Jangan Anggap Remeh! Maag Kronis Ternyata Bisa Sebabkan Kematian

Penyakit maag merupakan salah satu penyakit terbanyak yang menyerang masyarakat indonesia. Penyakit maag ini merupakan penyakit lambung yang karena ada luka dan peradangan pada area lambung. Biasanya sakit maag ditandai dengan perut terasa mulas, mual, kembung, sakit, perih dan kadang-kadang perut terasa cepat kenyang.

Tanda awal dari seseorang yang menderita maag kronis yaitu sangat sensitif terhadap makanan pedas dan berlemak tinggi. Penyakit maag diawali dengan kebiasaan telat makan dan pola hidup yang tidak sehat seperti sering merokok dan makanan yang dikonsumsi rendah nutrisi dan tinggi lemak, sering mengalami stres yang bisa memicu terjadinya penyakit maag.

Selain itu banyak dari kamu yang sembarang meminum obat dan jamu tanpa memperhatikan kebiasaan kamu itu akan menyebabkan lambung semakin lama semakin mengalami pendarahan.

Banyak orang menganggap penyakit maag hanya penyakit yang sepele dan biasa serta sering di abaikan, padahal penyakit maag yang sudah memasuki level kronis patut menjadi perhatian apalagi bisa menjadi salah penyebab terjadinya kematian.

Ciri-Ciri Maag Kronis

Kenapa bisa begitu ya efek nya? Kamu mesti memahami dulu ciri-ciri dari penyakit maag kronis, diantaranya berikut ini :

  1. Perut sering kembung, sendawa dan sesak nafas sebab seperti ada yang menekan bagian perut sehingga tidak ada nafsu makan, pucat, berkeringat dingin, kepala terasa pusing dan pandangan berkunang-kunang
  2. Perut terasa mulas dan mual, terkadang sering muntah mendadak karna terjadinya kenaikan asam lambung
  3. Kamu akan sering merasakan nyeri dan perih pada bagian ulu hati, perut, punggung dan leher
  4. Sering mengalami gangguan tidur seperti insomnia.

Jika kamu sudah mengalami hal tersebut jangan langsung membeli obat di warung karena takutnya akan membuat kondisi lambung kamu bertambah parah seperti terjadinya iritasi pada dinding lambung dan pendarahan pada saluran pencernaan bagian atas.

Jika sudah begitu, inilah yang disebut penyakit maag menyebabkan kematian. kamu mesti memeriksakan diri kepada dokter dan meminum obat yang telah di resepkan dokter.

Jika seseorang sudah terkena penyakit maag akan ada kemungkinan terjadinya komplikasi. Seperti berikut :

  1. Terjadinya penyempitan esofagus (saluran kerongkongan) yang membuat penderita sulit menelan dan mengalami sesak nafas.
  2. Terjadinya luka dan infeksi pada kerongkoran secara berlebihan yang disebabkan oleh asam lambung. Jika tidak tangani akan menyebabkan terjadinya penumpukan jaringan sel dibawah kerongkongan yang akan memicu timbulnya sel kanker. Selain itu, kemungkinan terjadinya kanker lambung dengan gejala kamu merasa cepat kenyang, nyeri pada ulu hati, mual, tidak nafsu makan dan berat badan turun drastis
  3. Terjadinya ketidaksempurnaan proses pencernaan sehingga terjadinya muntah yang dikarenakan area pilorus di lambung terjadinya penyempitan akibat area tersebut terinfeksi oleh penyakit maag yang tidak diobati.
  4. Maag kronis akan berkembang menjadi gastritis atrofi sehingga menyebabkan terjadinya penyerapan B 12 terganggu
  5. Maag kronis juga berimbas terjadinya anemia sebab terjadinya iritasi lambung parah sehingga terjadinya pendarahan kronis pada lambung dan jika tubuh kehilangan banyak darah tentu saja akan menyebabkan anemia.

Karena terjadinya komplikasi inilah yang menyebabkan kematian pada penderita penyakit maag kronis. Tapi jika penyakit maag biasa masih bisa diatasi. Jika seseorang yang mengalami maag akut dan sering mengabaikannya maka inilah yang memicu terjadinya maag kronis.

Oleh karena itu masyarakat mesti merubah pola makan yang sering terlambat, jika sudah waktunya kamu makan maka harus langsung makan, dengan begitu kebiasaan makan teratur pun akan terlatih sehingga saat kamu mulai telat makan otomatis perut kamu akan memberi kode kalau kamu mesti makan.

Seperti contoh kamu membiasan diri sarapan pagi pukul 6 pagi, makan siang pukul 12 dan makan malam jam 7 malam, jika kamu menerapkan kebiasaan makan dengan jadwal jam seperti ini, jika kamu telat saja dari jam kebiasaan kamu kamu akan menyadari dari kode perut kamu. Jadi, jangan tunggu perut terasa perih dan berbunyi keroncongan baru kamu makan.

Selain mesti tepat waktu makan, kamu juga mesti menghindari makanan yang berlemak tinggi, makanan yang memicu asam lambung, berhenti merokok, kurangi kebiasaan minum kopi apalagi kopi kemasan. Ingat penyakit maag jangan di cari-cari sebab bisa fatal untuk kesehatan tubuh kita.

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!