Ternyata Makanan Enak Berikut Ini Tidak Baik Untuk Kesehatan Otak

Tak semua makanan enak itu sehat untuk tubuh bahkan ada yang membahayakan kesehatan otak jika berlebihan mengonsumsinya. Meski saat mendengar makanan enak sering kali membuatmu ingin sekali mengonsumsinya.

Berikut 4 makanan dan minuman enak yang tidak baik untuk kesehatan otak. Sebaiknya batasi jumlah konsumsinya setiap hari ya girls.

1. Ikan

IkanTidak semua ikan yang membahayakan kesehatan otak. Ikan yang berbahaya untuk kamu konsumsi yaitu ikan yang mengandung merkuri, terlebih lagi ikan laut banyak mengandung merkuri.

Didalam merkuri tersebut mengandung racun yang membahayakan otak sebab akan merusak saraf pusat kamu girls. Apalagi yang mengonsumsinya ikan tersebut adalah balita dan anak-anak.

Jika sampai dikonsumsi oleh mereka akan menyebabkan terganggunya perkembangan dan pertumbuhan otak anak serta terjadinya kerusakan pada seluruh komponen sel-sel yang terdapat di otak, dalam kasus yang parah akan menyebabkan anak mengalami keterbelakangan mental dan perkembangan otak anak secara perlahan akan melambat.

Mengonsumsi ikan yang mengandung merkuri akan terjadi penurunan kognitif otak sebanyak 5%. Oleh karena itu kamu mesti berhati-hati dalam membeli ikan, sebab ikan yang mengandung tinggi merkuri seperti ikan tuna sirip kuning, ikan todak dan ikan hiu, selain itu ikan yang mengandung merkuri rendah seperti ikan lele dan ikan teri. Kamu mesti berhat-hati mengonsumsi ikan di suatu tempat makan.

BACA: 6 Bahan Makanan Yang Sebaiknya Kamu Konsumsi Saat Sarapan Pagi

2. Junkfood

JunkfoodJunkfood merupakan makanan yang sangat popular dikalangan masyarakat saat ini. Selain penyajiannya yang lebih cepat dan praktis, makanan ini termasuk enak untuk dikonsumsi.

Oleh karena itu banyak orang ketagihan untuk mengonsumsi makanan cepat saji. Yang membuat makanan cepat saji ini popular karena bahan makanan tersebut mengandung gula, garam dan lemak yang tinggi.

Loading...

Namun, risiko terlalu sering mengonsumsi junkfood akan menyebabkan risiko terkena penyakit kronis seperti hipertensi. Sebab junkfood pada umumnya mengandung garam yang tinggi. Serta dapat mengakibatkan penyakit jantung karena kandungan lemak yang terdapat di makanan cepat saji tersebut.

BACA: 6 Makanan Ini Ternyata Bagus untuk Kesehatan Otak Loh, Mana Favoritmu?

Selain penyakit kronis yang menghantui, kamu juga akan mengalami gangguan terhadap kesehatan otak sebab makanan tersebut akan menyebabkan sel-sel otak mengalami kerusakan dan lambat-laun fungsi otak akan menurun.

3. Makanan Tinggi Lemak Trans

Biasanya makanan yang mengandung lemak trans dalam jumlah banyak terdapat pada margarin, snack kemasan, bakso, nugget, sosis dan yang paling sering dikonsusmsi masyarakat Indonesia yaitu gorengan.

Makanan kemasan mengandung lemak trans yang banyak agar makanan tersebut lebih awet dan tahan lama. Jika kamu terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut dapat berdampak negatif bagi kesehatan terutama kesehatan otak, sebab akan mengangganggu bahkan merusak kerja otak dan menyebabkan fungsi kognitif otak mengalami penurunan serta kamu akan mengalami masalah terhadap daya ingat dan menurunnya daya konsentrasi.

Fokus anak saat belajar juga dapat terganggu sebab sel otak dan fungsi otak mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh makanan tinggi lemak trans tersebut.

4. Minuman Bersoda

Minuman bersodaMinuman soda memang enak dan menyegarkan saat kamu konsumsi apalagi di cuaca panas ataupun setelah berolahraga. Kamu merasa minuman tersebut akan menyegarkan dan membuat dingin tenggorokan.

Tapi jika keseringan mengonsumsi minuman soda juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh terutama fungsi dan kesehatan otak. Kamu akan mengalami radang otak, fungsi kognitif otak semakin lama semakin menurun, sulit untuk fokus dan berkonstentrasi serta kamu akan mengalami daya ingat.

Oleh karena itu, jangan berlebihan dalam mengonsumsi minuman manis tersebut, walaupun minuman manis berperan dalam memperbaiki suasana hati kamu yang sedang tidak baik, tapi kamu juga mesti mengontrol mengonsumsi minuman tersebut.

Demikian 4 bahan makanan dan minuman enak yang sebaiknya kamu batasi jumlah konsumsinya demi menjaga kesehatan tubuh terutama otak.

BACA: 6 Tanda Aneh Ini Muncul Saat Tubuhmu Kelelahan, Kenali Bahayanya!

Berita Terkait

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!