Ini Dia 7 Fadhilah 10 Hari Pertama di Bulan Ramadhan

10 hari pertama dalam bulan Ramadhan biasanya adalah masa tersulit dimana kita menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru yakni tidak makan dan minum disiang hari.

Meskipun demikian sepuluh hari pertama juga merupakan hari-hari dimana sebagian umat islam berbondong-bondong dan dengan semangat melaksanakan ibadah khususnya ibadah shalat tarawih di masjid.

Sebagaimana kita ketahui bahwa pada sepuluh hari pertama ramadhan, Allah memberikan rahmat kepada seluruh umatnya. Semua pintu rahmat atau berkat Allah dibuka dan sebagai umat muslim yang beriman tentunya kita tidak boleh melewatkannya.

Rahmat Allah SWT adalah berkah kasih sayang allah kepada makhluknya dan dengan rahmatnya inilah kita bisa terus hidup dan melaksanakan ibadah yang dipersiapkan untuk kehidupan di akhirat. Jangan sampai kita termasuk dalam golongan orang yang lalai dan melewatkan sepuluh hari pertama ramadhan dengan sia-sia.

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan

Pada sepuluh hari pertama ramadhan ini umat islam sebaiknya memperbanyak ibadah dan menjaga diri dari hawa nafsu yang dapat membatalkan puasa. Umat islam yang dengan sengaja dan melalaikan ibadah pada sepuluh hari pertama ini akan sangat merugi. Lalu bagaimanakah cara agar kita dapat meraih rahmat Allah SWT pada sepuluh hari pertama ramadhan? Simak penjelasan berikut ini mengenai Fadhilah Puasa Ramadhan 10 Hari Pertama:

1. Perbanyak ibadah sunnah

Agar mendapatkan rahmat Allah SWT tidak ada salahnya kita memperbanyak ibadah di bulan ramadhan meskipun jika kita sibuk bekerja. Ibadah sunnah yang bisa kita lakukan diantaranya adalah shalat sunnah misalnya shalat dhuha maupun shalat sunnah rawatib baik sebelum mapupun sesudah shalat fardu.

2. Rajinlah membaca Alqur’an

Ramadhan adalah bulan dimana Alqur’an pertama kali diturunkan dan di bulan ini pahala membaca Alqur’an dilipatgandakan. Daripada kita melakukan hal yang tidak bermanfaat dan bathil selama bulan puasa maka sebaiknya jika kita memiliki waktu luang perbanyaklah membaca Alqur’an karena membaca Alqur’an bisa mendatangkan ketenangan hati dan rahmat Allah SWT.

BACA JUGA: Langkah-Langkah Menyambut Datangnya Ramadhan, Bulan Penuh Ampunan!

Loading...

3. Banyak-banyaklah berzikir

Zikir adalah mengingat Allah dan barangsiapa ingin selalu dekat denganNya maka perbanyaklah berzikir. Hati yang senantiasa berzikir akan selalu teringat pada Allah SWt dan dekat dengannya.

4. Hindari hal-hal yang bisa membatalkan puasa

Banyak hal yang bisa membatalkan puasa misalnya marah, berbohong, bergunjing dan lainnya. Agar puasa kita tidak tercemari oleh hal tersebut dan mendapatkan rahmat Allah SWT maka sebaiknya hindari hal-hal tersebut terutama mengobrol yang tidak penting saat berpuasa yang ujung-ujungnya bisa mendatangkan ghibah.

5. Shalat wajib berjamaah

Sebaiknya jangan lewatkan shalat wajib berjamaah terutama bagi kaum pria karena sebagaimana kita ketahui bahwa pria wajib hukumnya untuk shalat berjamaah. Rasullullah tidak pernah meninggalkan shalat berjamaah meskipun dalam keadaan sakit maupun cuaca yang tidak menentu.

Selepas sahur sebaiknya tunaikan shalat subuh di masjid terdekat begitu juga dengan shalat wajib yang lainnya.

6. Perbanyak Doa kepada Allah SWT

Berdoa adalah sarana komunikasi kita kepada Allah SWT dan agar kita senantiasa mendapatkan berkahnya. Umat islam diwajibkan untuk selalu berdoa dan bulan ramadhan adalah bulan istimewa dimana doa akan diijabah oleh Allah SWT.

7. Silaturahmi

Mengunjungi sanak saudara dan bersilaturahmi adalah salah satu pintu keberkahan Allah SWT. Saat bersilaturahmi kita bisa menyambung tali persaudaraan dan juga memberikan sedekah kepada sanak saudara yang membutuhkan.

Demikian fadhilah puasa ramadhan 10 hari pertama dalam bulan ramadhan dan bagaimana agar kita tidak melewatkannya. Semoga kita tidak termasuk orang yang lalai. Amin ya Rabbal Alamin.[]

Sumber: IKHTISARISLAMI

Dapatkan artikel inspirasi dan motivasi lainnya seputar agama Islam agar kita semakin dekat dengan-Nya. Jangan lupa kunjungi Widiynews setiap hari.

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More