Awas, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Picu Kerusakan Ginjal!

Ginjal merupakan organ terpenting tubuh, jadi kita harus memastikan ginjal tetap dalam keadaan sehat agar bisa bekerja dengan baik. Diantaranya memastikan kadar cairan dan mineral tubuh tetap terkendali bahkan ikut menyaring setiap racun yang masuk ke dalam tubuh agar bisa segera dibuang melalui ureter.

Banyak faktor yang menyebabkan kamu mengalami kerusakan ginjal diantaranya pola hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, cobalah hentikan kebiasaan berikut yang dapat merusak kesehatan ginjal girls.

1. Sering Mengonsumsi Makanan Asin

Sering Mengonsumsi Makanan AsinAlih-alih terasa hambar, orang akan memilih mengonsumsi makanan yang sedikit asin. Namun, tahukah kamu bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan tinggi garam akan menyebabkan kesehatan tubuh terganggu terutama kesehatan ginjal?

Bahkan selain ginjal, tekanan darah akan meningkat sehingga akan membuat aliran darah yang seharusnya lancar menuju ginjal tetapi mesti mengalami penurunan, jika hal tersebut terjadi akan menyebabkan kerja dan fungsi ginjal mengalami penurunan.

Sebab ginjal akan bekerja ekstra untuk mengeluarkan kadar natrium yang terdapat didalam tubuh. Oleh karena itu, mulai saat ini kontrol penggunaan garam dalam rumah tangga.

BACA: Ternyata Makanan Enak Berikut Ini Tidak Baik Untuk Kesehatan Otak

2. Sering Kurang Air putih

Rutin minum air putih
Air putih

Selain dehidrasi, dampak kekurangan cairan tubuh dapat merusak kesehatan ginjal jika terus menerus dibiarkan. Mulailah untuk berhenti membiasakan perilaku tidak sehat, dan mulailah untuk cukupi kebutuhan cairan tubuh. Minimalnya kamu minum air putih sebanyak 8 gelas sehari akan lebih baik lagi jika lebih dari itu.

Selain memperbaiki penampilanmu karena tubuh terlihat segar dan tentunya ginjal akan tetap sehat.

Cukup mengonsumsi air putih juga membuat kamu tidak mudah lelah dan tetap semangat serta fokus dalam melakukan aktivitas. Jika tubuh melakukan aktivitas fisik tambahan seperti berolahraga kamu juga mesti menambah konsumsi air putih dan selalu sediakan satu botol air putih kemana pun kamu pergi.

BACA: Rutin Minum Air Putih Sebelum Gosok Gigi Pagi Hari, 4 Manfaat Ini Bisa Kamu Dapatkan!

3. Mengonsumsi Obat Sembarangan

Mengonsumsi Obat SembaranganSering mengonsumsi obat-obatan ternyata juga tidak baik untuk kesehatan apalagi jika kamu sampai sembarangan mengonsumsi obat-obatan girls, misalnya obat yang berfungsi untuk meredakan nyeri seperti aspirin ataupun acetaminophen.

Jika kamu sembarangan mengonsumsi obat tersebut tanpa resep dokter akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan terutama ginjal. Sering mengonsumsi obat-obatan selain membuat kamu menjadi ketergantungan, juga menyebabkan ginjal kesulitan menyaring obat tersebut.

Bayangkan jika setiap hari kamu minum obat pasti kerja ginjal akan semakin sulit dan berat, sehingga ginjal bisa menjadi rusak.

BACA: Tubuh Mudah Sakit Saat Pergantian Musim? Ini Alasannya

4. Kurang Tidur

Saat kamu mengalami kurang tidur, apalagi jika kamu sampai begadang hingga larut malam selain membuat kamu lelah dan tidak bersemangat saat bagun di pagi harinya, juga memnggangu kerja ginjal karena terjadinya kekacauan ritme tubuh yang juga mempengaruhi kerja dan fungsi ginjal.

Dengan begitu beban ginjal pun semakin bertambah sehingga semakin besar peluang ginjal mengalami kerusakan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu hentikan kebiasaan yang suka bergadang, atur jadwal tidur kamu pada pukul 10 malam, dengan begitu kamu pasti akan terbiasa tidur cepat.

BACA: 17 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

5. Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Mengonsumsi Makanan Cepat SajiMengonsumsi makanan cepat saji memang termasuk salah satu makanan favorit banyak orang, sebab rasanya yang enak dan membuat kamu ketagihan saat mengonsumsinya seperti sosis, nugget, bakso, buah kalengan dan sayur kalengan.

Tapi kebiasaan inilah yang akan berdampak negatif terhadap kesehatan ginjal terutama kesehatan ginjal. Makanan cepat saji selain mengandung gula dan lemak yang tinggi, tetapi juga mengandung fosfor dan natrium yang tinggi girls, jika berlebihan dalam mengonsumsi mineral ini akan menyebabkan terjadinya kerusakan ginjal.

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More