Segera Move On, Awas Putus Cinta Bisa Sebabkan 6 Masalah Kesehatan Ini!

Pasti setiap pasangan menginginkan hubungan mereka berjalan lancar dan bahkan menuju jenjang pernikahan. Disaat semua impian tersebut tidak terwujud dan putus ditengah jalan, selain membuat kamu dan mantan sakit hati dan sedih ternyata putus cinta bisa menyebabkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Seperti sedih berkepanjangan akan menyebabkan kamu sering mengalami sakit kepala dan bahkan tidak bersemangat untuk beraktivitas dan membuat kamu malas makan sebab tidak nafsu makan.

Berikut beberapa gangguan kesehatan yang dapat diakibatkan oleh putus cinta.

1. Masalah Sistem Pencernaan

Nyeri Haid
Nyeri Haid

Saat mengalami gagal hubungan percintaan akan membuat kamu galau berkepanjangan, jika dibiarkan akan membuat kamu mengalami stres dan yang lebih parah lagi bisa mengakibatkan depresi.

Saat psikologi tubuh terganggu proses pencernaan akan mengalami gangguan pula, biasanya proses pencernaan kamu melambat atau bahkan berhenti, karena energi tubuh lebih fokus untuk menyembuhkan psikologi dan mental kamu.

Oleh karena itu, kamu sering mengalami berbagai masalah kesehatan perut, seperti perut kembung dan tidak nyaman jika terlalu lama galau. Lebih baik kamu kontrol psikologis kamu, bersedih tentu saja boleh tapi jangan terlalu menyiksa diri kamu sendiri.

2. Kelaparan

Saat putus cinta sudah hal yang biasa kamu mengalami sedih, galau berkepanjangan apalagi kamu dan pasangan sudah menjalin hubungan sejak lama.

Sehingga secara tidak langsung kamu memberikan sugesti kepada otak kamu untuk tidak ingin melakukan aktivitas seperti biasa, kamu mengalami kesedihan berlarut larut sehingga kamu tidak ada keinginan untuk makan, walaupun kamu lapar dan mencoba untuk makan tiba-tiba kamu kehilangan nafsu makan dan tidak ada keinginan untuk makan, jika lama lama dibiarkan tentu saja kamu akan mengalami kelaparan dan bisa memicu terjadinya penyakit maag.

BACA: Jangan Anggap Remeh! Maag Kronis Ternyaata Bisa Sebabkan Kematian

3. Sulit Mendapatkan Tidur Berkualitas

Cukup tidur
Muslimah Tidur

Putus cinta juga mempengaruhi waktu tidur kamu, kamu akan selalu teringat mantan, rasa menyesal telah berkahirnya hubungan kamu dan kesedihan kamu, sehingga kamu akan sulit untuk tidur dimalam hari.

Tentu saja itu membahayakan kesehatanmu. Saat kamu kurang tidur sudah pasti tubuh kamu akan mengalami kelelahan apalagi tidur kamu tidak nyaman dan berkualitas akan lebih membuat kamu lelah dan jika dibiarkan kamu bisa pingsan tiba-tiba dan jatuh sakit.

BACA: Jangan Sepelekan, Ini 8 Efek Samping Jika Kamu Kurang Tidur

4. Berbagai Masalah Kesehatan Kulit

Perawatan Wajah Muslimah
Ilustrasi Muslimah Perawatan Wajah

Saat kamu mengalami broken heart alias putus cinta sudah pasti kamu sedih bahkan mungkin ada yang menangis semalaman, sehingga besoknya mata bengkak dan wajah kamu sembab.

Kamu tak lagi memperhatikan kesehatan kulitmu, terutama area wajah. Stres karena putus cinta akan menyebabkan timbulnya jerawat di wajah dan kadang timbul flek hitam di wajah sehingga kulit wajah kamu kusam dan pucat.

Kadang-kadang kamu juga malas mandi tentu saja akan membuat kamu lebih dekil dan tidak terurus. Karena kamu lebih fokus kepada kegalauan hati kamu.

BACA: 5 Warna Cat Dinding Ini Bisa Jadi Obat Stres, Mana Warna Favoritmu?

5. Sakit Kepala Tak Tertahankan

Muslimah Sakit Kepala
Ilustrasi Muslimah Sakit Kepala

Hal yang paling sering terjadi saat kamu putus cinta, kamu mengalami sakit kepala dan pusing. Perasaan sedih akan kandasnya cintamu bisa menyebabkan terjadinya peningkatkan hormon stres sehingga kamu akan mengalami stres berkepanjangan dan terjadinya tekanan terhadap diri kamu yang bisa memicu naiknya tekanan darah kamu.

Hal ini jika dibiarkan akan mengakibatkan hipertensi mendadak. Jika sudah seperti itu otomatis kamu akan mengalami sakit kepala dan pusing bahkan membuat pandangan mata kamu tiba-tiba kabur.

6. Perubahan Berat Badan

Timbangan Berat Badan
Timbangan Berat Badan

Saat seseorang mengalami sedih dan stres saat putus cinta, bentuk pelampiasan stres setiap orang berbeda, ada yang saat mereka mengalami stres, nafsu makan akan hilang sehingga kamu tidak ada keinginan untuk makan dan mengakibatkan kamu mengalami penurunan berat badan (Baca: Cara Menghitung Berat Badan Ideal Menggunakan Kalkulator BMI Online).

Tapi ada juga saat mereka mengalami stres justru nafsu makan mereka meningkat sehingga membuat mereka selalu ingin makan apa saja sebagai bentuk pelampiasan perasaan mereka, bahkan beberapa orang kesulitan mengontrol nafsu makannya sehingga tanpa mereka sadari berat badan dan bentuk tubuhnya sudah berbeda.

So, pastinya kalian tidak ingin mengalami hal demikian kan girls. Patah hati boleh saja, tapi masak iya harus dibiarkan berlarut-larut sih. Ibarat pepatah, yang pergi biarkan pergi, lebih baik fokus memperbaiki diri dan memantaskan diri untuk sosok yang terbaik yang bakal mendampingimu di masa depan.

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More