Deteksi Dini! Yuk Kenali 7 Ciri-Ciri Perempuan yang Tidak Subur

Hal yang paling membahagiakan sebagai seorang perempuan yaitu menjadi seorang ibu. Menjadi seorang ibu adalah anugerah yang tidak ternilai dengan apapun dan impian semua perempuan di muka bumi ini.

Tapi ada juga sebagian kecil para perempuan yang tidak bisa memiliki keturunan. Oleh karena itu kita sebagai perempuan harus memahami betul mengenai kesuburan diri dan tanda tanda yang menunjukan kalau kamu tidak subur. Dengan begitu kamu bisa melakukan tindakan seperti berkonsultasi dengan dokter. Berikut ciri ciri perempuan yang tidak subur.

Tidak teraturnya siklus menstruasi

Setiap satu kali sebulan perempuan akan mengalami yang namanya menstruasi. Siklus menstruasi berbeda-beda. Ada perempuan yang mengalami menstruasi pada awal bulan, pertengahan bulan ataupun ahkir bulan.

Lamanya perempuan mengalami menstruasi juga berbeda-beda, ada yang cuma 5 hari, seminggu bahkan sampai lebih 10 hari. Saat seseorang mengalami siklus haid yang tidak teratur dan menentu, bisa jadi kamu memiliki masalah kesuburan.

Jangan di biarkan apalagi dianggap sepele. Terkadang jumlah darah saat menstruasi lebih banyak atau lebih sedikit, itu juga bisa menjadi pertimbangan. Jika kamu mengalami menstruasi selama lebih dari 35 hari, kamu harus segera memeriksakan kepada dokter kondisi kamu ini.

Saat menstruasi kamu merasakan sakit yang berbeda

Saat menstruasi beberapa wanita mengalami nyeri pada bagian perut, dan itu di anggap wajar dan biasa. Tapi jika nyeri dan sakit perut yang tidak tertahankan, tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya dan bahkan menyebabkan kamu sampai pingsan bisa jadi tandanya kamu tidak subur.

Kamu juga mesti waspada dengan rasa sakit tersebut. Kamu mesti bisa menandakan rasa sakit perut biasa saat menstruasi dengan rasa sakit perut luar biasa yang menyebabkan kamu sangat kesakitan.

Bisa jadi kamu mengalami yang namanya endometriosis yaitu kondisi dimana dinding rahim tumbuh di luar. Pastinya kamu harus memeriksakan kondisi kamu kepada dokter agar bisa diberikan perawatan.

Bentuk tubuh yang terlalu gemuk atau terlalu kurus.

Kamu yang perempuan jangan bangga dulu jika memiliki tubuh yang kurus, sebab bisa jadi kamu mengalami ciri ciri perempuan yang tidak subur.

Memiliki tubuh yang gemuk selain kamu beresiko mengalami penyakit kronis seperti stroke, penyakit jantung dan diabetes.

Tapi juga bisa menandakan kalau kamu tidak subur. Jadi orang yang terlalu gemuk dan terlalu kurus berpotensi sulit memiliki keturunan karena berkaitan dengan sistem metabolisme tidak baik sehingga sistem reproduksi tidak mampu untuk menghasilkan keturunan.

Kesehatan mata mengalami gangguan

Kesehatan mata terganggu seperti kamu melihat suatu objek kabur dan tidak jelas, sering kebingungan dan siklus menstruasi yang tidak teratur menjadi satu diantara banyak gejala prolaktinoma.

Prolaktinoma ini merupakan suatu kejadian dimana tumbuhnya tumor tapi tidak berpotensi kanker yang tumbuh pada kelenjar pitutari. Kelenjar pitutari bertugas untuk membuat hormon perangsang folikel yang mengatur ovarium dan produksi sel telur jadi jika terjadi gangguan pada kelenjar ini tentu saja tubuh tidak bisa memproduksi sel telur dengan baik.

Wajah di tumbuhi bulu

Memang tidak semua perempuan yang memiliki bulu pada area wajah. Tanda itu merupakan salah satu tanda kalau mereka tidak subur, meskipun hal itu tidak semua benar.

Jika demikian, bisa jadi kamu mengalami PCOS, yaitu kondisi dimana hormon reproduksi menjadi tdak berjalan sesuai fungsi, sehingga akan mengganggu kemampuan ovarium dalam melepaskan maupun membuat sel telur wanita.

Tapi kamu mesti waspada sebab perempuan yang memiliki banyak bulu pada area wajah itu menandakan kamu tidak sebur, sebaiknya kamu konsultasikan kepada dokter yang ahli dibidang ini.

Tiga kali mengalami keguguran

Seorang wanita yang pernah mengalami keguguran selama tiga kali berturut-turut juga berpotensi memiliki gangguan kesuburan. Kamu mesti memeriksakan kondisi kamu kepada dokter jika sudah mengalami keguguran sebanyak dua kali.

Selain keguguran, memiliki keluarga yang tidak memiki keturunan, kamu kemungkinan juga berpotensi tidak memiliki keturunan.

Selalu merasakan dingin pada tangan dan kaki

Terjadinya gangguan pada hormone tiroid berpengaruh terhadap suhu anggota tubuh terutama tangan dan kaki merasakan dingin.

Kaki dan tangan yang selalu merasa dingin bisa jadi disebabkan karna kelenjar tiroid tidak beroperasi dengan baik.

Kejadian inilah yang akan mempengaruhi proses ovulasi kamu tidak teratur dan berpengauh terhadap siklus mesntruasi kamu. Oleh karena itu kamu mesti pergi kedokter untuk mendapatkan solusi dan perawatan yang seharusnya.

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!