5 Tips Motivasi Mahasiswa Semangat Kuliah Meski Dihantam Tugas Berat

Yang namanya mahasiswa sudah pasti sibuk dengan aktivitas dan kegiatan perkuliahan apalagi tugas kampus yang menumpuk. Belum lagi yang memiliki kegaiatan luar kampus seperti organisasi.

Apalagi kamu sudah memasuki tahun akhir perkuliahan pasti sangat sibuk melebihi tahun-tahun sebelumnya ditambah lagi stres dan tekanan yang kamu alami selama menyelesaikan skripsi kamu agar kamu segera lulus dan pastinya wisuda.

Jika sudah sibuk begini pasti kamu akan cepat lelah, kepala sering sakit karena selalu begadang, mata merah, wajah bengkak dan terkadang sampai pingsan atau jatuh sakit. Jika sudah sakit tentu saja bertambah banyak pekerjaan kamu.

BACA: 6 Tanda Aneh Ini Muncul Saat Tubuhmu Kelelahan, Kenali Bahayanya!

Oleh karena itu sebagai mahasiswa kamu harus bisa selalu bersemangat, memiliki motivasi dan pastinya sehat agar rutinitas perkuliahan kamu tidak terganggu dan berjalan baik. Lakukan kebiasaan berikut agar bisa menjadi mahasiswa yang punya motivasi, selalu semangat dan sehat, simak selengkapnya dibawah ini.

1. Kurangi Minuman Soda dan Berkafein

 

Minuman Bersoda
Minuman Bersoda

Minuman soda hampir disukai dan menjadi minuman favorit termasuk anak kuliah. Minuman bersoda sudah pasti mengandung gula yang akan berpengaruh terhadap berat badan dan perut kamu bisa sering mengalami kembung, belum lagi bahan pengawet yang terdapat didalam minuman tersebut yang berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Minuman berkafein juga mesti kamu hindari sebab akan membuat kamu terjaga lebih lama dan mengganggu lama waktu tidurmu. Kamu mesti memiliki tidur cukup dan berkualitas agar otak dapat istirahat setelah kamu gunakan sibuk seharian.

Sebagai penggantinya, lebih baik lagi jika kamu mengonsumsi teh hijau yang baik untuk kesehatan, fisik dan mental. Atau juga bisa mengonsumsi jus buah dan sayuran.

Selain itu, rutinlah mengonsumsi air putih dan selalu bawa kemana kamu pergi sebotol air minum agar kamu tidak dehidrasi dan marasa lelah serta lebih menghemat kantong kamu.

BACA: Musim Hujan Tiba, Yuk Waspadai 6 Jenis Penyakit Ini

2. Cukup Tidur

Cukup tidur
Muslimah Tidur

Tentu saja menjadi seorang mahasiswa membuat kamu sering tidur larut malam sehingga waktu tidur kamu berkurang.

Tubuh yang kurang istirahat biasa lebih mudah lelah dan tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas pada keesokan harinya. Oleh karena itu selalu usahakan cukup tidur.

Loading...

Selain itu, biasakan diri tidur siang walaupun cuma sebentar. Kurangnya waktu tidur juga menyebabkan sakit kepala, mengalami masalah berat badan, kelelahan yang bisa berujung pingsan atau jatuh sakit, dan yang paling parah kamu akan sulit berkonsentrasi dan fokus saat belajar, serta fungsi otak menurun akibat gangguan daya ingat.

BACA: Awas, 6 Gangguan Kesehatan Ini Rentan Menyerang Wanita!

3. Makan Teratur dan Bergizi

 

Makanan Sehat
Makanan Sehat

Biasanya saat sudah menjadi mahasiswa, makan sering tidak teratur dan tidak tepat waktu, sehingga akan sering merasa lapar saat mengikuti jam kuliah. Akibatnya sulit untuk bisa fokus saat mengikuti mata pelajaran.

Sering terlambat makan juga dapat mengakibatkan terserang penyakit maag. Tidak hanya itu saja, sistem kekebalan tubuh pun menjadi lemah dan tentunya kamu akan sering sakit.

BACA: Jangan Sepelekan, Maag Kronis Bisa Sebabkan Kematian!

Cobalah bangun lebih awal untuk sarapan pagi dan menyiapkan bekal untuk dibawa ke kampus serta hindari makanan cepat saji yang merusak tubuh dan tentunya menghemat uang jajanmu.

4. Menjaga Kebersihan Tangan

 

Mencuci Tangan
Mencuci Tangan

Saat sudah menjadi mahasiswa biasanya hidup jauh dari orang tua dan membiasakan hidup mandiri. Untuk menjaga kesehatan diri sendiripun sering dianggap sepele, sehingga tidak jarang mahasiswa baru sering sakit saat baru kuliah.

Untuk menjaga kesehatan tubuh bisa diawali dengan selalu mencuci tangan, baik setelah menyentuh sesuatu baik benda atau anggota tubuh seperti hidung, telinga ataupun mata dan setelah dari toilet. Terlebih lagi saat kamu akan mengonsumsi apapun sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu.

BACA: Sembelit Saat Puasa Ramadhan? Ini Dia Tips dan Cara Mencegahnya

5. Lakukan Olahraga Ringan

9 Masalah Kesehatan Ini Ternyata Bisa Diatasi dengan Olahraga
Olahraga dapat membantu mengatasi stress dan depresi. Foto: Molto

Kesibukan aktivitas dan rutinas sebagai mahasiswa tentu saja membuat memiliki waktu yang tepat untuk olahraga. Padahal olahraga sangat baik untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan merefresh otak.

Sebagai penggantinya, jika kampus tidak berada jauh dari tempat tinggal, bisa berjalan kaki saja menuju ke kampus setiap harinya. Meski berat, jika sudah terbiasa tubuh akan merasa lebih segar dan membantu menjernihkan pikiran.

Selain itu coba luangkan waktu di pagi hari atau sore hari melakukan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda agar tubuh tetap bugar dan segar.

Terkait

Loading...
Berita Terkait

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More