Bacaan Doa Niat Puasa dan Buka Puasa Ramadhan Arab, Latin dan Maknanya

Doa Niat Puasa – Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Ini adalah saatnya kita mulai melaksanakan rukun Islam kita yang ke-4 yaitu puasa. Apakah Anda sudah mulai lupa dengan doa niat puasa dengan doa buka puasa? Tak perlu khawatir. Berikut kami berikan beberapa informasi tentang doa puasa yang lengkap.

Doa Niat Puasa

Sebelum berpuasa, ada baiknya kita satukan niat kita untuk benar-benar berpuasa karena Allah SWT. Karena puasa bukan hanya sekedar menahan lapar saja, tetapi juga melengkapi ibadah kita di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA GHODIN ‘AN ADAA’I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHIS SANATI LILLAHI TA’ALA

Artinya: Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta’ala.

Doa Buka Puasa

Waktu berbuka puasa ditandakan dengan kumandang adzan magrib. Walaupun setiap daerah memiliki waktu berbuka yang berbeda-beda, bukan berarti niat doa buka puasa kita berbeda dengan lainnya. Ini karena puasa kita adalah ibadah wajib kita selama bulan Ramadhan.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin

Artinya: Ya Allah keranaMu aku berpuasa, denganMu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Lafadz Kedua

Selain doa buka puasa di atas, ada satu pendapat lainnya tentang doa buka puasa yang berasal dari hadis Rasulullah SAW yaitu sebagai berikut,

ذَهَبَ الظَّمَأُ، وابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَاللهُ

Dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya: Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki.” (Hadits shahih, Riwayat Abu Daud: 2/306, no. 2357 dan selainnya; lihat Shahih al-Jami’: 4/209, no. 4678)

Kedua doa diatas telah diajarkan turun temurun dari Ulama ke Ulama yang dipercaya oleh umat. Seperti dalam artinya, karena Allah Ta’ala. Itulah mengapa sebelum berpuasa kita harus mengetahui doa puasa Ramadhan nya terlebih dahulu baik itu doa niat puasa dan juga doa berbuka puasanya. Semoga jawaban ini dapat membantu untuk memperlancar puasa kita selama bulan Ramadhan.

Sumber: ZAKAT

Dapatkan inspirasi dan motivasi Islami lainnya agar semakin dekat dengan Allah SWT. Jangan lupa kunjungi situs Widiynews setiap hari.

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More