Kasus Makar Firza Husein Ditangani Yusril Ihza Mahendra

Jakarta, Widiynews.com – Menjelang Pilpres 2019, kasus hukum makar kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali ramai diperbincangkan. Salah satunya adalah kasus Firza Husein. Firza mengaku telah meminta Yusril Ihza Mahendra untuk menangani upaya SP3 (surat penghentian penyidikan perkara) atas kasusnya.

“Saya dan keluarga sudah sepakat menyerahkan dan mempercayakan untuk SP3 tersebut kepada Pak Yusril Ihza Mahendra. Ibu saya itu, satu partai dengan Pak Yusril, kami mempunyai hubungan emosional,” ujar Firza Husein di Jakarta, Minggu (31/3/2019)

“Untuk itulah, Pak Yusril yang kini mengurus. Karena, saya ingin memperjelas status hukum saya, yang telah cukup lama tidak ada perkembangan yang signifikan,” kata Firza lagi. Perempuan itu kembali menjadi pembicaraan ketika status kejelasan hukum dipertanyakan, di mana Firza telah resmi dinaikkan dari saksi menjadi tersangka dan diduga menjadi motor rencana makar.

Firza Husein diduga berperan sebagai pengumpul dana makar. Sebelum aksi damai 212, Firza memang menginap di Hotel Sari Pan Pacific, bersama sejumlah aktivis yang disebut akan melakukan makar. Saat itu, Firza tidak tahu kalau memang mau ada rencana makar.

Polisi mengumumkan adanya dugaan pemufakatan jahat untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Jokowi pada 2 Desember 2016. Kala itu aparat Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya mengamankan 11 orang, termasuk Firza yang berkonotasi dengan keluarga Soeharto, yakni kata ‘cendana’.

Ramai di media sosial, Firza Husein diam-diam menarik atau mencabut kuasa hukumnya dari Aziz Yanuar, yang juga pengacara FPI, untuk kasus makar dirinya. Ketua Yayasan Solidaritas Sahabat Cendana itu kabarnya mengalihkan atau pindah kuasa hukum lain.

Yusril belum bisa dikonfirmasi perihal perkembangan kasus Firza yang kabarnya dialihkan atau menjadi klien dirinya. Kabar yang beredar di kalangan wartawan, Yusril memiliki alibi yang kuat bahwa Firza tak terlibat makar atau secara materi kasusnya layak mendapatkan SP3.[]

Sumber: BERITASATU

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More