Jangan Konsumsi 7 Makanan Ini Bersamaan, Bahaya Untuk Kesehatan!

Mengonsumsi makanan sangat penting untuk tubuh, selain tubuh terhindar dari rasa lapar, tetapi juga menambah stamina dan energi agar saat melakukan aktivitas kita bersemangat dan tidak mudah lelah. Biasanya saat mengonsumsi makanan, kita sering kali mengkombinasikannya dengan berbagai makanan dan minuman seperti saat sarapan pagi di dampingi segelas susu.

Tapi  tahukah girls, tak tidak semua makanan bisa di gandengkan sekaligus mengonsumsinya. Ingin tau bukan kenapa dan makanan apa saja yang sebaiknya dihindari mengonsumsinya secara bersamaan. Yuk, perhatikan ulasan berikut ini.

1. Kacang kedelai dengan bayam

Kacang kedelai dengan bayamKacang kedelai memiliki olahan yang sangat sering dikonsumsi, seperti tempe dan tahu. Tahu dan tempe tinggi akan kandungan protein nabati. Menggabungkan tahu atau tempe saat memasak sayuran masih sering dilakukan orang, sebenarnya kombinasi ini tidak boleh konsumsi.

Bayam mengandung asam oksalat dan tahu atau tempe mengandung kalsium. Saat kedua bahan makanan ini bertemu, asam oksalat dari bayam akan bereaksi dengan kalsium dari tahu atau tempe sehingga akan menyebabkan terbentuk endapan yang tidak mudah larut.

Endapan ini yaitu kalsium oksalat dan terbentuk di usus, sehingga saat bersamaan mengonsumsi kedua makanan tersebut berdampak terhadap penyerapan kalsium yang nantinya akan terjadinya penyumbatan pada area perut.

2. Udang dan minuman vitamin C

Udang dan minuman vitamin CMemadukan udang dan minuman yang mengandung vitamin C seperti jus jeruk saat mengonsumsinya juga mesti kamu kamu hindari. Udang mengandung arsenic pentoxide dan jus jeruk mengandung vitamin C.

Jika udang bertemu dengan jus jeruk akan menyebabkan terjadinya reaksi kimia yang terjadi pada saluran pencernaan dan terbentuknya arsenic trioxide yang mengandung racun sehingga akan menyebkan organ tubuh seperti hati, ginjal, jantung mengalami kerusakan.

Selain itu pembuluh darah juga rusak, pada saluran usus keluar darah, terjadinya pelebaran pembuluh darah sehingga bisa menyebabkan kematian karna keluarnya darah dari kelima panca indra tubuh.

Oleh karena itu jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C bersamaan dengan udang.

3. Mengonsumsi buah setelah mengonsumsi makanan pokok

Mengonsumsi buah setelah mengonsumsi makanan pokokMakanan pokok yang dimaksud makanan yang mengandung nutrisi berupa karbohidrat, lemak dan protein. Ketiga nutrisi tersebut membutuhkan energi yang ekstra agar sempurna dipecah oleh pencernaan.

Jadi saat kamu mengonsumsi buah setelah makan makanan pokok akan menyebabkan proses penyerapan tidak sempurna sebab energi tubuh sudah terkuras untuk memecah makanan pokok.

Disarankan bagi kamu untuk mengonsumsi buah sebelum mengonsumsi makanan pokok agar proses penyerapan buah oleh usus sempurna dan jika tidak akan menyebkan terjadinya penumpukan gula jika dibiarkan bisa memicu penyakit diabetes

4. Mengonsumsi pati bersamaan dengan protein

Mengonsumsi pati bersamaan dengan proteinPati biasanya di temukan pada tepung-tepungan yang biasa dijual dipasaran seperti tepung terigu, tepung roti, tepung maizena dan tepung lainnya. Lebih baik menghindari mengonsumsi pati bersama protein, seperti memadukan roti tawar dengan daging atau telur, kedua bahan ini mengandung ph optimum yang berbeda.

Saat enzim mencerna pati dalam keadaan ph optimum akan menyebabkan pencernaan pati berjalan sempurna tapi enzim tidak bisa mencerna protein sebab memiliki ph optimum yang berbeda otomatis pencernaan protein tidak berjalan dengan sempurna, sehingga mengakibatkan perut terasa kembung.

5. Mengonsumsi jus jeruk yang dikombinasikan dengan sereal dan susu

Mengonsumsi jus jeruk yang dikombinasikan dengan sereal dan susu Mengonsumsi sereal memang pasangan yang cocoknya susu. Terserah kamu menyukai susu warna putih ataupun coklat.

Tapi sebaiknya hindari mengonsumsi sereal dan susu dengan jus jeruk. Sebab susu mengandung kasein sedangkan susu mengandung asam. Oleh karena itu jus jeruk akan menghasilkan enzim pengurai pati yang terdapat pada sereal, sebab pati bersifat asam, sehingga tidak ada zat gizi yang bisa diserap oleh tubuh.

Jika tetap ingin mengonsumsinya satu jam sebelum atau sesudah mengonsumsi sereal dan susu.

6. Mengonsumsi pasta yang ditambahkan tomat dan keju

Mengonsumsi pasta yang ditambahkan tomat dan kejuMengonsumsi pasta memang biasanya banyak orang menambahkan tomat dan keju. Tapi sebenarnya kombinasi ini tidak baik untuk kesehatan tubuh, sebab asam yang terdapat pada tomat ketika dicampurkan dengan keju akan mengakibatkan kandungan susu yang terdapat pada keju mengental dan pastinya berimbas kepada sistem pencernaan.

Oleh karena itu terkadang setelah kamu mengonsumsi pasta kamu merasa mengantuk atau tubuh terasa lelah tiba-tiba. Lebih baik mengonsumsi pasta dengan ditambahkan sayuran atau menambahkan saus pesto.

7. Meminum obat dengan lemon

Meminum obat dengan lemonSaat kamu sakit dan ingin mengonsumsi obat jangan berdekatan waktunya dengan mengonsumsi lemon. Saat kamu makan lemon dan setelah itu minum obat akan menyebabkan enzim yang bertugas menguraikan obat menjadi terhambat oleh lemon.

Jika proses penguraian tidak berjalan sempurna akan menyebabkan terjadinya penumpukan didalam tubuh sehingga jika semakin ditumpuk tentu akan berdampak negatif terhadap kesehatan.

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!