6 Makanan Ini Jangan Dipanaskan Lagi Setelah Dimasak, Bahaya untuk Kesehatan!

Kebiasaan memanaskan kembali makanan yang dibuat sering kita lakukan. Salah satu alasannya adalah makanan lebih nikmat jika dikonsumsi saat masih panas. Tapi tahukah girls, tak semua masakan yang sudah dimasak tetap sehat jika dipanaskan kembali?

Dari sejumlah penilitian, ada beberapa makanan yang justru mendatangkan efek negatif bagi kesehatan jika kamu mengonsumsinya setelah dipanaskan. Berikut makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali setelah dimasak. Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Kentang goreng

Kentang Goreng
Kentang Goreng

Selain nasi, kentang juga menjadi menu favorit masyarakat sebagai makanan pokok. Tetapi tentu saja kamu akan lebih cepat merasa kenyang mengonsumsi nasi dibandingkan kentang.

Belum lagi minyak dari kentang goreng akan menyebabkan kamu bisa mengalami kenaikan berat badan dan kandungan garam yang terdapat kentang goreng bisa memicu hipertensi.

Kentang goreng juga bisa dijadikan cemilan disaat kamu bersantai sambil menonton TV atau membaca komik. Namun, ternyata kentang goreng tidak baik jika dipanaskan kembali sebab akan berdampak negatif bagi kesehatan karena akan menimbulkan bakteri C.botulinum dan tubuh akan terjangkit penyakit botulism yang memiliki gejala pandangan tiba-tiba kabur, sulit bicara dan tubuh lemah.

Selain itu jangan membiarkan kentang dalam suhu ruang terlalu lama akan menyebabkan kentang menghasilkan racun dan tentu saja saat kamu mengonsumsinya akan menyebabkan kamu keracunan makanan.

 

2. Bayam

Sayur Bayam
Sayur bening bayam campur jagung

Sayur bayam merupakan salah satu sayuran yang populer di kalangan masyarat. Bayam dapat diolah menjadi menu masakan apa saja misalnya, bening sayur bayam yang ditambahkan jagung.

Tak hanya bayam, memasak sayur sebaiknya jangan terlalu banyak. Lebih baik jika kamu memasak sayur yang sekali makan langsung habis.

Cara ini memang terkesan merepotkan, tapi justru itulah yang menyehatkan tubuh. Jangan masak sayur terlalu banyak dan kamu sisakan untuk jam makan berikutnya dan terkadang kamu harus memanaskannya kembali.

Hal ini tentu saja tidak baik untuk kesehatan, sebab pada sayur bayam terkandung zat gizi berupa nitrat. Saat sayur bayam dipanaskan kembali akan menyebabkan zat gizi nitrat berubah menjadi nitrit dan timbulnya senyawa lain yang mengandung karsinogen yang bisa menjadi pemicu terjadinya kanker.

 

3. Daging ayam

Daging Ayam
Daging Ayam

Makanan penghasil protein hewani ini pasti sudah sangat familiar ditelinga, bahkan hampir kebanyakan orang suka mengonsumsi daging ayam.

Terkadang saat memasak ayam kamu akan memilih untuk menyimpannya sehingga bisa dikonsumsi besok paginya atau pada jam makan berikutnya.

Karena banyak yang suka mengonsumsi makanan yang masih panas, tentu saja kamu akan memilih untuk memanaskannya terlebih dahulu agar kamu mengonsumsinya, namun tahukah kamu justru ayam juga termasuk makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali sebab saat ayam disimpan di lemari pendingin, tentu saja komponen nutrisi pada ayam berubah termasuk kandungan protein.

Sehingga jika dipanaskan kembali dan dikonsumsi setelah dipanaskan akan menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Jika memang harus dipanaskan lebih baik menggunakan microwave.

4. Nasi

Nasi
Nasi

Nasi adalah salah satu makanan pokok masyarakat di Indonesia. Nasi bisa diolah menjadi berbagai menu masakan yang sangat lezat diantaranya, nasi goreng dan menu masakan lainnya yang cocok dikonsumsi saat sarapan pagi.

Terkadang saat mati lampu nasipun menjadi dingin dan kamu memanaskan nasi sebab nasi akan terasa lebih enak jika dikonsumsi saat panas. Justru memanaskan nasi kembali berbahaya bagi kesehatan girls.

Saat nasi berada pada suhu ruang akan terjadi perkembangbiakan spora dan memproduksi racun serta munculnya bakteri bacillus cereus sehingga jika dikonsumsi bisa menyebabkan diare, mual dan muntah-muntah.

Apalagi jika kamu yang mudah terserang sakit karena memiliki sistem imun (kekebalan tubuh) yang rendah akan cepat terjadinya reaksi tersebut jika kamu mengonsumsinya.

 

5. Jamur

Jamur
Jamur

Jamur juga termasuk kedalam kategori makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi setelah melewat proses pemananasan lebih dari satu kali.

Sama seperti sayuran bayam, jamur lebih baik dimasak untuk langsung makan atau sekali habis. Dan tidak disarankan untuk disisakan dan dikonsumsi setelah dipanaskan kembali.

Sebab, saat kamu memanaskan kembali jamur akan menyebabkan zat gizi jamur berupa protein akan berubah menjadi senyawa yang mampu merusak kesehatan tubuh.

6. Telur

Telur Rebus
Telur Rebus

Telur juga termasuk kedalam makanan yang kaya akan protein hewaninya. Telur juga banyak menjadi favorit masyarakat indonesia. Ternyata telur juga termasuk makanan yang tidak dikonsumsi jika sudah dipanaskan lebih dari satu kali.

Saat kamu memanaskan kembali telur, akan terjadi perubahan dengan dihasilkannya racun dan bakteri yang menyebabkan kamu mengalami masalah kesehatan dan penyakit kronis seperti penyakit jantung.

Akan lebih baik jika jamu yang kamu masak bersisa simpanlah di dalam kulkas dan dimakan kembali dengan keadaan dingin.

 

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!