Jerawat Terasa Gatal? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

SAAT mengalami jerawat, apa yang biasa dirasakan? Umumnya, masalah kulit yang satu ini menimbulkan sensasi panas dan sakit yang cukup mengganggu. Lalu, apa ada di antara kamu yang pernah mengalami jerawat yang terasa gatal?

Ini juga tentu tak kalah mengganggunya. Bayangkan, mengalami rasa sakit sekaligus gatal yang harus ditahan karena kamu tidak boleh menggaruk atau bahkan menyentuh jerawat!

Hm, kira-kira ada solusinya nggak ya?Jawabannya, tentu ada! Namun, sebelum memilih solusi yang tepat untuk kulit kamu, ada baiknya jika kamu tahu dulu faktor-faktor yang menyebabkan jerawat terasa gatal. Berikut ini adalah beberapa penyebab dan solusi dari jerawat yang gatal.

Penyebab jerawat terasa gatal

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan jerawat terasa gatal. Namun, salah satu penyebab yang paling umum adalah keringnya sel kulit akibat pori-pori yang tersumbat dan menyempit. Saat kulit menjadi kering, timbulnya rasa gatal adalah hal yang wajar. Selain karena kulit yang kering, masih ada penyebab jerawat terasa gatal lainnya, yaitu:

Tanda jerawat akan sembuh

Gatal dapat menjadi ciri jerawat yang mau sembuh. Proses penyembuhan pada jerawat akan melibatkan eksfoliasi secara alami untuk membuka lapisan kulit yang baru. Nah, proses eksfoliasi inilah yang menimbulkan sensasi gatal pada jerawat.

Reaksi kulit terhadap kandungan obat jerawat

Coba cek obat jerawat yang kamu gunakan, apakah memiliki kandungan benzoyl peroxide di dalamnya? Kalau iya, kandungan tersebut dapat menjadi pemicu jerawat terasa gatal. Hal ini merupakan sebuah efek samping yang alami sehingga tidak perlu khawatir.

Panas

Suhu udara yang tinggi, paparan sinar UV, dan keringat juga dapat menjadi penyebab jerawat terasa gatal.

Cara mengatasi jerawat yang terasa gatal

Meskipun mengalami rasa gatal yang terasa mengganggu, sebaiknya kamu menahan diri untuk tidak menggaruknya. Jerawat yang digaruk bisa menyebabkan bekas luka permanen, infeksi, atau kondisi jerawat yang semakin parah. Lebih baik, redakan rasa gatal pada jerawat dengan cara berikut:

Hindari kebiasaan menyentuh jerawat karena berpotensi membawa bakteri penyebab gatal. Jaga kelembapan kulit dengan selalu menggunakan pelembap yang memiliki tekstur ringan di kulit, serta gunakan sabun pembersih wajah yang lembut.

Hindari berada di lingkungan yang panas dan lindungi wajah kamu dari paparan sinar matahari terlalu lama. Jika jerawat pecah, segera bersihkan wajah menggunakan sabun yang lembut guna mencegah penyebaran bakteri jerawat. Aplikasikan lotion pereda gatal pada jerawat yang tertutup dan berada di bawah kulit[]

Sumber: FIMELA

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!