Mengalami Insomnia? Coba Lakukan Hal Ini Untuk Mengobatinya

Zaman sekarang hampir sebagian orang mengalami insomnia, baik dari kalangan orang tua, orang dewasa dan bahkan anak-anak juga sudah banyak mengalami insomnia. Insomnia sebenarnya merupakan sindrom yang ditandai dengan sulit untuk tidur.

Jika seseorang mengalami insomnia harus segera diatasi dan diobati agar penderita memiliki kualitas tidur yang baik sehingga saat besok pagi bangun tubuh akan terasa segar dan bersemangat dalam melakukan aktifitas, tapi lebih baik jangan mengonsumsi obat tidr sebab biasanya kamu akan menjadi ketergantungan dan akan kesulitan untuk tidur lagi tanpa obat tidur.

Biasanya terjadinya insomnia karena seseorang mengalami stres, gelisah dan rasa cemas yang berlebihan sehingga mereka akan sulit untuk tidur. Selain itu juga banyak faktor lain yang menjadi pemicu seseorang mengalami insomnia. Pasti kamu ingin sembuh dari sindrom ini bukan? Oleh karena itu kamu bisa mempraktikkan hal berikut ini :

1. Menenangkan pikiran

Menenangkan pikiran
Ilustrasi menenangkan pikiran dengan meditasi

Kamu mesti belajar menenangkan pikiran yang mengganggu dan merisaukan hati. Jika kamu kamu bisa menenangkan pikiran dan hati otomatis kamu bisa mengontrol stres, gelisah dan cemas yang berlebihan sehingga pikiran dan hati kamu lebih relax dan santai.

Oleh karena itu, coba kamu cari kesibukkan yang membuat pikiran dan hati kamu damai seperti mendengarkan musik, memasak ataupun melakukan olahraga ringan seperti yoga agar kamu bisa membuang rasa cemas, stres dan kegelisahan yang melanda.

2. Membuat diri nyaman

Selain diri kamu sendiri siapa lagi yang akan membuat diri kamu merasa nyaman?  Kamu mesti memposisikan diri kamu agar nyaman dan santai. Seperti membuat diri kamu nyaman dengan posisi tidur, suasana kamar, mendekorasi ruang tidur atau ruangan yang sesuai selera, memilih tempat tidur dan bantal kamu dengan corak atau motif yang disukai.

Jika kamu sudah merasa nyaman pasti kamu bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan semakin cepat kamu mendapatkan waktu tidur normal.

3. Mengatur suhu ruangan

Mengatur suhu ruangan
Mengatur suhu ruangan

Suhu ruangan juga berpengaruh terhadap kenyamanan tidur. Jika kamu tidur di suhu yang panas sehingga membuat kamu berkeringat dan merasa gerah serta kepanasan otomatis membuat kamu sulit untuk tidur.

Dan jika suhu kamar terasa dingin juga akan membuat kamu kesulitan dingin sebab kamu lebih fokus terhadap sekujur tubuh kamu yang kedinginan apalagi bagi kamu yang alergi dingin.

Jadi kamu mesti mengatur suhu ruangan kamar kamu yang membuat kamu nyaman saat tidur dan pastinya membuat kamu cepat tidur.

4. Mandi sebelum tidur.

Bagaimana bisa kamu mandi saat malam hari, tapi cara ini ampuh membuat kamu tidur cepat dan merasa nyaman saat tidur. Mandi dimalam hari membuat tubuh kembali segar setelah lelah beraktifitas seharian pada siang hari.

5. Jangan terlalu sering mengonsumsi kafein sebelum tidur

Jangan terlalu sering mengonsumsi kafein sebelum tidur
Ilustrasi minum kopi

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein membuat kamu terjaga paling kurang selama 6 jam, dengan begitu kamu akan mengalami kesulitan tidur sebab kamu tetap terjaga walaupun sudah larut malam.

Apalagi jika kamu mau tidur mesti menghindari sesuatu yang mengandung kafein. Jika ingin mengonsumsi kafein lebih baik saat pagi hati atau siang hari.

6. Mengonsumsi susu atau coklat

Mengonsumsi susu atau coklat
Susu Cokelat

Daripada mengonsumsi kafein menjelang tidur, lebih baik kamu mengonsumsi susu atau coklat, sebab susu dan coklat akan memberikan rangsangan kepada otak untuk melepaskan hormon endorfin yaitu hormon yang memberikan kebahagiaan.

Jadi saat kamu mengonsumsi susu ataupun coklat kamu akan mampu mengurangi rasa cemas, gelisah dan stres yang kamu rasakan sehingga kamu akan mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Tapi konsumsi lah susu yang rendah gula dan lemak sedangkan konsumsilah coklat hitam yang tidak terdapat tambahan susu dan gula agar tidak berpengaruh terhadap berat badan kamu girls dan timbulnya penyakit diabetes.

7. Jangan bermain handphone

Jangan bermain handphone
Bermain smartphone

Banyak orang yang selalu bermain handphone sebelum tidur dengan alasan supaya kamu cepat merasa ngantuk.

Justru dengan bermain handphone kamu tidur larut malam dan tetap terjaga apalagi kamu yang bermain game atau chat dengan gebetan. Selain bermain handphone, kebiasaan menonton tv dikamar pun mesti kamu perbaiki sebab suara dan cahaya yang di pancarkan dari tv akan merangsang otak walaupun kamu sudah tertidur.

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More