Ingin Gigi Sehat dan Kuat? Hindari 4 Bahan Makanan dan Minuman Ini

Menjaga kesehatan gigi juga penting girls, selain membuatmu tampil lebih percaya diri tubuh akan terjaga kesehatannya karena terhindar dari penyakit yang ditimbulkan karena gigi yang kurang terjaga kebersihannya.

BACA: Bau Mulut Tak Sedap? Atasi dengan 7 Cara Manjur Berikut Ini

Jika kamu pernah mengalami sakit gigi, hal ini tentu sangat menyebalkan dan sangat mengganggu. Sebab biasanya sakit gigi akan menyebabkan kamu tidak mood untuk beraktivitas seperti biasanya.

Selain itu, jika tidak menjaga kesehatan akan menyebabkan karies gigi. Oleh karena itu, selain menggosok gigi minimal dua kali sehari, hindari mengonsumsi makanan dan minuman berikut ini agar gigi sehat.

1. Permen

PermenPermen memang termasuk cemilan yang cukup populer, dimulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Seperti yang kita tau permen merupakan musuh terbesar bagi gigi sebab sering mengonsumsi permen akan menyebabkan gigi yang berlubang dan mudah sakit.

Biasanya permen yang merusak gigi merupakan permen manis, namun selain yang manis permen asampun juga menyebabkan kerusakan gigi. Saat kamu mengonsumsi permen asam akan menyebabkan terjadinya pengikisan enamel gigi sebab kandungan asam pada permen asam tersebut.

Selain itu sisa permen asam yang menempel pada gigi akan menimbulkan bakteri yang akan menyerang gigi hingga berlubang apalagi kamu sama sekali tidak menggosok gigi menimal sebelum tidur. Malahan kerusakan gigi yang disebabkan oleh permen jauh lebih bahaya dibandingkan denga permen manis girls.

Oleh karena itu saat kamu mengonsumsi permen asam jangan langsung menggosok gigi sebab akan memperparah keadaan enamel gigi bahkan bisa sampai rusak dan pecah.

BACA: Ingin Gigi Putih Bersih Alami? Yuk Simak 7 Cara Mudahnya Berikut Ini

2. Es batu

Es batuTidak sedikit orang suka mengunyah es batu, bahkan sebagian dari mereka menganggap telah menjadi kebiasaan. Saat gigi digunakan untuk mengunyah es batu maka enamel gigi akan rusak, jika hal tersebut sudah terjadi akan menyebabkan kamu mengalami gigi retak bahkan patah.

Selain itu, sering kebiasaan sering mengunyah es batu akan menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif, tentu saja memiliki gigi yang sensitif akan membuat kamu tidak bebas untuk makan dan minum.

Jadi bagi kamu yang memiliki kebiasaan mengunyah es batu hentikan mulai sekarang, lebih baik kamu mengganti dengan mengonsumsi buah-buahan, seperti apel karena dapat membantu kesehatan gigi dan menjaga tetap putih alami.

3. Minuman Soda

Minuman SodaSering mengonsumsi minuman soda tidak baik untuk kesehatan terutama kesehatan gigi. Minuman soda akan mengakibatkan terjadinya kerusakan gigi.

Sebab minuman soda mengandung gula, asam dan karbonasi yang menyebabkan gigi rusak karena terjadinya pertumbuhan bakteri dengan cepat dan terjadinya pengikisan pada lapisan enamel yang merupakan lapisan yang berperan dalam melindungi gigi dari kerusakan.

Lebih baik kamu mengonsumsi minuman yang lebih sehat seperti air mineral atau jika memang ingin mengonsumsi minuman soda usahakan langsung menggosok gigi.

4. Keripik Kentang

Keripik KentangKeripik kentang memang paling pas dijadikan cemilan saat kamu bersantai sambil menonton TV atau berkumpul bersama dirumah. Tapi kebiasaan mengonsumsi keripik kentang juga dapat merusak kesehatan gigimu.

Sebab keripik kentang mengandung pati dan saat pati tersebut tertinggal di sela-sela gigi akan berubah menjadi gula, tentu saja akan memicu gigi menjadi berlubang sebab terjadinya pertumbuhan bakteri jahat didalam gigi.

Apalagi jika kamu tidak gosok setelah mengonsumsi keripik kentang tersebut atau paling tidak gosoklah gigi sebelum tidur.

Meski 4 bahan makanan dan minuman tersebut kurang baik, kalian bisa mengimbanginya dengan kebiasaan baik dan sehat seperti menggosok gigi rutin setiap minimal pagi dan malam sebelum tidur, memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi buah seperti apel yang berfungsi menjaga kesehatan gigi secara alami.

BACA: 4 Penyebab Munculnya Noda Hitam pada Gigi dan Cara Manjur Mengatasinya

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!