5 Hal yang Dianggap Sepele Ini Ternyata Bisa Merusak Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Penting sekali menjaga kesehatan mata bagaimanapun caranya. Dan girls, kalian juga berharap memiliki mata indah dan sehat sehingga dapat melihat dengan jelas tanpa bantuan lensa.

Faktanya, banyak hal yang kamu sadari atau tidak kamu sadari melakukannya justru malahan membuat mata menjadi rusak dan bahkan sampai mengalami kebutaan.

Berikut beberapa hal yang sering kali dianggap sepele namun dapat merusak kesehatan mata kalian girls. Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Menggosok Mata Terlalu Keras

Menggosok Mata Terlalu Keras
Menggosok Mata Terlalu Keras

Saat mata kamu kemasukan benda asing dengan refleks kamu akan mengedipkan mata kamu beberapa kali, namun jika mata masih perih saat dibuka kamu pasti langsung menggosok mata kamu dengan tangan dan terkadang saat menggosok mata dengan tekanan yang keras sebab mata kamu merasa risih dan gatal.

Menggosok mata terlalu keras menyebabkan mata menjadi rusak, sebab saat tangan kamu menyentuh mata kamu belum bisa memastikan apakah tangan kamu bersih dari kuman dan bakteri lain sehingga mata kamu bisa mengalami infeksi.

Saat menggosok terlalu keras juga menyebabkan pembuluh darah disekitar mata bisa pecah dan menyebkan terjadinya peradangan. Selain itu, mata kamu bisa tergores atau terluka dan terjadinya kerusakan pada kornea mata. Berbahaya bukan jika kornea mata mengalami kerusakan?

2. Terlalu Lama Bermain Hp dan Bermain Ditempat Gelap

Zaman sekarang tidak cuma anak-anak bahkan orang dewasa pun susah untuk lepas dari gadget, yang dulunya hp sekedar kebutuhan tersier tapi saat ini sudah banyak yang beranggapan hp kebutuhan primer.

Kamu pasti lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain hp. Tapi terlalu lama menatap layar hp tidak baik juga untuk kesehatan mata girls. Sebab mata akan mengalami kelelahan dan pastinya mata cepat kering serta sering kemerahan.

Selain itu saat kamu fokus menatap layar hp akan membuat mata menjadi tegang dan saat menatap objek jauh akan sakit kepala serta leher dan punggung juga akan mengalami sakit.

Disarankan saat kamu bermain gadget sekali 20 menit kamu menatap objek jauh sehingga mata kamu tidak hanya fokus pada satu titik saja yaitu hp dan pastinya membantu kamu terhindat dari sakit kepala karena terlalu lama menatap layar hp.

Kamu juga harus menghentikan kebiasaan bermain hp di tempat yang gelap dan kurang cahaya misalnya saat akan tidur dengan suasana kamar sudah dimatikan lampunya kamu bermain gadget kamu beralasan biar cepat ngantuk, justru itu juga berbahaya untuk kesehatan mata.

3. Kurang tidur

Ilustrasi mata kurang tidur atau kelelahan

Kurang tidur hampir dialami semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa.  Kurang tidur selain membuat tubuh terasa lelah di esok hari, ternyata kurang tidur juga berpengaruh terhadap kesehatan mata.

Sebab selalu kurang tidur mata kamu menjadi lelah dan lama kelamaan berair, kadang-kadang kering, perih saat dikedipkan dan berwarna kemerahan, akhirnya pandangan kamu menjadi kabur.

Oleh karena itu, aturlah waktu tidur kamu lebih cepat dengan begitu kamu akan terbiasa untuk tidur cepat, jangan sampai kamu membuat mata kamu menjadi kelelahan. Selain itu kamu hanya akan membuat mata kamu dikelilingi lingkaran hitam atau mata panda dan wajah kamu sembab di pagi harinya.

4. Malas mengonsumsi buah dan sayur

Sayuran banyak dihindari sebagian orang karena anggapan sayuran tidak enak dan hambar saat dikonsumsi. Oleh karena itu mereka lebih memilih mengonsumsi makanan yang lebih berasa dan enak.

Justru buah dan sayuran lah yang memiliki kandungan gizi yang membuat kesehatah tubuh sehat termasuk kesehatan mata. Terutama pada sayuran dan buah yang kaya akan kandungan vitamin A yang sangat berperan dalam menyehatkan mata dan menajamkan mata dan memfokuskan mata dalam melihat suatu objek.

Selain itu serat yang tinggi pada buah dan sayuran juga berperan dalam mengatasi sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

5. Kurang minum air putih

Rutin minum air putih
Air putih

Minum air putih memang sangat penting kesehatan tubuh, selain terhindar dari dehidrasi tetapi juga bagus untuk menjaga kesehatan mata sehingga mata tidak mengalami kekeringan girls.

Mata mampu memproduksi air untuk memberikan kelembapan pada mata tapi jika tidak diimbangi dengan rajin mengonsumsi air putih, akan membuat mata bengkak, merah dan kering. Tidak ingin bukan hal tersebut menimpa kamu.

Nah, demikian hal sederhan yang sering kali kita anggap sepele namun ternyata dapat berpengaruh terhadap kesehatan mata. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!