Dianggap Suka Ngintip, Ini Fakta dan Cara Mengatasi Mata Bintitan!

BENJOLAN kecil pada kelopak mata, atau dikenal dengan sebutan bintitan, merupakan salah satu jenis penyakit mata. Bukan karena suka mengintip, tapi tersebab infeksi akibat penyumbatan pada salah satu kelenjar kecil yang memproduksi air mata.

“Di lapisan kelopak mata kita ada kelenjar-kelenjar yang memproduksi air mata dan ada muaranya berbentuk lubang kecil-kecil. Kadang kala lubang itu tersumbat, entah karena debu atau kebiasaan menggosok mata. Jadi penyebabnya karena kurang higienis, bukan karena mengintip,” ujar dr.Yunia Irawati, Sp.M (K), dokter mata dari RS Jakarta Eye Center, dinukil dari Kompas.com.

“Tanda terjadinya peradangan antara lain ada bengkak atau benjolan, agak panas, warnanya agak merah, dan gangguan fungsi pada mata, misalnya mata terasa berat,” tambah dr. Yunia.

Meski terdapat benjolan pada kelopak mata, umumnya bintitan tidak menyebabkan masalah penglihatan. Infeksi yang disebabkan oleh bakteri stafilokokus ini bisa sembuh dengan sendirinya.

Menurut Yunia, sekitar 80 persen kasus bintitan tidak memerlukan tindakan apa-apa. Namun, tetap ada 20 persen kasus yang memerlukan tindakan dokter, terutama bila sudah mengeras dan terjadi peradangan kronis.

Kondisi ini memang dapat menular, sebab hampir semua orang punya bakteri penyebab bintitan dalam tubuh mereka. Infeksi ini juga bisa terjadi pada siapa saja tanpa kenal usia, juga bisa terjadi berulang. Sehingga bagi yang sudah pernah mengalaminya, harus lebih menjaga kebersihan mata.

Dalam dunia medis, bintitan disebut hordeolum, bisa terlihat di permukaan, bisa juga muncul di dalam kelopak mata. Penyebab bintitan adalah bakteri stafilokokus, yang sering hidup tepat di permukaan kulit.

Kondisi ini tentu bisa dicegah, dengan cara yang bisa dipraktikkan sehari-hari. Misal dengan tidak menggosok mata, hanya menyentuh mata bila sudah cuci tangan terlebih dahulu, melindungi mata dari debu dan polusi udara. Satu lagi, kenakan kacamata saat berada di luar ruangan.

Bagi yang punya kebiasaan merias mata, terutama maskara, ganti setidaknya setiap enam bulan sekali. Pasalnya, bakteri bisa tumbuh dalam riasan.

Cara mengatasi mata bintitan

Loading...

Bila Anda mengalami bintitan, selalu jaga mata dan tangan agar tetap bersih. Jangan berbagi sarung bantal, seprai, lap handuk atau handuk dengan orang lain.

Kompres hangat adalah cara paling efektif untuk merawat bintitan, karena kehangatan dapat membantu melarutkan nanah dan minyak sehingga benjolan bisa mengering secara alami.

Ambil lap bersih dan celupkan di air hangat, kemudian letakkan perlahan di atas mata sekitar lima sampai 10 menit. Lakukan kompres tiga sampai empat kali setiap hari.

Selain kompres menggunakan kain, Anda bisa coba memanfaatkan kantung teh hitam hangat. Teh akan membantu mengurangi pembengkakan dan memiliki beberapa sifat antibakteri. Letakkan kantung teh di atas mata sekitar 5 sampai 10 menit. Gunakan kantung teh berbeda untuk setiap mata.

Untuk menjaga mata selalu dalam keadaan bersih, bisa menyeka mata dengan kapas, sampo bayi, dan air hangat. Anda bisa melakukan ini setiap hari sampai benjolan hilang. Pilihan lainnya adalah menggunakan larutan garam.

Bila mata terasa sakit, minum obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau acetaminophen dapat membantu. Ikuti petunjuk pada kemasan untuk memastikan dosisnya benar.

Hindari penggunaan riasan dan lensa kontak. Ini karena keduanya bisa mengiritasi mata dan memperlambat proses penyembuhan. Anda juga bisa mentransfer bakteri ke kosmetik dan alat, lalu menyebarkannya ke mata Anda yang lain.

Jika memakai lensa kontak, ganti dengan kacamata sementara sampai bintitan Anda sembuh. Bakteri dari bintitan bisa masuk ke kontak lensa dan menyebarkan infeksi.

Penting untuk tidak mencoba untuk memecahkan, meremas, atau menyentuh benjolan tersebut, seberapa pun diri Anda tergoda untuk melakukannya.[]

Sumber: BERITAGAR

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!