Sering Nyeri Sendi? Ini 9 Makanan untuk Memperkuat Sendi dan Tulang

Saat sudah memasuki usia tua, banyak terjadi perubahan fisik pada tubuh. mulai dari wajah halus mulai muncul kerutan dan garis hitam, persendian sering sakit atau nyeri sendi, tulang ngilu, sulit berjalan, hingga sakit di area tertentu.

Entah setelah usia tua nanti, atau di usia muda saat ini kalian pasti berharap memiliki tulang dan persendian yang sehat dan kuat.

Oleh karena itu cobalah mulai menerapkan pola hidup sehat salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk menunjang kekuatan tulang dan persendian. Sehingga meski usiamu tak lagi muda, tulang dan persendianmu tidak sering sakit seperti sekarang ini.

Buat kamu yang ingin terus sehat dan sering alami sakit di bagian tulang dan persendia, berikut 9 makanan sehat yang mengandung nutrisi penting untuk tulang. Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Apel

Apel Buah apel tinggi akan kandungan antioksidan yaitu quercetin. Quercetin inilah yang berperan dalam membentuk kolagen yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dengan memberikan efek kulit yang kenyal dan elastisitas serta sebagai pelumas sendi.

Selain itu kolagen-kolagen yang terdapat pada tulang rawan berfungsi sebagai penahan saat sendi mengalami benturan dan tekanan.

Dengan mengonsumsi satu buah apel setiap hari sudah menjauhkan kamu dari radang sendi. Konsumsilah buah apel beserta kulitnya sebab pada kulit apel lah yang mengandung senyawa quercetin. Pilihlah buah apel yang berwarna merah pekat. Sebab semakin merah kulit apel maka semakin banyak pula kandungan quercetin.

 

2. Kedelai hitam

Kedelai hitam
Kedelai Hitam. Sumber gambar: kapanlagi.com

Didalam kedelai hitam terkandung zat yang dinamakan antisionin yang kaya akan protein dan fungsinya adalah untuk membantu merawat sekaligus membentuk jaringan sendi, jaringan tulang dan tulang rawan secara optimal.

Zat ini akan bermanfaat mengurangi produksi sendi yang menyebabkan radang. Kandungan mangan yang terdapat pada kedelai hitam berperan dalam membuat sendi tetap sehat dan kuat walaupun sudah diusia tua nantinya.

3. Pepaya

 

PepayaPepaya kaya akan kandungan vitamin C selain jeruk. Bahkan jumlah kandungannya diketahui lebih tinggi tiga kali lipat dari jeruk. Vitamin C ini lah yang berperan dalam menjaga kesehatan sendi dan rematik.

Menurut penelitian, jika tubuh kekurangan vitamin C akan terjadi peningkatan resiko terjadinya rematik dan radang sendi hingga tiga kali lipat.

Pepaya juga kaya akan kandungan beta karoten dan antioksidan. Beta karoten dikonversi dalam tubuh menjadi vitamin A, antioksidan kuat yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mata, kulit dan fungsi neurologis.

Berikut enam manfaat beta-karoten yang diulas oleh dokter asal Amerika Serikat, dr.Josh Axe, di laman pribadinya Draxe.com:

  1. Memiliki antioksidan yang kuat
  2. Mendukung kehamilan sehat
  3. Melindungi kulit
  4. Melindungi mata
  5. Meningkatkan kesehatan pernapasan

4. Kale

Mengonsumsi kale juga membuat sendi menjadi lebih kuat dan sehat. Dari beberapa penelitian disebutkan bahwa sayuran kale mengandung kalsium yang berperan dalam membuat tulang dan persendian sehat.

Kandungan tembaga yang terdapat pada kale pun berperan dalam membentuk ligamen dan kolagen. Selain itu kale juga mengandung mangan yang berperan dalam memperbaiki dan pertumbuhan jaringan.

5. Kacang almond

Kacang almond 
Kacang almond. Sumber gambar: hellosehat.com

Kacang almond kaya akan vitamin E. Kacang almond ini berperan sebagai penangkal radikal bebas yang terdapat didalam tubuh, mencegah terjadinya radang sendi dan pastinya menurunkan resiko terjadinya kerusakan sendi. Selain itu kacang almond juga berperan dalam melindungi membran luar sel sendi dari terjadinya kerusakan.

6. Ikan salmon

Ikan salmon
Ikan salmon. Sumber gambar: breakingnews.id

Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan salmon sangat tinggi dibandingkan ikan yang lain. Asam lemak omega 3 inilah yang berperan sebagai anti radang dan pelumas sehingga sendi tubuh kita dapat bekerja tetap optimal. Ikan salmon juga mengandung vitamin D yang berperan untuk menjaga kesehatan tulang.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun Minyak zaitun mengandung senyawa yang bernama olecanthal yang berfungsi untuk mencegah terjadinya radang sendi dan menjaga kesehatan tulang. Selain senyawa olecanthal, minyak zaitun juga kaya akan protein sehingga fungsi cairan sinovial pada sendi optimal.

 

8. Brokoli

Brokoli
Brokoli. Sumber gambar: tribunnews.com

Brokoli mengandung serat yang tinggi dan kalsium yang berfungsi untuk kesehatan sendi dan tulang. Selain itu brokoli juga mengandung sulforaphane yang berperan dalam melawan radikal bebas yang terdapat didalam tubuh.

9. Biji-bijian

Biji-bijian
Biji-bijian. Sumber gambar: yukepo.com

Pada biji-bijian mengandung asam amino yang berperan dalam pertumbuhan jaringan dan pastinya membuat sendi menjadi kuat.

Konsumsi biji – bijian dengan cara merebus atau memanggangnya, bukan dengan menggorengnya ya girls, karena akan membuat kandungannya berubah karena proses penggorengan dengan minyak.

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More