6 Bahaya Bagi Kesehatan Sering Menggunakan High Heels

 

Menggunakan High heels atau sepatu hak tinggi merupakan salah satu sepatu yang sering dipakai oleh kaum hawa. Apalagi bagi wanita yang bekerja di suatu perusahaan pasti memakai high heels.

Banyak alasan mengapa wanita memilih sepatu jenis ini sebagai salah satu style mereka. Telihat lebih tinggi, tampil lebih menarik atau demi meningkatkan rasa percaya diri dalam berpenampilan adalah beberapa alasan pemilihan penggunaan sepatu tinggi ini.

Tapi tahukah kamu girls, terlalu sering memakai sepatu hak ini ternyata akan memberikan efek negatif bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut masalah kesehatan yang disebabkan sering memakai high heels.

1. Nyeri Lulut dan Kaki

Sepatu High Heels
Sepatu High Heels

Saat memakai sepatu hak tinggi otomatis cara kerja lutut menjadi tidak lurus seperti biasanya sebab bagian tumit kaki posisinya lebih tinggi dibandingkan dengan jari kaki sehingga pada bagian lutut terpaksa harus ditekuk.

Jika dibiarkan lama kelamaan kamu akan mengalami keadaan terganggunya otot lutut karena kerja otot lutut dipaksakan dan akan menyebabkan otot betis menjadi tegang jika sering memakai sepatu ini. Selain itu juga menyebabkan nyeri pada bagian kaki sebab berat badan ditumpu ke arah kaki lebih besar, sehingga bisa kaki sering terasa nyeri, radang, timbulnya bengkak pada kaki dan bahkan menganggu perkembangan saraf kaki serta beresiko mengalami varises.

2. Nyeri Punggung dan Pinggul

Sepatu High Heels Wanita
Sepatu High Heels Wanita

Selain berdampak buruk pada kaki, ternyata memakai high heels juga bisa mengakibatkan kamu mengalami nyeri pada bagian punggung, sebab berat badan lebih ditekankan kepada bagian depan jari sehingga tidak seimbangnya tubuh menahan berat badan, dengan begitu menyebabkan anggota tubuh terasa nyeri seperti pada bagian leher, bahu dan bahkan punggung.

Nyeri punggung juga disebabkan karena kamu akan dipaksa berjalan dan duduk dengan posisi tegap dan bagian dada dikedepankan. Selain itu, nyeri pinggul juga akan dirasakan saat kamu memakai sepatu hak tinggi sebab posisi pinggang kamu juga dipaksa maju kedepan sehingga membuat otot pinggul semakin condong keluar, karena itulah pinggul kamu sering terasa nyeri saat memakai sepatu hak tinggi.

3. Sakitnya Pergelangan Kaki

Loading...

Walaupun kamu sudah terbiasa memakai sepatu hak tinggi, pasti kadang-kadang kaki kamu mengalami keseleo secara tiba-tiba sehingga menyebabkan pergelangan kaki kamu akan sakit dan terjadinya radang di sekitar mata kaki. 

4. Benjolan di Kaki

Sepatu High Heels Wanita
Sepatu High Heels Wanita

Keseringan memakai sepatu hak tinggi bisa juga menyebabkan terbentuknya benjolan pada bagian pangkal jempol kaki. Benjolan ini juga dinamakan bunions.

Apalagi jika sepatu yang kamu kenakan juga sempit akan menyebabkan jari kaki kamu berkumpul pada area yang sempit juga bisa menyebabkan terjadinya bunions.

Tips:

Lakukan tindakan ini untuk mengobati terjadinya bunions seperti menggerakkan kaki dengan lurus kearah depan dan kebawah kira-kira 10 – 15 detik. Jika bunions sudah tergolong parah lebih baik dioperasi untuk mengangkat benjolan.

5. Tumit Kaki Lecet

Sepatu High Heels Wanita
Sepatu High Heels Wanita

Saat memakai sepatu yang tidak dilapisi kaus kaki tipis, akan membuat tumit kaki kamu menjadi lecet. Jika dibiarkan kaki tumit kaki kamu bisa berdarah, pasti akan lebih sakit jika bergesekan dengan bagian dalam sepatu.

Selain tumit kaki yang mengalami lecet, jari kaki dan kuku kamu pun juga mengalami lecet. Terlebih sepatu kamu sempit juga akan menyebabkan bagian jempol atau kelingking kaki menjadi lecet.

6. Varises

Sepatu High Heels Wanita
Sepatu High Heels Wanita

Saat kamu memakai high heels atau sepatu dengan hak berukuran tinggi sudah pasti saat kamu berjalan seperti berjinjit sehingga otot tumit dan betis menjadi tegang.

Semakin sering menggunakan high heels semakin tegang otot betis dan tumit kamu girls. Disaat otot kamu tegang otomatis pembuluh darah menjadi tertekan dan bengkak karena terjadinya penumpukan darah sehingga kamu mengalami varises pada kaki.

Sebaiknya kamu menggunakan sepatu flat saja agar terhindar dari masalah kesehatan diatas. Meski demikian, kalian tetap bisa memilih sepatu hak tinggi asalkan tidak terlalu sering.

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!