Jangan Sepelekan, Ini 8 Efek Samping Jika Kamu Kurang Tidur

Tidur merupakan aktivitas yang sangat di tunggu-tunggu. Sebab tidur lah kesempatan tubuh kamu untuk beristirahat. Selain itu organ tubuh dan sistem pencernaan tubuh juga ikut beristirahat.

Jika kamu cukup tidur maka akan membuat tubuh kamu segar dan bugar di keesokan harinya. Biasanya orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam lamanya setiap hari.

Tapi jika kamu tidak cukup tidur tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan, terutama jika dilakukan secara berulang-ulang atau hampir setiap hari. Berikut efek samping terhadap kesehatan dari kurang tidur.

1. Terjadi peningkatan berat badan

Terjadi peningkatan berat badanSaat tubuh kekurangan waktu tidur akan berpengaruh terhadap berat badan, sebab bertambahnya kalori secara ekstra. Jika kamu tidur selama kurang dari lima jam setiap malamnya kamu akan berpotensi memiliki berat badan yang terus meningkat sehingga kamu berpotensi mengalami obesitas.

Kurangnya waktu tidur juga bisa mengakibatkan hormon leptin berkurang, sehingga hormon inilah yang membuat dirimu sulit merasa kenyang dan juga mudah merasa lapar.

Tapi jika kamu tidur selama 7- 8 jam setiap malam tentunya kamu akan memiliki tidur yang berkualitas dan mendapatkan tidur nyenyak sehingga saat besok pagi tubuh kamu akan merasa segar dan bersemangat.

2. Sering terjadi perubahan mood

 

Sering terjadi perubahan moodBiasanya saat kamu kurang tidur akan berimbas kepada hormon tubuh yaitu hormon kortisol. Hormon inilah yang mengendalikan suasana hati seseorang sehingga kamu mudah mengalami stress.

Jika kamu memiliki tidur yang cukup dan nyenyak otomatis tidak ada terjadinya masalah pada hormon kortisol. Selain itu tubuh yang lelah akibat kurang tidur juga lebih cenderung mengalami halusinasi yang akan menganggu kefokusan dan daya ingat, dan selalu merasa takut.

Biasanya kamu akan berhalusinasi terhadap mendengarnya suara orang ataupun suatu benda mati yang seperti berbicara kepada kamu.

3. Menurunkan Ingatan

Menurunkan IngatanSaat kamu terlalu sering mengalami kurang tidur akan menyebabkan kinerja otak menjadi menurun sehingga jika kamu kurang tidur mengakibatkan rusak nya sel-sel otak sehingga kemampuan daya ingat kamu pun perlahan menurun.

Kamu akan merasa kehilangan energi untuk berfikir kreatif, memikirkan sesuatu dengan tajam dan saat produktivitas otak menurun juga berisiko mengalami kepikunan saat usia muda.

Loading...

Dalam kondisi yang parah kamu beresiko mengalami alzheimer saat usia muda. Jadi dapatkanlah istrirahat yang cukup agar otak dapat mengunci semua informasi yang diterimanya.

4. Penyakit jantung

 

Penyakit jantungBagi kamu yang sering tidak cukup tidur akan menyebabkan tubuh berisiko terkena penyakit kronis, salah satunya penyakit jantung. Karena saat kamu begadang tekanan darah menjadi tidak stabil.

Jika terlalu sering bergadang juga dapat menyebabkan kecepatan darah menuju pembuluh menjadi tidak stabil dan akhirnya kamu mengalami penyakit jantung.

Selain penyakit jantung, kurang tidur juga memicu terjadinya stroke. Penyakit jantung juga dikarenakan kamu tidur terlalu lama yaitu lebih dari 9 jam.

5. Terkena kanker

Terkena kankerTidur larut malam jangan sepelekan dampak negatifnya bagi kesehatan tubuh. Keseringan tidur larut malam akan menyebabkan tubuh berpotensi terhadap pertumbuhan sel kanker, seperti prostat, kanker payudara dan kanker usus besar. Jika kamu tidak ingin tumbuh sel kanker pada tubuh kamu mesti tidur yang cukup.

6. Menurunnya sistem kekebalan tubuh

Menurunnya sistem kekebalan tubuhMenurunnya sistem kekebakan tubuh akan mengakibatkan tubuh mudah terserang oleh berbagai macam jenis penyakit sehingga kamu sering sakit.

Saat tidur, sistem kekebalan tubuh akan menghasilkan protein yaitu cytokines yang berperan dalam memerangi infeksi dan peradangan.

7. Terjadinya gangguan mental

Terjadinya gangguan mentalTernyata kurang tidur juga menenggau kesehatan mental kamu, biasanya kamu akan mengalami stress, gelisah, rasa cemas yang berlebihan serta cenderung menyendiri dan tidak mau bersosialisi dengan orang lain.

8. Kamu akan cepat tua

Kamu akan cepat tuaJika kamu kurang tidur juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Sering begadang membuat kulit tampak lebih tua dan tidak sesuai dengan umur yang seharusnya.

Kamu akan berpotensi memiliki kantung mata yang akan semakin hitam jika kamu setiap malam bergadang. Selain itu, sel-sel pada kulit tidak bisa meregenasi kulit dengan maksimal sebab melakukan tugasnya saat malam hari.

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!