

“Kalau perdagangan kelor selama ini memang diekspor. Mulai diekspor mulai Januari sampai Maret 2019. Paling banyak ke Korea,” kata Drajat kepada detikcom di Surabaya, Senin (25/3/2019).

Drajat mengatakan di Korsel, daun kelor yang disebut sebagai daun ajaib biasanya akan diolah lagi untuk pengobatan herbal. Tak hanya itu, di Indonesia kelor juga digunakan untuk teh hingga bahan kapsul untuk pengobatan.

“Kalau di negara lain sih mungkin aja untuk pengobatan herbal. Kalau di negara kita untuk teh, untuk kapsul,” lanjut Drajat.

Sementara itu, Drajat menambahkan daun kelor tak hanya banyak didapat dari Pasuruan saja. Sejumlah daerah di Jatim juga menjadi pemasok kelor. Misalnya saja di beberapa daerah di Madura seperti Sumenep, Pamekasan, hingga Sampang.

“Yang paling banyak di Kabupaten Sumenep, Pamekasan, Sampang, Lumajang, Probolinggo, Jember hingga Banyuwangi,” pungkasnya.[news.detik.com]

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!