Musim Hujan Tiba, Yuk Waspadai 6 Jenis Penyakit Ini

Sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda-beda, kamu yang memiliki sistem imun yang rendah atau lemah akan sering sakit apalagi dengan perubahan cuaca yang tidak menentu dan perubahan musim seperti musim hujan.

Musim hujan rentan orang terserang sakit. Pada periode ini banyak sekali jenis penyakit yang sering menyerang orang Indonesia. Berikut gangguan kesehatan yanh biasa terjadi saat musim hujan.

1. Diare

Diare
Diare jenis penyakit yang rentan sekali diderita seseorang saat musim hujan

Diare adalah jenis penyakit yang rentan sekali menyerang saat musim penghujan. Bisanya, seseorang terserang diare disebabkan karena bakteri yang tinggal di lingkungan basah dan kotor, selain itu diare disebabkan karena mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak higienis.

Saat seseorang mengalami diare ditandai dengan perut terasa sakit dan mules, kadang perut mengeluarkan bunyi, sering bolak balik toilet untuk buar air besar, bentuk kotoran yang dikeluarkan dalam bentuk cair.

Cobalah minum obat diare untuk meredakannya dan banyak mengonsumsi air putih sebab diare banyak mengeluarkan cairan sehingga bisa menyebabkan dehidrasi.Hindari konsumsi buah dan sayur serta minum susu hingga diare reda sebab hanya akan memperburuk keadaan.

2. Flu

Ilustrasi Flu
Musim hujan tiba, biasanya banyak sekali orang yang menderita flu

Penyakit ini juga sudah biasa menyerang saat musim hujan. Flu disebabkan oleh virus influenza. Penyebaran virus ini melalui batuk, bersin, mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi oleh virus ini.

Saat kamu terserang flu tentu membuat kamu tidak nyaman dan menganggu, biasanya saat kamu terserang flu juga diiringi dengan demam, tubuh terasa nyeri dan menggigil, tidak nafsu makan, mual dan muntah.

Oleh karena itu, saat musim hujan jagalah kesehatan agar tidak terserang virus ini seperti saat mencuci tangan gunakan sabun, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, cukup mengonsumsi air putih, tidur tepat waktu dan gunakan masker saat bepergian.

3. Leptospirosis

Leptospirosis
Leptospirosis adalah jenis penyakit yang mudah menyerang saat musim hujan

Penyakit ini juga biasanya menyerang saat musim hujan, penyakit ini disebabkan oleh kuman yang dihasilkan dari air seni binatang seperti tikus, sapi, anjing dan hewan pengerat lainnya.

Penyebaran kuman inipun melalui media air, tanah yang lembab dan lumpur yang telah mengalami kontaminasi kuman ini.

Biasanya kamu akan mengalami gejala seperti demam tinggi, menggigil, mual, muntah, mata merah dan sakit kepala. Oleh karena itu kamu dilarang mandi hujan atau mandi dengan air hujan sebab bisa jadi kamu bisa terkontaminasi dengan kuman tersebut.

Cucilah tangan saat kamu terkena air hujan atau mandi lah kamu saat basah kuyup terkena hujan.

4. Demam Berdarah

Demam berdarah umum sekali terjadi di musim penghujan

Penyakit ini merupakan salah satu pemyakit yang banyak ditakuti oleh masyarakat sebab bisa menyebabkan kematian. Penyakit demam berdarah tidak bisa di anggap sepele.

Kondisi lingkungan yang tidak sehat membuat nyamuk aedes aegepti dan nyamuk aedes albopictus berkembang. Oleh sebab itu saat musim hujan lebih baik dilakukan fogging dan membersihkan lingkungan sekitar dari tumpukan sampah dan tempat yang bisa digenangi air.

Selain itu kamu mesti rajin membersihkan bak mandi dan kalau bisa menuangkan obat antiseptik kedalam air bak mandi agar kamu dan keluarga tidak terserang penyakit demam berdarah yang datang di musim penghujan.

5. Kesehatan Kulit Terganggu

Jenis penyakit kulit
Berbagai jenis penyakit kulit juga kerap menyerang seseorang di musim hujan

Saat musim hujan suhu udara biasanya terasa dingin. Ada sebagian orang tidak tahan terhadap udara dingin atau alergi udara dingin. Biasanya selain mereka mengalami flu, terkadang timbul ruam dan bengkak kecil pada kulit.

Selain itu saat kamu bersentuhan dengan air hujan, kontaminasi air dengan kulit akan menyebabkan kulit menjadi lembab sehingga akan muncul bakteri yang mengganggu kesehatan kulit seperti gatal-gatal, bintik-bintik kecil yang terdapat cairan muncul di kulit kamu.

6. Tifus

Tifus
Selain DBD, tifus merupakan penyakit umum pada musim hujan

Tifus disebabkan lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya. Belum lagi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi serta tak lagi higenis oleh serangga dan bakteri yang menyebabkan kamu mudah terserang berbagai jenis penyakit menular serta tifus di musim hujan.

Jagalah selalu kebersihan lingkungan dan tempat tinggal kamu. Buanglah sampah pada tempatnya. Pastikan makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap hari higienis. Istirahat cukup dan jika perlu konsumsilah multivitamin untuk menunjang daya tahan tubuh saat musim hujan.

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!