Sering Nyeri dan Emosi Saat Sedang Haid? Lakukan 7 Cara Ini!

Kram perut dikarenakan menstruasi, ditambah badan mudah lelah membuat kita jadi lebih sensitif dan kadang suka marah-marah. Tapi mereka yang tak tahu kita sedang mengalami haid, tentu akan bingung sendiri, terlebih laki-laki.

Maka, demi menghindari salah paham yang bisa jadi masalah. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan demi mengontrol emosi selama haid. Cobalah perhatian baik-baik, beberapa tips di bawah ini.

Hindari Jenis Makanan Yang Mengandung Gula, Kafein Dan Soda

Es Krim
Es Krim. Sumber gambar: harianmu.com

Demi mengurangi rasa sakit dan kram pada perut, sebisa mungkin berhenti untuk memakan makanan yang bersifat manis. Entah itu coklat, es krim dan permen. Disamping itu, kamu juga sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan soda.

Pilihlah makanan yang dapat meredakan rasa sakitmu dan memperbaiki emosinya. Tapi tetep hindari makanan yang mengandung, jenis-jenis yang sudah disebutkan tadi.

Perbanyak Makanan Berkalsium

Susu

Nah, daripada makanan yang manis-manis tadi. Kamu lebih disarankan untuk memilih jenis makanan yang berkalsium tinggi. Karena selain bermanfaat untuk tubuh, dipercaya juga dapat membantu meredakan nyeri ketika datang bulan dan dipercaya pula meningkatkan moodmu.

Untuk itu cobalah kamu perbanyak untuk makan, sayur-sayuran seperti brokoli, bayam, lobak mengandung kalsium tinggi. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat mengkonsumsi susu, yoghurt, dan keju. Jenis makanan ini akan menggantikan kalsium yang terkuras sewaktu haid.

Untuk Sementara, Jauhi Makanan Tinggi Garam

Garam
Garam

Kamu tahu nggak? Kadar garam yang tinggi akan menaikkan rasa kram serta memperparah rasa sakit tiap kali kamu haid. Jadi buat kamu yang doyan asin, sebaiknya berhenti dulu deh. Kamu juga sangat tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan cepat saji yang mungkin biasa kamu makan.

Karena biasanya, deretan makanan tersebut mengandung micin yang tinggi. Gantilah makananmu dengan menu yang tadi sudah disebutkan diatas dan imbangi dengan beberapa jenis buah-buahan.

Jangan Terlalu Diporsir, Istirahatlah Yang Cukup Selepas Bekerja

Tidur
Tidur

Coba bayangkan, kamu sedang kehilangan banyak darah dari tubuhmu, yang berarti juga menguras tenagamu. Akan semakin parah, jika ternyata kamu bekerja dan memporsir tenaga terlalu keras. Demi mengembalikan kekuatan yang hilang, buatlah diri tenang dan beristirahatlah yang cukup.

Jangan Sampai Kamu Stres, Berusahalah Untuk Rileks

Nyeri Haid
Nyeri Hadi

Agar tubuhmu tak semakin lelah ketika sedang haid, cobalah mengurangi hal-hal atau aktivitas yang bisa memicumu untuk stres. Bekerja lembur, mengangkat beban, atau berolahraga terlalu keras.

Sementara waktu, kerjakan apa yang bisa kamu lakukan dan perbanyak kegiatan yang bisa mendatangkan ketenangan. Sehingga kamu tak stres dan tak juga lelah.

Dan Jangan Dulu Melakukan Aktivitas-Aktivitas Berat

Nyeri Haid
Nyeri Haid

Bukan hanya perkara makanan yang masuk ke dalam tubuh saja, kamu juga perlu untuk menjaga aktivitas tubuh dan pikiranmu. Tekanan dalam pikiran atas hal-hal berat dipercaya akan membuat emosimu mudah meningkat.

Untuk itu, jika memang sedang ada waktu luang, carilah suasana yang tenang. Membaca buku kesukaan sembari mendengarkan musik atau menonton film yang tak mengharuskanmu berpikir keras. Kamu juga disarankan untuk berolahraga, dengan catatan bukan olahraga dengan gerakan yang berat ya.[]

Sumber: RUANGPEREMPUAN

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!