10 Manfaat Mengejutkan Mengonsumsi Beras Hitam untuk Kesehatan

Mengonsumsi Beras hitam? Pasti terdengar asing di telinga kamu kata-kata beras hitam. Jika membayangkannya saja terlintas di fikiran kamu hitam seperti apa berasnya.

Biasanya masyarakat mengonsumsi beras putih sebagai karbohidrat yang di butuhkan tubuh. Sebenarnya selain beras putih, beras hitam juga luar biasa manfaat nya untuk tubuh sebab beras hitam juga kaya akan nutrisi. Berikut manfaat mengonsumsi beras hitam.

Memiliki kandungan antosianin yang tinggi

Memiliki kandungan antosianin yang tinggiAntosianin yang terdapat pada beras hitam berperan sebagai antioksidan yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah, menghambat pertumbuhan sel tumor, melawan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh dan meningkatkan kemampuan memori otak.

Kaya akan vitamin dan mineral

Kaya akan vitamin dan mineral
Kaya akan vitamin dan mineral

Beras hitam mengandung vitamin E, B1, B2, B3, B6, Zink, magnesium dan fosfor. Vitamin E yang terdapat pada beras hitam tinggi sehingga saat kamu mengonsumsinya sistem kekebalan tubuh meningkat, mencegah terjadinya kerusakan sel, menjaga kesehatan mata dan kulit.

Kandungan vitamin B6, zat besi dan magnesium berperan sebagai penghasil energi yang membuat kamu bersemangat dalam melakukan aktifitas.

Zink berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan fosfor berperan dalam pertumbuhan tulang dan gigi.

Membuat jantung lebih sehat

Membuat jantung lebih sehatPenyakit jantung adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat. Jika tidak ingin terserang penyakit ini kamu mesti menerapkan pola makan yang sehat seperti mengonsumsi beras hitam.

Kandungan fitokimia pada beras hitam berperan dalam menjaga kadar kolesterol tubuh yang bisa mengakibatkan penyakit jantung dan menghalangi terbentuknya plak yang bisa memicu terjadinya serangan jantung dan stroke.

Mengeluarkan racun tubuh

Mengonsumsi beras hitam akan membantu mengeluarkan racun yang terdapat didalam tubuh sehingga organ tubuh dan sistem tubuh tetap berfungsi dengan baik dan maksimal.

Sistem pencernaan menjadi lancar

Beras hitam mengandung serat yang tinggi. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat berperan dalam menjaga kesehatan usus dan sisa sisa makanan yang masih tertinggal akan mudah dikeluarkan sehingga kamu akan terhindar dari terjadinya sembelit.

Cocok untuk diet

Cocok untuk dietMengonsumsi beras hitam akan membuat kamu cepat merasa kenyang dibandingkan beras putih. Jadi beras hitam sangat cocok untuk dikonsumsi saat kamu diet, dengan kamu cepat merasa kenyang otomatis kamu tidak ingin untuk makan lagi sehingga kamu stop makan.

Rasa kenyang setelah mengonsumsi beras hitam pun juga berlangsung lama.  Beras hitam mengandung kandungan nutrisi berupa protein dan zat besi yang lebih tinggi dibandingkan beras putih dan beras hitam mampu menurunkan kadar lemak jahat yang terdapat didalam darah dan terjadinya peningkatan kolesterol baik.

Terjadinya penurunan resiko diabetes dan obesitas

Terjadinya penurunan resiko diabetes dan obesitasTernyata mengonsumsi beras hitam juga mampu membantu mencegah terjadinya resistensi terhadap insulin yang terdapat didalam tubuh sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan resiko diabetes dan obesitas. (Perawatan Kulit Khusus Penderita Diabetes)

Kandungan serat yang terdapat pada beras hitam selain membuat perut cepat merasa kenyang ternyata juga membuat gula yang terdapat pada beras hitam akan terserap lebih lama dan membantu menyeimbangkan kandungan gula didalam darah.

Tinggi akan kandungan proteinnya dan bebas kandungan gluten

Tinggi akan kandungan proteinnya dan bebas kandungan glutenMemiliki kandungan protein yang tinggi akan membuat tubuh membentuk otot dengan maksimal dan membantu mengurangi terjadinya berat badan yang berlebih.

Selain tinggi protein, beras hitam juga bebas dari kandungan gluten, bagi orang yang sensitif dan memiliki riwayat alergi gluten akan menyebabkan mereka mengalami kebocoran usus. Oleh karena itu beras hitam menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi sebab bebas gluten.

Mencegah terjadinya anemia

Karena kandungan zat besi yang terdapat pada beras hitam inilah yang membuat kamu terhindar dari anemia. Kandungan zat besi pada beras hitam lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih.

Jadi jika kamu mengalami anemia selain mengonsumsi jus tomat konsumsilah beras hitam.

Mengatasi peradangan

Mengatasi peradangan
Ilustrasi Asam Urat atau Peradangan

Terjadinya peradangan dikarenakan beberapa kondisi seperti alergi, kanker dan artritis. Mengalami peradangan akan membuat kamu sulit untuk bergerak apalagi berakfitas seperti biasanya.

Cobalah rutin mengonsumsi beras hitam. Selain itu beras hitam berperan dalam meningkatkan mediator anti-inflamasi dan menurunnya senyawa inflamasi.

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More