6 Makanan Ini Ternyata Bagus untuk Kesehatan Otak Loh, Mana Favoritmu?

Memiliki otak yang sehat pasti keinginan semua orang sebab otak merupakan organ tubuh yang sangat penting. Otaklah sebagai kendali dari semua kegiatan manusia.

Untuk mewujudkan memiliki otak yang sehat dan cerdas kamu bisa mengonsumsi makanan yang berikut ini.

1. Ikan

Ikan salmon
Ikan salmon. Sumber gambar: breakingnews.id

Makanan yang satu ini pasti sudah banyak diketahui orang. Sebaiknya mengonsumsi ikan yang tinggi akan kandungan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 berperan penting bagi untuk membangun sel otak dan saraf, mampu meningkatkan kemampuan daya ingat.

Oleh karena itu rajinlah mengonsumsi ikan. Contoh ikan yang tinggi kandungan omega 3 yaitu ikan salmon, tuna, mackerel dan ikan sarden.

Sekitar 60% dari otak mengandung lemak dan setengahnya itu membutuhkan omega 3. Selain untuk kesehatan otak, asam lemak omega 3 juga berperan penting untuk kesehatan otak. DHA dan EPA yang terkandung didalam ikan juga berperan dalam memaksimalkan fungsi neuron, kemampuan daya ingat, mengontrol stres yang kamu alami dan mengubah mood kamu menjadi baik.

BACA: Dianggap Suka Ngintip, Ini Fakta dan Cara Mengatasi Mata Bintitan!

2. Brokoli

Brokoli 
Brokoli

Sayuran yang satu ini sangat bagus kamu konsumsi untuk kesehatan otak. Brokoli kaya akan vitamin K yang memiliki peranan penting dalam membentuk lemak padat dalam sel otak, meningkatkan kemampuan daya ingat.

Selain vitamin K, brokoli mengandung senyawa alami berupa glucosinolates yang berperan dalam melindungi otak dari kemungkinan terjadinya kerusakan otak dan kemampuan berpikir otak menjadi tajam.

Mengonsumsi sayuran ini juga berfungsi untuk menghambat terjadinya penurunan fungsi kognitif dari otak. Selain vitamin K brokoli juga kaya akan kandungan vitamin A, folat, lutein dan serat, nutrisi tersebut tentu saja sangat bagus untuk kesehatan.

Kandungan folat yang terdapat pada brokoli juga berperan dalam melindungi otak, memecah konsentrasi homosistein (yang bisa memicu terjadinya kematian sel saraf otak)

3.Biji labu

Biji labu
Biji labu

Biji labu bisa diolah menjadi kuaci. Kuaci ini sangat cocok untuk dijadikan cemilan selain tidak membuat berat badan meningkat tetapi juga memberikan kesehatan pada otak. Biji labu mengandung mineral berupa zink yang memiliki peranan penting untuk meningkatkan kemampuan daya ingat dan berpikiran tajam dan kreatif.

Loading...

Selain zink, biji labu juga mengandung mineral berupa magnesium yang berperan dalam menghilangkan stres yang kamu alami. Kandungan vitamin B dan triptofan yang terdapat didalam biji labu juga berperan dalam merangsang senyawa serotonin, senyawa inilah yang berperan untuk mempengaruhi suasana hati.

Biji labu juga bagus dalam melawan radikal benas yang terdapat didalam tubuh sebab mengandung antioksidan.

4. Alpukat

Alpukat
Alpukat

Kandungan vitamin E yang terdapat didalam alpukat berperan penting dalam mencegah terjadinya penyakit alzheimer. Kandungan lemak tak jenuh yang terdapat didalam alpukat ini membuat aliran darah lancar bahkan sampai ke otak.

Selain kesehatan otak, mengonsumsi juga membuat tekanan darah kamu tetap normal dengan begitu kesehatan otak juga akan meningkat sebab tidak terjadinya peningkatan tekanan dalam darah.

Tapi batasilah mengonsumsi alpukat seperti mengonsumsin1/2 alpukat setiap hari karna alpukat tinggi akan kamdungan kalori yang berpengaruh terhadap peningkatan berat badan tubuh. 

5. Telur

Telur 
Telur

Mengonsumsi telur sangat bagus untuk kesehatan otak, sebab telur mengandung vitamin B terutama vitamin B12, vitamin B6 dan asam folat. Vitamin B inilah yang berperan dalam mengurangi senyawa homocysteine dalam darah.

Senyawa homocycteine ini menyebabkan meningkatnya resiko terjadinya stroke, gangguan kognitif dan bahkan penyakit alzheimer (BACA: Ini Dia Profesi yang Bisa Mengurangi Risiko Alzheimer).

Selain vitamin B, telur mengandung kolin yang berperan untuk menajamkan daya ingatan kamu. Terutama kamu mengonsumsi kuning telur yang mengandung protein untuk pertumbuhan otak.

6. Coklat hitam

Coklat hitam
Coklat hitam

Kandungan kakao pada coklat hitam menghasilkan sumber flavonoid yang merupakan sejenis antioksidan.

Antioksidan ini berperan dalam melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan otak terutama kamu yang mudah mengalami stres, menunjang pertumbuhan neuron otak dan pembuluh darah yang terdapat di otak sehingga resiko terkena penyakit stroke bisa diatasi sebab aktifitas aliran darah ke otak lancar.

Mengonsumsi coklat hitam juga berperan dalam menjaga mood tetap stabil.

BACA: Sembelit Saat Puasa Ramadhan? Ini Dia Tips dan Cara Mencegahnya

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!