10 Sayuran Ini Ampuh Jaga Kesehatan Ginjal Secara Alami

GINJAL merupakan organ vital dalam tubuh manusia. Ginjal berfungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia. Dalam tubuh terdapat sepasang ginjal yang letaknya berada di derah dekat pinggang.

Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal, pasalnya ginjal memiliki peran penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Jika salah satunya tak berfungsi, maka aktivitas manusia tak bisa berjalan dengan stabil.

Ukuran panjang satu organ ginjal manusia sekitar 10 centimeter. Sementara beratnya berkisar 200 gram. Ginjal memiliki peran untuk mengatur keseimbangan asam-basa, pengaturan tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, hingga membantu mempertahankan kalsium untuk tulang. Dapat dipastikan bahwa ginjal berperan sangat penting bagi tubuh manusia.

Ada banyak cara untuk menjaga agar tetap sehat, salah satunya mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Sayangnya orang kerap menyepelekan hal tersebut. Padahal air putih dapat membantu membilas zat-zat racun yang tertampung dalam ginjal. Ginjal juga bisa membantu menjaga pola makan yang sehat. Perlu diperhatikan adalah menjaga pola makan yang sehat akan memberikan dampak yang baik untuk semua organ vital dalam tubuh.

Salah satu yang kerap ditinggalkan orang untuk menjaga kesehatan ginjal adalah olahraga. Kecenderungan orang sekarang terlalu sibuk dengan berbagai kegiatan yang mereka punya. Mereka pun lupa untuk menjaga kebugaran tubuh. Padahal olahraga tak melulu memakan waktu lama, kamu bisa melakukannya setiap pagi di rumah dengan gerakan-gerakan sederhana.

BACA: Awas, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Picu Kerusakan Ginjal!

Selain olahraga dan minum air putih cukup, ternyata ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menjaga kesehatan ginjal. Mengonsumsi makanan sehat dengan asupan sayuran ternyata bisa membantu menjaga kesehatan ginjal. Widiynews.com telah merangkum dari berbagai sumber, berikut deretan sayur yang menyehatkan ginjal.

1. Bayam

10 Sayuran Ini Ampuh Jaga Kesehatan Ginjal Secara Alami
Bayam. Foto: pixabay.com

Bayam terbilang sayuran yang mudah dijumpai, baik di pasar maupun supermarket. Nggak heran kalau bayam menjadi sala satu sayuran favorit bagi berbagai kalangan. Selain rasanya yang enak, pengolahan sayur bayam termasuk gampang.

Bayam memiliki kandungan vitamin A yang baik bagi produksi jaringan epitel. Jaringan tersebut merupakan lapisan tabung filtrasi kecil yang terdapat dalam ginjal maupun saluran kemih. Seperti yang sudah diketahui bahwa fungsi dari jaringan epitel di ginjal adalah untuk sekresi penyerapan selektif, perlindungan, transportasi transporular, dan penginderaan. Rajin mengonsumsi bayam akan sangat baik untuk kesehatan ginjal.

2. Kembang kol

10 Sayuran Ini Ampuh Jaga Kesehatan Ginjal Secara Alami
Kembang Kol. Foto: pixabay.com

Selain bayam, kembang kol juga mudah dalam pengolahan. Dalam kembang kol terdapat kandungan vitamin C, folat, dan serat. Nggak cuma itu, kembang kol juga mengandung senyawa penting bagi hati. Kembang kol bisa menetralkan zat beracun di tubuh.

Jika seseorang sedang dalam kondisi kritis karena penyakit ginjal, kembang kol dapat bekerja dengan baik untuk melakukan penyembuhan. Hal tersebut disebabkan arena kembang kol memiliki kadar potasium yang rendah.

3. Paprika merah

10 Sayuran Ini Ampuh Jaga Kesehatan Ginjal Secara Alami
Paprika merah. Foto: pixabay.com

Mungkin tak semua orang menyukai sayuran paprika merah. Namun tahukah kamu bahwa paprika merah mengandung licopene, vitamin A, C, B6, asam folat serta serat dalam buahnya. Cara pengolahan paprika merah terbilang mudah. Paprika merah bisa dipadukan dengan makanan lain seperti tuna dan sayur lainnya. Selain memiliki cita rasa nikmat, paprika merah juga baik bagi ginjal.

BACA: Mood Booster, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Mood Meningkat Drastis!

4. Bawang putih

10 Sayuran Ini Ampuh Jaga Kesehatan Ginjal Secara Alami
Bawang putih. Foto: pixabay.com

Bawang putih mengandung zat antioksidan. Bawang putih akan bekerja dengan baik untuk mengurangi peradangan serta mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi bawang putih dengan berbagai cara, seperti mencampurkan bawang putih dalam beberapa makanan sehat.

5. Lobak

10 Sayuran Ini Ampuh Jaga Kesehatan Ginjal Secara Alami
Lobak. Foto: pixabay.com

Lobak juga bisa menjadi salah satu jenis sayuran yang dapat memberikan pengaruh baik untuk kesehatan ginjal. Lobak tinggi akan nutrisi, hal ini sangat membantu untuk membersihkan racun yang terkumpul dalam ginjal. Bukan cuma itu, lobak juga bisa menghambat infeksi pada ginjal.

6. Asparagus

10 Sayuran Ini Ampuh Jaga Kesehatan Ginjal Secara Alami
Asparagus. Foto: pixabay.com

Asparagus dikenal sebagai sayuran yang memberikan efek pembersih pada ginjal. Dengan mengonsumsi asparagus, seseorang dapat terhindar dari batu ginjal. Asparagus juga merupakan sumber dari serat, vitamin A, C, E dan vitamin K. Deretan vitamin tersebut sangat berfungsi untuk meningkatkan kinerja di ginjal.

7. Buncis

10 Sayuran Ini Ampuh Jaga Kesehatan Ginjal Secara Alami
Buncis. Foto: pixabay.com

Buncis memiliki manfaat yang sangat besar untuk menjaga kesehatan ginjal. Pasalnya buncis memiliki kadar serat yang tinggi dan rendah kalori. Kedua manfaat yang ada pada buncis ini dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Seperti diketahui, kadar gula darah dalam tubuh yang tidak stabil dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada ginjal.

BACA: 5 Hal yang Dianggap Sepele Ini Ternyata Bisa Merusak Kesehatan Mata

8. Wortel

10 Sayuran Ini Ampuh Jaga Kesehatan Ginjal Secara Alami
Wortel. Foto: pixabay.com

Wortel mengandung nutrisi yang sangat baik untuk mengontrol diabetes. yang menjadi penyebab utama terjangkitnya penyakit ginjal. Jika kamu memiliki masalah dengan ginjal, sangat disarankan untuk mengonsumsi wortel. Rajinlah untuk mengonsumsi wortel agar ginjal dapat berfungsi dengan baik.

9. Kacang polong dan kacang hijau.

10 Sayuran Ini Ampuh Jaga Kesehatan Ginjal Secara Alami
Kacang polong. Foto: pixabay.com

Kedua jenis sayuran ini sangat rendah potasium dan menjadi sumber serat yang sangat baik untuk kesehatan ginjal. Serat yang terkandung dalam kacang polong dan kacang hijau bisa menjaga kadar gula darah. Selain itu, kacang-kacangan ini bisa membantu mencegah berat badan berlebihan serta diabetes.

10. Kale

10 Sayuran Ini Ampuh Jaga Kesehatan Ginjal Secara Alami
Kale. Foto; Pixabay.com

Menurut National Kidney Foundation, kale memiliki kandungan seperti vitamin A, C, kalsium, dan mineral yang penting bagi fungsi ginjal. Kale sangat rendah kalium sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal.[]

Sumber: BRILIO

KONTEN BERSPONSOR

Loading...

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Advertisements fund this website. Please disable your adblocking software or whitelist our website. Thank You!