Kesombongan Sebabkan Kehancuran dan Celaka

Sebentar lagi bulan nan suci Ramadhan tiba, sudah sepatutnya kita umat Islam menyambutnya dengan suka cita. Persiapkan diri sebaik mungkin agar keberkahan senantiasa kita dapatkan.

Bersihkan hati dari sifat-sifat tak terpuji seperti sombong selama berpuasa Ramadhan. Karena kesombongan dan keserahakan merupakan dua sifat buruk yang bisa menyebabkan kehancuran dan celaka.

“Dua sifat buruk yang bisa menyebabkan celaka adalah kesombongan dan keserakahan,” ungkap KH Tolhah Hasan dalam ceramah.

BACA: Ringankan Setiap Perbuatan Baikmu, Niscaya Allah Melapangkan Rezekimu

Mantan Menteri agama tersebut memberi contoh bahwa kesombongan yang menghancurkan itu dialami oleh setan yang merasa merasa kedudukannya lebih tinggi dibanding Nabi Adam ketika mereka masih sama-sama di surga dengan tidak

mau bersujud kepadanya karena menganggap bahwa asalnya yang dari api lebih tinggi daripada Adam yang berasal dari tanah sehingga akhirnya ia di kutuk oleh Allah.

Loading...

Berkaitan dengan sifat keserakahan, mantan Rektor Unisma tersebut mengatakan bahwa keluarnya Adam dan Hawa dari surga disebabkan oleh keserakahan mereka terhadap satu isi surga, yaitu buah Quldi yang tidak boleh dimakan disamping seluruh isi yang disediakan oleh Allah sehingga mereka dikeluarkan dari surga dan diturunkan ke bumi.

Tolhah Hasan menambahkan bahwa kehancuran negeri ini juga disebabkan oleh sifat keserahakan warga yang ada dimana sebagian kecil orang menguasai sedemikian aset dan memanfaatkannya hanya untuk kepentingan pribadi dan mengabaikan kepentingan rakyat banyak.

Setiap bulan Ramadhan, orang-orang NU yang saat ini menduduki jabatan dalam pemerintahan selalu aktif mengundang para pengurus PBNU, badan otonom, lembaga, ataupun lajnah untuk dapat tetap saling bersilaturrahmi ataupun membangun komunikasi ditengah-tengah kesibukan menjalankan tugas.

Diharapkan dalam moment-moment buka puasa bersama yang didesain dalam banyak format, seperti diskusi, ceramah, ataupun dilanjutkan dengan tarawih bersama, dapat dikembangkan kerjasama yang lebih baik yang dapat meningkatkan kesejahtaraan warga nahdiyyin.[]

Sumber: NU

Dapatkan motivasi dan inspirasi Islami lainnya supaya kita semakin dekat dengan Allah, kunjungi situs Widiynews setiap hari.
Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!