6 Tanda Aneh Ini Muncul Saat Tubuhmu Kelelahan, Kenali Bahayanya!

Kelelahan merupan bentuk negatif hasil dari semua kepadatan aktivitas yang kamu lakukan. Banyak reaksi yang muncul, mulai dari terasa penat, pegal-pegal, menguap atau sulit untuk konsentrasi sebagai sinyal bahwa kamu membutuhkan istirahat.

Memaksakan tubuh dalam kondisi lelah dapat berakibat tak baik bagi kesehatanmu jangka panjang. Kamu bisa saja mengidap penyakit bahaya seperti kanker atau jenis penyakit mematikan lainnya.

Berikut beberapa tanda tubuhmu saat mulai lelah dan membutuhkan istirahat, yuk kenali bahayanya.

1. Selalu Ingin Sesuatu Yang Manis

Gula pasir 
Ilustrasi Gula

Makanan dan minuman yang manis saat dikonsumsi memberikan efek positif bagi kesehatan mental. Biasanya kamu akan merasa happy dan bersemangat padahal awalnya kamu merasa sedih dan lelah.

Selain itu, makanan dan minuman yang memiliki sifat manis pasti mengandung glukosa yang merupakan salah satu karbohidrat. Karbohidrat berperan untuk menambah ataupun mengembalikan tenaga kamu girls.

Sebaiknya mengonsumai sesuatu yang manis seperti madu supaya tidak terjadi kenaikan berat badan. Selain itu juga bisa mengonsumsi cokelat, es krim ataupun permen, tapi kamu harus ingat jangan sampai mempengaruhi berat badan kamu dengan tidak berlebihan mengonsumsinya.

2. Berhalusinasi

Tidur
Tidur

Banyak juga orang mengalami halusinasi disaat mereka merasa sangat kelelahan. Saat tubuh sudah lelah otomatis otak tidak bekerja secara maksimal, ditambah lagi tekanan yang kamu alami akan membuat kamu sering berhalusinasi.

Apalagi kegiatan yang kamu lakukan belum tuntas, tentu saja akan menimbulkan beban bagi. Jadi wajar saja kamu berhalusinasi. Jangan terlalu sering berhalusinasi sebab juga tidak baik untuk kesehatan mental.

Tapi jangan biarkan tubuh kamu merasa sangat lelah, segeralah beristirahat atau tidur sejenak agar tubuh kembali merasa segar dan bugar sehingga tidak berdampak pada kesehatanmu dijangka panjang girls.

3. Perubahan Berat Badan

Timbangan Berat Badan
Timbangan Berat Badan

Saat tubuh mengalami kelelahan terkadang membuat kamu kehilangan nafsu makan sehingga tidak ada niat untuk makan atau minum. Bahkan melihat makanan saja tidak membuat kamu ingin mengonsumsinya sehingga kamu akan mengalami penurunan berat badan jika dibiarkan saja.

Loading...

Atau bisa jadi saat kamu kelelahan perut kamu akan cepat merasa lapar. Otomatis kamu akan sering makan untuk menutupi perut kamu yang lapar. Sebab ada juga orang yang merasakan selalu ingin mengunyah sesuatu jika mereka stres atau cemas berlebihan.

Sudah terbayang bukan penambahan yang terjadi pada berat badan kamu girls?.

4. Sakit Kepala dan Tubuh Kaku

Muslimah Sakit Kepala
Ilustrasi Muslimah Sakit Kepala

Tenaga dan energi kamu terfosir untuk seluruh aktivitas dan kegiatan yang kamu lakukan selama seharian sehingga tidak menutup kemungkinan kamu akan mengalami sakit kepala sebab energi kamu sudah habis terkuras sehingga aliran oksigen ke otak menjadi tidak lancar.

Selain sakit kepala, hampir seluruh anggota tubuh merasa kaku dan pegal-pegal seperti leher, pundak, punggung dan pinggang sebab kamu sibuk dengan akfitas dan kegiatan kamu. Oleh karena itu setiap satu jam coba lakukan gerakan yang membuat tubuh kamu sejenak merasa rileks.

5. Warna Urine

Ilustrasi Warna Urine

Tubuh yang kelelahan bisa dikenali dengan perubahan urine. Urine merupakan salah satu bentuk hasil ekresi tubub selain keringat. Urine tubuh berubah menjadi warna lebih gelap.

Warna urine seperti ini bisa jadi kamu kurang mengonsumsi air putih dikarenakan kamu terlalu sibuk untuk menyelesaikan pekerjaan.

Sebaiknya meski kalian sibuk bekerja, perbanyaklah mengonsumsi air putih agar tubuh tidak mengalami dehidrasi dan warna urine pun berubah warna seperti biasanya.

6. Emosi

Ilustrasi Emosi

Saat tubuh sudah mencapai puncak kelelahan yang sangat luar biasa lelahnya, kamu juga gampang terpancing emosi sehingga kamu akan sering marah-marah dan bahkan emosi kamu menjadi meledak-ledak.

Dalam kondisi seperti ini biasanya sulit sekali untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain sebab jika tidak sesuai dengan keinginan akan menyebabkanmu semakin emosional.

Beberapa tanda sebagai sinyak lelah juga kerap kali muncul secara tiba-tiba tanpa kamu sadari seperti rasa kantuk yang tak tertahankan, tubuh mudah sakit karena masalah sistem metabolisme yang terganggu dan masih banyak lagi selain tanda di atas.

Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting. Itu sebabnya, kamu harus cermat dalam menjaga kesehatan tubuh. Lakukan olahraga rutin, konsumsi makanan sehat, cukupi kebutuhan cairan tubuh serta tidur cukup dimalam hari merupakan langkah mudah untuk menjaga kesehatan.

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!