4 Destinasi Wisata Bernuansa Sejarah Islam di Eropa

SAATNYA melihat sisi lain Eropa dengan mengunjungi 4 destinasi bernuansa Islami yang tidak hanya cantik tapi juga kaya dengan nilai sejarah dan religi.

Sebagai salah satu destinasi favorit untuk berlibur, Eropa memiliki beragam daya tarik yang seolah tidak pernah habis. Jika Anda berniat mengisi libur Lebaran dengan menelusuri jejak Islam di Eropa

1. Spanyol

Selama ini Spanyol lebih dikenal sebagai negara seksi yang menjadi tempat terbaik untuk berpesta. Tapi ternyata Spanyol memiliki sisi lain yang tidak kalah menarik, Spanyol tercatat sebagai salah satu negara dengan peninggalan Islam terbesar di Eropa.

Cordoba, Granada, dan Seville, menjadi tiga kota di Spanyol yang sangat kental dengan peradaban Islam. Mosque of Córdoba yang cantik dan Medina Azahara yang megah menjadi dua destinasi wajib kunjung di Cordoba. Di Granada, Anda dapat berwisata ke Istana Alhambra yang merupakan simbol puncak kejayaan Islam di Spanyol. Jika berwisata ke Seville, Menara Giralda dan Alcázar of Seville tidak boleh terlewat dari daftar Anda.

2. Prancis

Prancis telah mengenal Islam sejak abad kedelapan. Berdasarkan fakta itu, tidak heran jika Islam menjadi agama terbesar kedua di Prancis setelah Katolik.

Berencana berwisata ke Prancis dan menelusuri jejak Islam di sana?

Loading...

Ada dua destinasi bernuansa Islami di Prancis yang selalu ramai oleh wisatawan.

Pertama, La Grande Mosquée de Paris, masjid tertua di Prancis yang dibangun sejak tahun 1926. Masjid megah dengan arsitektur cantik ini tidak hanya merupakan tempat beribadah, tapi juga berfungsi sebagai Pusat Studi Islam dan tempat berkumpulnya umat Muslim dari beragam penjuru.

Kedua, Musée du Louvre, sebuah museum yang menjadi salah satu ikon di Paris. Department of Islamic Art di museum ini menampilkan 3.000 objek karya seni yang menceritakan sejarah perkembangan Islam dari masa ke masa.

3. Bosnia-Herzegovina

Selain dikenal dengan keelokan alamnya, Bosnia-Herzegovina menyimpan jejak peradaban Islam yang tersebar di banyak titik. Jika Anda mencari masjid cantik untuk dikunjungi, Gazi Husrev-beg Mosque yang dibangun sejak abad 16 dan menampilkan kemegahan peninggalan arsitektur Ottoman adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkan.

Baš?aršija (kota tua yang indah dan kaya akan nilai sejarah) serta Vrelo Bosne (taman cantik yang asri) merupakan dua tempat menarik yang pantang dilewatkan.

Sempurnakan liburan Anda di Bosnia-Herzegovina dengan mengunjungi Stari Most, sebuah jembatan tua yang dikenal sebagai simbol Bosnia-Herzegovina dan masuk ke dalam daftar 20 jembatan terindah di dunia.

4. Yunani

Tahukah Anda bahwa sepanjang tahun 1460 hingga tahun 1687, ketika Turki Utsmani berkuasa di Yunani, Parthenon (kuil terkenal yang dibangun untuk Dewi Athena dan berlokasi di Acropolis) beralih fungsi menjadi masjid.

Jejak Islami di Yunani juga dapat ditelusuri di Museum Benaki yang menampilkan peninggalan sejarah selama kurun waktu 13 abad dan berfokus pada peran Islam dalam dunia Mediterania. Museum of Greek Folk Art yang menempati Tzistarakis Mosque (satu-satunya peninggalan masjid di Yunani) juga wajib Anda kunjungi.[]

Sumber: DIARYHIJABER

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!