Inilah Doa Lailatul Qadar yang Diajarkan Rosulullah dan Keistimewaannya

Kita mungkin sudah tahu mengenai adanya malam yang jauh lebih baik dari seribu bulan yang disebut Lailatul Qadar saat Ramadhan dimana pada malam itu, Al-Quran untuk pertamakalinya diturunkan.

BACA: Malam ke-27 Ramadhan adalah Malam Lailatul Qadar?

Pada malam itu pula, malaikat-malaikat Allah turun ke langit bumi untuk mengatur segala urusan. Maka dari itu, doa-doa yang dipanjatkan pada malam tersebut akan segera Allah kabulkan.

Lalu doa apakah yang paling baik dipanjatkan pada malam Lailatul Qadar?

Bacalah:

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni

Artinya:

Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku

Doa tersebut berdasarkan hadits dibawah ini:

Dari ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha-, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa do’a yang mesti kuucapkan?” Jawab Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berdo’alah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku).” (HR. Tirmidzi)

Keistimewaan dibalik doa Lailatul Qadar

Doa tersebut mengandung permohonan ampun pada Allah, namun Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam tidak menggunakan kata maghfirah seperti biasanya melainkan kata Al-Afuw.

Dua kata tersebut jika diterjemahkan pada bahasa Indonesia memang memiliki makna memaafkan dan mengampuni.

Perbedaannya adalah, magfirah adalah Allah hanya menutup aibnya selama hidup di dunia dan semua dosa tersebut akan dibeberkan di yaumul hisab kelak. Sedangkan Al-Afuw, Allah mengampuni dan menutupi aib seseorang di dunia dan di akhirat. Masya Allah.

Jadi, selagi masih memiliki kesempatan untuk berdoa di sepuluh malam terakhir Ramadan ini. Mari kita sama-sama perbanyak memohon ampun dengan lafadz doa diatas.

Doa ini sungguh penuh akan syarat dan maknanya, meskipun terlihat sangat singkat. Dalam doa tersebut terdapat ketundukan hamba pada Allah dan pernyataan bahwa dia tidak dapat luput dari dosa.

Waktu Yang Tepat Membaca Doa Ini

  1. Doa ini dibaca dimalam hari, ketika diyakini bahwa itulah malam lailatul qadar yang bisa dilihat dari ciri-ciri atau tanda malam tersebut.
  2. Tidak ada ketentuan tentang jumlah bilangan doa yang harus dibaca. Intinya semakin banyak maka akan semakin baik

Namun, diluar dari itu semua doa ini boleh dibaca meskipun tidak di malam Lailatul Qadar. Allah lebih senang pada hamba yang selalu mengulang-ngulang doa nya, jadi tidak ada salahnya membaca doa ini setiap hari.[]

Terkait

Lainnya:

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. AcceptRead More