Warna Alami Pada Makanan Ternyata Bisa Berdampak Pada Kesehatan Loh

Setiap makanan mempunyai warna yang berbeda-beda dan memiliki ciri khas tersendiri. Biasanya saat melihat warna dan look dari suatu makanan saja sudah membuat kita tergiur untuk memakannya.

Atau justru sebaliknya, warna dan cara penyajian yang kurang baik dapat menjadikan hilang nafsu makan. Padahal makanan tersebut memiliki rasa yang sangat lezat. Warna makanan yang lebih beragam biasanya berdampak pada mood makan seseorang.

Selain membuat makan menjadi lebih menarik, warna alami pada makanan ternyata mempunyai makna tersendiri dan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Penasaran bukan maksudnya girls, berikut penjelasannya.

1. Warna kuning dan orange

Warna kuning dan orangeMakanan yang mengandung warna kuning atau orange biasanya lebih banyak mengandung karatenoid berupa alfa dan betakaroten. Senyawa ini juga menandakan bahwa makanan tersebut tidak tahan panas.

Warna kuning dan orange pada makanan juga menandakan bahwa makanan tersebut mengandung nutrisi yaitu vitanim A dan vitamin C, seperti pada wortel, aprikot, mangga, melon jingga, ubi dan mangga.

Saat mengonsumsi makanan tersebut akan menyebabkan tubuh lebih sehat seperti menjaga kesehatan mata, membuat tubuh cepat merasa fresh dan bertenaga, meningkatkan sistem imun tubuh dan mencegah pertumbuhan kanker.

Biasanya sayur dan buah yang memiliki dua warna pasti hanya memiliki satu warna yang lebih dominan kandungan senyawanya. Jika warna merah lebih dominan mengandung likopen, warna hijau lebih dominan mengandung klorofil. Oleh karena itu kamu meski mencukupi kebutuhan sayur dan buah dengan setiap hari mengonsumsinya.

2. Warna merah

Warna merahBahan makanan memiliki warna alami merah memiliki kandungan lycopene. Beberapa contoh bahan makanan berwarna merah seperti pada tomat, jambu batu merah dan semangka.

Loading...

Kandungan lycopene tidak akan rusak terhadap suhu panas, seperti pada pembuatan saos tomat, saat dipanaskan kandungan lycopene yang terkandung didalamnya tidak akan rusak, justru kandungan lycopene akan lebih baik dibandingkan buah tomat mentah.

Lycopene adalah senyawa nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh karena mengandung banyak vitamin dan antioksidan. Lycopene memberikan peranan besar bagi kesehatan tubuh yaitu mencegah tubuh dari pertumbuhan kanker prostat dan kanker pada leher rahim serta menjaga kesehatan jantung.

Makanan berwarna merah juga mengandung antosianin seperti pada buah strawberry, raspberry dan cranberry. Arti makanan berwarna merah juga mengandung betalin yaitu betasianin dan betaxantin, tapi makanan ini tidak tahan terhadap panas seperti buah naga.

3. Warna hijau

Warna hijauMakanan yang memiliki warna hijau itu artinya makanan tersebut memiliki kandungan klorofil. Biasanya warna alami tersebut terdapat pada sayuran dan buah berwarna hijau seperti bayam, brokoli, apel hijau dan alpukat.

Bahan-bahan tersebut mengandung serat yang bernama isothiocyanates. Serat ini berperan dalam meningkatkan produksi enzim pada organ tubuh yaitu liver agar bisa membantu membuang semua racun yang terdapat didalam tubuh.

Semakin pekat dan gelap warna sayuran pasti semakin banyak kandungan klorofilnya, itu artinya maka semakin tinggi pula kandungan nutrisinya. Klorofil inilah yang berperan dalam melawan kanker, membuat luka menjadi cepat kering dan sembuh, kulit tampak segar dan kencang dan serta bermanfaat menunda proses penuaan dini.

4. Warna biru atau ungu

Warna biru atau ungu Makanan yang memiliki warna ungu diantaranya blueberry, terong, ubi jalar ungu, buah naga, bit dan anggur. Jika warna makanan semakin gelap menandakan kandungan antioksidan pada makanan juga semakin tinggi.

Seperti yang kita tahu antioksidan berperan dalam menghancurkan semua radikal bebas yang terdapat didalam tubuh. Selain itu kandungan antioksidan pada makanan warna biru atau ungu bernama anthocyanin dapat bermanfaat menjaga kesehatan jantung, memperkuat daya ingat dan melindungi penglihatan mata kalian.

 

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More