Banyak Yang Belum Tahu, 11 Fakta Keringat Ini Harus Kamu Baca!

Biasanya tubuh mengeluarkan keringat setelah melakukan aktivitas seperti berolahraga, bersih-bersih rumah, berkebun atau pekerjaan yang menggunakan banyak gerakan tubuh. Keringat merupakan cairan yang diproduksi oleh kelenjar keringat dan terdiri dari garam, air, mineral, laktat dan urea.

Keringat yang dihasilkan tubuh ada yang mengeluarkan bau asam ada juga tidak. Dan itu semua tergantung kondisi tubuh kita masing-masing.

Berbicara soal keringat, ternyata masih banyak banyak orang belum tahu tentang fakta menarik seputar keringat tubuh. Jangan-jangan kalian juga termasuk diantaranya. Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

1. Keringat memiliki jenis

Keringat memiliki jenis
Foto: hellosehat.com

Keringat yang keluar dari tubuh ternyata tidak sama jenisnya. Keringat yang dihasilkan terdiri dari dua jenis kelenjar yaitu kelenjar ekrim yang menghasilkan keringat lebih yang berpusat pada area tangan, kaki dan wajah serta keringat yang dihasilkan karena tubuh merasa panas .

Sedangkan kelenjar apokrin memproduksi keringat lebih sedikit dan biasanya mengeluarkan keringat pada area rambut, ketiak, serta keringat yang dihasilkan saat tubuh kamu mengalami tekanan, gelisah, cemas yang berlebih dan bahkan saat sedang stress.

2. Keluarnya keringat karena menahan sakit dan stres

Keluarnya keringat karena menahan sakit dan stres
Foto: idntimes.com

Mungkin hal ini pernah kamu rasakan girls. Misalnya saat kamu menahan sakit perut terlalu lama, saat itu pula tanpa kamu sadari tubuhmu mengeluarkan keringat dengan sendirinya.

Selain itu, saat mengalami stres, tubuh akan memicu produksi keringat melalui kelenjar bau keringat dan kelenjar air keringat. Jadi saat kamu merasa stres, sekeliling kamu akan mengetahuinya sebab orang bisa melihat dari keringat yang dikeluarkan oleh tubuh kamu.

3. Tubuh terasa sehat

Tubuh terasa sehatSalah satu cara yang tubuh mengeluarkan racun dari dalam tubuh akan dengan mengeluarkan cairan, salah satunya berkeringat. Saat olahraga, atau saat banyak bergerak tubuh akan menghasilkan keringat sehingga tubuh merasa lebih sehat.

Semakin banyak tubuh mengeluarkan keringat semakin sehat dan bugar yang dirasakan tubuh. Sebab air keringat akan mendinginkan tubuh ketika terjadinya penguapan pada kulit sehingga mampu mencegah suhu panas tubuh yang berlebihan.

4. Bau keringat

Terkadang setelah berolahraga kamu mencium bau yang tidak enak pada tubuh teman kamu dan kamu membuat kesimpulan kalau teman kamu memiliki bau badan.

Sebenarnya keringat itu tidak menghasilkan bau, bau yang kamu cium itu sebenarnya bakteri yang lengket pada kulit.

Selain itu, keringat juga memiliki rasa yang asin tetapi kadar nya tergantung kondisi fisik tubuh.

5. Pria memiliki kelenjar keringat lebih banyak

Pria memiliki kelenjar keringat lebih banyakBiasanya pria dewasa akan mengeluarkan keringat empat kali lebih banyak dibandingkan wanita. Perbedaan intensitas keringat yang dihasilkan oleh pria dan wanita salah satunya karna perbedaan hormon.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Physiology, anggapan pria berkeringat lebih banyak dari wanita nyatanya kurang tepat. Pasalnya, untuk mengetahui seberapa banyak orang berkeringat bisa diketahui lewat ukuran dan bentuk tubuh seseorang, bukan berdasarkan dari jenis kelaminnya.

Sean Notley sebagai pemimpin penelitian tersebut mengatakan, jenis kelamin bukanlah faktor yang mempengaruhi produksi keringat dan peningkatan aliran darah seseorang ketika menghadapi suhu tinggi atau tekanan panas.

Para peneliti akhirnya menemukan jika metode pendinginan utama tubuh bergantung pada ukuran dan bentuk tubuh seseorang. Secara khusus, orang yang lebih kecil, baik pria atupun wanita, lebih bergantung pada peningkatan aliran darah ke kulit untuk melakukan pendinginan tubuh daripada mengeluarkan keringat. Sehingga hal inilah yang membuat orang bertubuh kecil cenderung berkeringat lebih sedikit.

6. Mengeluarkan racun tubuh

Saat tubuh kamu mengeluarkan keringat selain mengeluarkan cairan, sebenarnya racun yang terdapat di dalam tubuh itu keluar. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit sebab setiap racun yang terkandung didalam tubuh akan langsung di keluarkan.

7. Menurunkan berat badan

Saat tubuh kamu mengeluarkan keringat secara tidak langsung keringat membantu menurunkan berat badan kamu. Karena keringat yang kamu hasilkan berasal dari proses metabolisme tubuh yang lancar dan pastinya berhasil membakar lemak. (BACA: 8 Minuman Ini Ampuh Hancurkan Lemak Perut, Rasanya Juga Enak Loh!)

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Saat tubuh mengeluarkan keringat, sistem imun tubuh juga akan mengalami peningkatan. Saat tubuh mengeluarkan keringat, suhu tubuh mengalami peningkatan dan produksi sel darah putih juga mengalami peningkatan.

9. Membuat kulit bersih dan kencang

Saat kamu berkeringat, kulit tubuh akan membuka lebar-lebar pori-pori tubuh dan membantu membersihkan kulit dari debu, kuman dan polusi yang melekat pada kulit. Sehingga kulit pun menjadi bersih dan kencang.

10. Jumlah keringat

Umunya pada tubuh manusia terdapat 2-4 juta kelenjar keringat yang terdapat pada bagian tubuh dan sekitar 250.000 terdapat pada area kaki. Area kaki paling sering berkeringat.

11. Keringat Dingin

Keringat DinginKeringat dingin terjadi ketika permukaan kulit Anda terasa dingin tapi lembap karena produksi keringat. Berbeda dengan keringat biasa yang akan muncul saat Anda merasa kepanasan, suhu tubuh Anda pun akan meningkat pula.

Sementara ketika muncul keringat dingin, Anda justru merasa kedinginan. Kalau berkeringat saat Anda kepanasan adalah hal yang wajar, keringat dingin bukanlah reaksi tubuh yang wajar.

Ada beberapa faktor yang bisa memicu munculnya keringat dingin. Faktor tersebut bisa berupa kondisi psikologis seperti stres maupun kondisi fisik seperti penyakit.

Dapatkan informasi gaya hidup dan kesehatan menarik lainnya. Jangan lupa kunjungi situs Widiynews setiap hari.

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More