Tak Hanya Kurang Tidur, 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Masalah Mata Panda

SIAPA yang tidak pernah berurusan dengan mata panda? Ya, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya mata panda, seperti kurang tidur.

Sayangnya, mata panda tidak selalu disebabkan karena tubuh lelah atau kurang tidur. Dilansir dari huffpost.com, Kamis (4/4/2019), berikut ini adalah beberapa alasan munculnya mata panda.

1. Genetika

Beberapa orang memiliki pigmentasi lebih gelap pada kulit di bawah mata mereka, mengarah pada mata panda. Hal ini seringkali disebabkan oleh faktor keturunan atau genetika.

2. Kondisi kulit meradang, seperti psoriasis atau eksim

Orang-orang dengan kondisi kulit meradang, seperti psoriasis atau eksim juga akan memiliki mata panda. Kamu dengan kulit yang lebih terang cenderung pulih lebih cepat paska inflamasi, sedangkan orang lain dengan kulit lebih gelap cenderung menghabiskan lebih banyak waktu.

3. Terlalu sering menggosok mata

Menggosok mata secara berlebihan dapat mempengaruhi area mata. Kulit akan menjadi sedikit lebih tebal dan gelap, ini merupakan bagian dari sistem pertahanan kulit.

Selain itu, pembuluh darah di bawah kulit juga bisa rusak, menyebabkan munculnya mata panda. Intinya, mata panda terkadang memang disebabkan karena warna kulit setiap orang yang berbeda-beda.

Loading...

4. Alergi

Seseorang dengan alergi sangat mungkin memiliki mata panda. Area gelap di bawah mata terjadi karena pembuluh darah di daerah tersebut.

5. Dehidrasi

Dehidrasi juga bisa berperan menyebabkan munculnya mata panda. Kamu bisa mengatasinya dengan bahan krim mata, seperti asam hialuronat, ceramide, peptida, dan retinoid.

6. Bengkak

Bengkak di area mata bisa terjadi di usia 20, 30, hingga 50-an. Bengkak ini disebabkan oleh prolaps lemak. Selain itu, bengkak juga bisa dikaitkan dengan edema, yaitu penumpukan cairan di sekitar area mata.

7. Penipisan volume

Seiring bertambahnya usia, garis-garis di kulit wajah akan terlihat dominan. Inilah yang seringkali terlihat sebagai mata panda dan bengkak.

8. Penuaan yang umum

Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih tipis, termasuk area mata yang memang sudah tipis. Inilah yang kemudian membuat pembuluh darah menjadi lebih terlihat, menyebabkan munculnya tampilan mata panda.[]

Sumber: FIMALE

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!