Awas! Hindari Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Sebelum Olahraga

0
Awas! Hindari Konsumsi 8 Makanan dan Minuman Ini Sebelum Olahraga
Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Ada orang yang beranggapan jika tidak boleh makan jika ingin berolahraga sebab akan membuat kamu sulit untuk melakukan gerakan olahraga.

Sebenarnya tidak salah jika kamu ingin makan sesuatu sebelum kamu berolahraga, tapi cukup makanan ringan saja yang tidak membuat perut kamu terlalu kenyang dan begah pastinya.

[better-ads type=”banner” banner=”14468″ campaign=”none” count=”2″ columns=”1″ orderby=”rand” order=”ASC” align=”center” show-caption=”1″][/better-ads]

Jika kamu tidak makan sebelumnya dan perut kamu terasa lapar tentu juga tidak bagus sebab akan membuat kamu malas dan tidak berenergi dalam melakukan gerakan olahraga.

Tapi tidak semua makanan yang boleh konsumsi sebelum berolahraga, sebab jika kamu tetap bersikeras mengonsumsi ini sebelum olahraga kamu tentunya akan terkena masalah. Berikut makanan dan minuman yang lebih baik tidak kamu konsumsi sebelum olahraga.

1. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi
Minuman berkarbonasi. Sumber gambar: alodokter.com

Minuman berkarbonasi seperti minuman bersoda dan minuman yang ditambahkan pemanis buatan mesti kamu hindari jika kamu ingin melakukan olahraga, sebab jika kamu mengonsumsinya sebelum olahraga akan menyebabkan perut kamu terasa kembung sehingga saat berolahraga kamu merasa tidak nyaman.

Selain kembung, kamu merasa tubuh di penuhi gas dan tubuh merasa lelah karna minuman tersebut tinggi gula dan karbonasi.

BACA: Lapar Setelah Olahraga? Cobalah Konsumsi 6 Makanan Sehat Berikut Girls!

Jus buah dan sayur kemasan pun juga mesti kamu hindari sebab kandungan fruktosa didalamnya jus tersebut tinggi sehingga sulit dicerna tubuh. Lebih baik kamu meminum teh atau kopi sebelum memulai olahraga.

2. Cake

Cake
Cake

Salah satu makanan yang tergolong dessert ini juga lebih baik tidak kamu konsumsi sebelum olahraga sebab kandungan gula didalam cake ini akan memberikan kalori lebih tetapi tidak bisa diubah tubuh menjadi energi.

[better-ads type=”banner” banner=”14293″ campaign=”none” count=”2″ columns=”1″ orderby=”rand” order=”ASC” align=”center” show-caption=”1″][/better-ads]

Gula inilah yang akan menyebabkan kadar gula darah meningkat sehingga melebihi dari kadar yang dibutuhkan tubuh. Kandungan gula di dalam cake ini akan menyebabkan kadar gula darah menjadi tidak stabil, kadang dalam posisi rendah dan terkadang dalam posisi tinggi serta perubahannya pun terjadi secara tiba-tiba.

Karena kondisi inilah yang membuat kamu dilarang untuk mengonsumsi cake sebelum olahraga sebab kamu akan cepat merasa pusing dan kelelahan.

3. Gorengan

Gorengan
Gorengan
Loading...

Segala macam gorengan juga mesti kamu hindari mengonsumsinya sebab gorengan mengandung asam lemak jenuh yang sulit untuk dicerna tubuh sehingga menyebabkan perut terasa kram dam melilit saat kamu berolahraga.

4. Buah-buahan yang mengandung gas

Buah-buahan yang mengandung has seperti durian dan nangka mesti kamu hindari mengonsumsinya sebelum olahraga sebab kandungan gas yang terdapat di dalam buah ini menyebabkan perut terasa kembung dan terkadang merasa mual bahkan muntah jika kamu paksakan tubuh berolahraga.

5. Es krim

Es Krim
Es Krim. Sumber gambar: harianmu.com

Mendengar kata-kata es krim saja sudah membuat kamu ingin memakannya bukan? Rasa manis dan dingin di mulut ini membuat banyak orang suka makan es krim. Tapi es krim ini sebaiknya tidak kamu konsumsi sebelum kamu berolahraga karena akan menyebabkan perut kamu terasa kembung, serta otot perut terasa kram.

6. Makanan pedas

Hampir kebanyakan orang menyukai makanan pedas dan kurang menyukai makanan manis sebab ada yang beranggapan kurang nikmat jika makanan itu manis atau merasa tertantang jika memakan makanan manis.

[better-ads type=”banner” banner=”14175″ campaign=”none” count=”2″ columns=”1″ orderby=”rand” order=”ASC” align=”center” show-caption=”1″][/better-ads]

Banyak alasan orang menyukai makanan pedas tapi jika mengonsumsi makanan pedas sebelum olahraga justru akan menimbulkan masalah sebab besar kemungkinan kamu akan mengalami sakit perut dan memicu terjadinya mulas, otomatis kamu tidak nyaman melakukan gerakan olahraga.

7. Pisang mentah

Pisang Mentah
Pisang mentah kaya akan kandungan karbohidrat dan potassium

Terkadang ada juga orang yang mengonsumsi pisang mentah sebelum olahraga karna tinggi akan kandungan karbohidrat dan potassium didalamnya.

BACA: 10 Makanan Super yang Sebaiknya Kamu Konsumsi Setelah Olahraga

Tapi kamu mesti pastikan pisang mana yang akan kamu konsumsi sebelum olahraga, pilihlah pisang yang matang, kuning dan bukan pisang yang baru di petik dari pohonnya, karena pisang mentah tinggi akan kadar patinya sehingga sulit dicerna tubuh.

Jika kamu mengonsumsi pisang mentah akan menyebabkan perut kembung, kebayang bukan gimana rasanya berolahraga dengan perut kembung.

8. Sayur-sayuran yang mengandung gas

Sayur-sayuran yang mengandung gas
Brokoli termasuk sayuran yang mengandung gas

Mengonsumsi sayuran yang mengandung gas juga sangat tidak dianjurkan untuk kamu konsumsi sebelum olahraga, seperti brokoli, sawi, kembang kol, bunga kol dan kubis.

Mengonsumsi sayu-sayuran yang mengandung gas juga menyebabkan perut terasa kembung dan jumlah gas di tubuh bertambah dan akhirnya malah sulit dan tidak bebas dalam melakukan gerakan olahraga.

Terkait

Loading...